Photo by Tierra Mallorca on Unsplash

7 Tips Membeli Rumah Agar Tidak Menyesal

Posted on

KPR (Kredit Pembelian Rumah) merupakan pembiayaan pembelian rumah dengan bantuan pihak bank. Lalu, tunai keras berarti kamu harus membayarkan secara langsung dengan jangka waktu paling lama 1 bulan. Sementara itu, tunai bertahap merupakan sistem pembayaran cicilan kepada developer secara langsung.

Menentukan Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi yang strategis sebenarnya tidak hanya berhubungan dengan kemudahan akses ke sarana transportasi dan jalan raya saja. Akan tetapi, juga harus berhubungan dengan aspek keamanan, keasrian, dan aspek-aspek lainnya. Aspek keamanan yang harus kamu pertimbangkan misalnya berhubungan dengan keamanan lingkungan tempat tinggal dari kejadian perampokan, atau bahkan keamanan terhindar dari banjir.

Memilih Developer Tepercaya

Berikutnya, yang tak kalah penting adalah memilih developer atau pengembang yang tepercaya dan berpengalaman. Untuk mengetahui apakah developer tersebut termasuk tepercaya atau tidak bisa kamu perhatikan lewat projek-projek sebelumnya dari developer tersebut, apakah terdapat sesuatu yang bermasalah atau tidak.

Memilih Rumah dengan Material Berkualitas

Nah, pastinya kamu tidak mau ‘kan sudah mengeluarkan dana yang cukup besar, namun ternyata rumah tersebut dibangun dengan material yang tidak bagus? Untuk itu, cobalah memperhatikan dengan jeli mengenai kondisi rumah dan kekokohannya. Mengingat penggunaan rumah adalah untuk jangka panjang, maka kualitas bangunan dari rumah harus benar-benar diperhatikan untuk menghindari kerusakan tiba-tiba.

Memilih Tipe Rumah Sesuai Kebutuhan

Jika kamu membeli rumah dari developer, biasanyam mereka akan menyodorkan beberapa pilihan tipe rumah. Mulai dari tipe 36, 45, hingga 70. Menentukan tipe rumah ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, apakah kamu butuh rumah yang cukup luas atau minimalis saja. Kemudian, jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan anggaran yang sudah kamu atur sejak awal.

Baca juga :   Bantuan Kuota Data Internet 2021

Nah, demikian penjelasan tentang tips-tips membeli rumah. Dari tips-tips di atas, kamu sudah siap belum untuk mulai merencanakan pembelian rumah? Ingat, jangan terlalu gegabah dalam mengambil keputusan ya, supaya kamu benar-benar mendapat hunian impian yang benar-benar kamu inginkan.

Leave a Reply