Contents
Saat anda menggunakan aplikasi 3dsmax tentunya anda tidak akan lepas dari namanya peng-editan vertex yaitu titik yang menghubungkan garis dan membuat garis menjadi liniear, lengkung, dan memiliki sudut. Tutorial ini merupakan tutorial dasar dari penggambaran 3dsmax, tetapi jangan dianggap sepele karena hasil dari penyempurnaan titik ini akan berpengaruh pada hasil karya 3D anda. Untuk mengenal lebih jauh mengenai penyempurnaan titik saat menggambar di 3ds max kenalilah jenis-jenis titik yang berada di program 3dsmax
Jenis Jenis titik di 3ds max
Gambar sampel 1
Gambar sampel 2
1. Titik di 3ds max dengan type corner
Titik corner merupakan titik yang menjadikan dua garis yang bertemu pada titik tersebut memiliki sudut. Jika anda ingin menggambar 2d untuk dasar 3d untuk garis yang bersudut maka ikuti langkah-langkah berikut :
— klik objek yang ingin anda targetkan untuk merubah jenis titiknya
— tekan angka 1 di keyboard untuk menuju kebagian modifier mode vertex
— seleksi titik yang ingin anda targetkan menjadi titik corner sampai titik tersebut berwarna merah
— klik kanan dan pilih mode corner seperti gambar sampel 1
[su_note]Catatan :
Biasanya pada saat anda pertama kali menggambar, maka opsi default dari titik ini seperti digambarkan pada gambar sampel 2 anda dapat mengubah pilihan standard dari type titik ini dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan pada gambar sampel 2[/su_note]
2. Titik di 3ds max dengan type Smooth
Titik smooth merupakan titik yang menjadikan dua garis yang bertemu pada titik tersebut menjadi melengkung, tingkat kelengkungan ini dipengaruhi antara titik yang di jadikan smooth dan titik ujung dari garis yang bertemu pada titik smooth tersebut. untuk langkah-langkahnya dapat diikuti sebagai berikut :
— klik objek yang ingin anda targetkan untuk merubah jenis titiknya
— tekan angka 1 di keyboard untuk menuju kebagian modifier mode vertex
— seleksi titik yang ingin anda targetkan menjadi titik smooth sampai titik tersebut berwarna merah
— klik kanan dan pilih mode smooth seperti gambar sampel 1
[sc name=”iklan umum responsif”]
3. Titik di 3ds max dengan type Bezier
Titik Bezier merupakan titik yang memiliki kendali kelengkungan dengan menggerakan 1 control point yang dilambangkan dengan titik hijau, apabila anda menggerakan titik hijau yang satunya maka titik hijau lawannya akan menyesuaikan posisinya dan anda pun dapat mengontrol kelengkungan sesuai dengan keinginan anda. Langkah-langkah dari penerapan titik Bezier adalah sebagai berikut :
— klik objek yang ingin anda targetkan untuk merubah jenis titiknya
— tekan angka 1 di keyboard untuk menuju kebagian modifier mode vertex
— seleksi titik yang ingin anda targetkan sampai titik tersebut berwarna merah
— klik kanan dan pilih mode Bezier seperti gambar sampel 1
4. Titik di 3ds max dengan type Bezier Corner
Titik Bezier Corner merupakan titik yang memiliki kendali kelengkungan dengan menggerakkan 2 control point yang dilambangkan dengan titik hijau syarat agar titik dapat di control dengan 2 control point adalah titik tersebut adalah sebelum melakukan 2 control point maka titik tersebut harus sudah mengalami 2 perpindahan sumbu, misalnya mengalami perpindahan dibidang sumbu xy, atau xz. Atau jika anda tidak ingin memindahkan titik tersebut bisa juga langsung klik kanan pada menubar kemudian pastikan menu Axis Constraint tercentang. Untuk lebih jelasnya ikuti panduan berikut untuk menerapkan Titik Bezier Corner
[sc name=”iklan umum responsif”]
— klik objek yang ingin anda targetkan untuk merubah jenis titiknya
— tekan angka 1 di keyboard untuk menuju kebagian modifier mode vertex
— seleksi titik yang ingin anda targetkan sampai titik tersebut berwarna merah
— klik kanan dan pilih mode Bezier Corner seperti gambar sampel 1
— klik kanan di menu bar dan pastikan menu Axis Constraint tercentang
— pastikan opsi bidang sumbu terpilih
— dan lakukanlah pengontrolan dari 2 control point
[sc name=”Subscribe website ini”]
[sc name=”Iklan teknik sesuai konten”]