apa itu blogger

Apa itu blogger? Fungsinya apa? apa kelebihan serta kekurangannya?

Posted on
Pengalaman saya dalam menggunakan platform blogger, situs saya terindex hanya dalam jangka 3 hari dan telah menempati posisi tayangan pertama dari google search. Tetapi, dalam memenangkan peringkat yang lebih baik di google search terkadang tidak sepenuhnya hanya mengandalkan platform blogger saja, tetapi ada juga aspek lain yang mesti diperhatikan, seperti : keyword (kata kunci), tag, meta, tingkat keterbacaannya, heading untuk judul topik dan lain-lain.
—3.a.4. Kecepatan
Menurut pengalaman saya pribadi, blogger lebih cepat dibandingkan platform lainnya dan servernya tidak pernah down. Dibandingkan dengan platform lainnya yang biasanya pernah mengalami down server. Hal ini dikarenakan yang mengelola dan merawat server blogger adalah pihak google, dimana mereka sangat ahli, berpengalaman dan memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi dalam mengelola server.
—3.a.5. Gratis SSL
Blogger dilengkapi dengan SSL Gratis!! atau biasa dikenal dengan HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure), dengan SSL gratis ini situs anda sangat sulit diretas oleh cracker (peretas akun) dengan cara melindungi interaksi jaringan dari komputer yang satu dengan yang lainnya melalui sambungan yang sangat aman.
–3.b Kekurangan
kekurangan dan kelebihan blogger
—3.b.1. Penghapusan URL
Kekurangan pertama, jika anda menggunakan platform blogger adalah : URL/postingan anda akan dihapus apabila menyalahi aturan yang dibuat oleh google, seperti : menyisipkan virus di blog, pelanggaran hak cipta, postingan yang menampilkan kekerasan dan lain-lain. intinya jika anda menggunakan platform blogger untuk membuat artikel, anda harus patuh terhadap segala aturan dan ketentuan yang dibuat oleh google dan jangan sekali-kali menganggap situs blogspot anda adalah 100% milik anda. [sc name=”adsense-blogger-link” ]
—3b.2. Tidak boleh custom permalink
Berbeda dengan wordpress yang bisa melakukan custom permalink, blogger memiliki kekurangan. Kekurangan ini yaitu URL dari postingan yang anda publish tidak boleh melakukan custom permalink. Custom permalink sendiri merupakan teknik dalam merubah URL, biasanya ini digunakan dalam strategi SEO. Dan terkadang URL dari setiap postingan platform blogger sangatlah panjang dan mengikuti judul dari postingan dan apabila telah publish URL tersebut tidak dapat diedit lagi.
Baca juga :   Cara menghapus plugin wordpress yang error
—3b.3. Tidak fleksibel
Pada platform blogger hanya menyediakan fitur-fitur standard yang telah disediakan oleh google, fitur standard ini biasanya dikenal dengan gadget. Gadget memungkinkan anda untuk dapat menambahkan Javascript, google terjemahan, dan fitur-fitur lainnya yang disediakan oleh google dan telah terintegrasi dengan blogger. Tetapi walaupun begitu, hal tersebut masih membuat anda kurang nyaman jika blog anda semakin lama semakin kompleks. hal tersebut membuat anda kesulitan dalam mengelola blog anda.
—3b.4. Meragukan untuk bisnis
Ya, jika anda akan berencana untuk menjual produk-produk anda lewat platform blogger, sudah dapat dipastikan orang-orang akan ragu membeli produk anda. Walaupun hal ini tidaklah mutlak, tetapi realitanya memang seperti itu. Alasannya platform blogger adalah platform gratis dan mudah digunakan, sehingga PENIPU yang memiliki niat jahatpun dapat membuat blog dari platform blogger untuk menipu konsumen. Darisinilah orang akan waspada dan sangat berhati-hati jika melakukan transaksi produk dengan penjual yang berplatform blogger.

Penutup..

Setelah mengetahui tentang apa itu blogger? Fungsinya apa? Dan kelebihan serta kekurangan blogger itu apa?, kiranya apa yang akan anda lakukan?.. jika terdapat pertanyaan dan tanggapan mengenai artikel ini, harap ditulis di kolom komentar ya… [sc name=”Subscribe website ini”]

Leave a Reply