Bingung belajar di perpusteknik.com ? Pelajari tautan berikut : Petunjuk Penjelajahan

Baru !! lihat jasa yang ditawarkan di menu >> jasa >> pilih jasa yang diinginkan

Need Help? Chat with us

Apa itu Meta tag? dan apa itu perayapan? | WebHTML | 07

Apa itu Meta tag? dan apa itu perayapan? | WebHTML | 07
Sukai dan Bagikan..

Pada stage sebelumnya anda telah memahami Dasar-dasar dari HTML. Mulai dari konten memahami HTML dalam membuat halaman web, software untuk melakukan coding, menggunakan xamp untuk coding, sejarah HTML, memahami tag, atribut dan elemen serta Aturan Penulisan HTML. Konten tersebut dapat dikatakan masih merupakan pengantar dalam mempelajari Web desain HTML. Untuk memulai materi yang sesungguhnya, perpusteknik.com akan memulai dari konten “Apa itu meta tag? dan apa itu perayapan?. Ulasan ini akan dibahas dalam beberapa topik :

1. Apa itu meta tag?

Meta tag merupakan sebuah informasi halaman web yang berfungsi untuk membantu robot perayapan dalam mengindeks halaman web. Dalam prakteknya, meta tag ditulis antara tag <head> …….. Meta tag disini ……… </head>. dalam struktur desain kode HTML meta tag tidak akan tampil saat anda meng-generate di web browser karena sifatnya hanya sekedar untuk menginformasikan identitas halaman website. contoh dari struktur desain HTML untuk tag meta seperti berikut :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <meta charset = "UTF-8">
 <meta name="author" content="Rifan Engineering">
 <meta name="robots" content="index, follow"> 
 <meta name="description" content="situs belajar ilmu teknik, program teknik, topik unik, dan produk penjualan">
 <meta name="keywords" content="ilmu teknik, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik informatika, program teknik, topik unik, produk penjualan">
 <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
 <meta http-equiv="refresh" content="60">
</head>
<body>
 <p> Isi konten disini </p>
</body>
</html>

Jika kode-kode diatas di generate pada web browser maka akan menjadi seperti ini :

Hasil diatas di generate menggunakan web browser Mozila Firefox dan Xampp Control Panel

Seperti yang anda lihat bahwa yang ditampilkan hanyalah tulisan “isi konten disini”. Disini anda dianggap telah memahami betul bahwa sesungguhnya fungsi meta tag hanya sekedar informasi halaman web dan tidak akan ditampilkan saat seseorang membuka halaman web yang dituju.

2. Fungsi-Fungsi dari meta tag

Setiap meta ag memiliki fungsi dan nilai masing-masing dalam membuat informasi agar halaman web dapat secara maksimal dapat di tampilkan di Search Engine. Tujuannya agar halaman web tampil di laman pertama Search Engine saat seseorang mulai mengetikkan kata kunci, secara umum orang-orang yang melakukan pencarian di search engine umumnya hanya akan melihat konten pada laman pertama saja dari hasil pencarian, dan kadang dalam pencarian akan ditampilkan hingga jutaan halaman website dan bayangkan bagaimana jika halaman web anda akan tampil di urutan paling belakang? maka mustahil akan sering dikunjungi oleh visitor. Untuk itu perlu di lakukan pengaturan Meta Tag agar laman website dapat bersaing dengan laman website lainnya. Lalu apa saja fungsi dari meta tag yang di jelaskan pada topik 1? simak penjelasannya :

— 2.1. Fungsi Meta Charset



Tag dari <meta charset=”UTF-8″> berfungsi untuk memberikan petunjuk pada Web Browser tentang bagaimana caranya untuk menerjemahkan karakter-karakter yang ada dalam halaman web. Karakter-karakter ini seperti angka, huruf, symbol dan lain-lain. Dalam bahasa browser, huruf, angka dan symbol disimpan dalam kumpulan bit yang terdiri dari 1 dan 0. Nilai dari “UTF-8” terhadap atribut charset memberikan dukungan penuh terhadap seluruh karakter-karakter yang ada di seluruh dunia, tidak seperti lainnya, contohnya : nilai “x-euc-jp” hanya mendukung huruf jepang, ASCII hanya mendukung huruf dan angka, iso-8859-7 hanya mendukung huruf yunani dan lain-lain. Untuk itu meta charset=”UTF-8″ sudah menjadi standar yang paling baik dalm menerjemahkan karakter-karakter yang ada melalui web browser.

— 2.2 Fungi Meta Author

Seperti namanya “Author” artinya “Penulis”. Jadi dalam penulisan <meta name=”author” content=”Rifan Engineering”> menerangkan bahwa penulis dari halaman web tersebut adalah Rifan Engineering, nama ini hanya contoh saja untuk penulis dari perpusteknik.com. Anda dapat menggantinya dengan memberikan nama anda atau judul situs dari halaman web anda.

— 2.3 Fungsi Meta Robots

Meta Tag dari <meta name=”robots” content=”index, follow”> lebih di khususkan untuk memerintahkan robot dari search engine untuk merayapi dan mengindeks halaman web agar halaman web tampil di hasil pencarian Search Engine. Contohnya saat seseorang mengetikan kata kunci di pencarian google dan anda memasang <meta name=”robots” content=”index, dofollow”> itu berarti anda mengizinkan orang-orang dapat melihat halaman web anda tampil di hasil pencarian. Sebaliknya, jika anda tidak ingin halaman website tampil di hasil pencarian anda tinggal mengganti struktur penulisannya menjadi <meta name=”robots” content=”noindex, nofollow”>. Biasanya struktur penulisan dari meta tag <meta name=”robots” content=”noindex, nofollow”> ini adalah halaman website yang tidak diijinkan untuk di lihat oleh orang lain.

— 2.4 Fungsi Meta Description

Fungsi dari <meta name=”description” content=”situs belajar ilmu teknik, program teknik, topik unik, dan produk penjualan> ini menjelaskan deskripsi atau keterangan dari halaman website tersebut. bahwa halaman website yang di generate pada web browser adalah halaman web yang memuat tentang edukasi ilmu teknik, program teknik, topik teknik dan penjualan. Tekhnologi Search Engine yang mengandalkan robot dalam mengindeks halaman website, hal ini membuat anda harus jeli dalam berfikir bagaimana robot akan mengerti halaman website anda? dan bagaimana robot akan memprioritaskan halaman website anda dalam peringkat pencarian?. Robot yang diciptakan tentu tidak sama dengan manusia yang memiliki daya pikir yang fleksibel dalam memahami halaman web. Dari sisi inilah tulislah deskripsi halaman web yang membuat robot paham maksud dari halaman web tersebut.

— 2.5 Fungsi Meta Keyword

Fungsi dari <meta name=”keywords content=”ilmu teknik, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik informatika, program teknik, topik unik, produk penjualan”> akan memberikan petunjuk pada robot Search Engine untuk menampilkan halaman website saat orang-orang mengetikkan kata kunci yang berada di nilai content tersebut. Jadi saat seseorang mengetikkan kata kunci seperti di google search dengan kata “ilmu teknik” maka kemungkinan halaman website tersebut akan tampil. Tetapi, urutannya yang menjadi tanda tanya, di nomor urut berapakah halaman website tersebut?

— 2.6 Fungsi Meta Viewport

Fungsi dari <meta name=”viewport” content=”width=device-width, initial-scale=1.0″> befungsi untuk menjadikan halaman website menjadi mobile-friendly. Secara teknis, terkadang saat anda merancang halaman website, kadang saat di tampilkan di laptop tampilannya terlihat sempurna dan sudah sesuai, tetapi jangan heran pada saat dilihat pada layar berukuran kecil seperti smartphone dan tablet tampilan halaman web akan menjadi berantakan. Untuk itu fungsi dari Meta Viewport ini berfungsi untuk menjadikan halaman web menjadi mobile-friendly

—2.7 Fungsi Meta Refresh

Seperti namanya fungsi dari <meta http-equiv=”refresh” content=”60″> akan memberikan instruksi kepada web browser untuk menyegarkan kembali halaman website tersebut. Seperti apa menyegarkan kembali yang dimaksud? yaitu memuat kembali halaman berdasarkan nilai dari atribut content-nya misalnya tertera “60”, maka setiap 60 detik halaman website akan di muat kembali. Biasanya struktur penulisan seperti ini akan di adakan pada halaman website seperti portal berita, agar tampilan halaman selalu update. Tetapi, dalam hal teknis, ini akan lumayan memakan resource karena selalu ada request ke server.

3. Lalu apa pentingnya dan apa hubungannya dengan perayapan?



Sangat penting..!! terlebih lagi untuk website yang bersifat publik dan ingin mendapatkan visitor yang banyak. Seperti yang telah di jelaskan Search Engine contohnya google search menggunakan robot untuk merayapi halaman-halaman website, kemudian robot tersebut akan mengumpulkan informasi dari halaman website yang dituju. Contohnya seperti : Halaman website memiliki deskripsi, kata kunci, mobile-friendly dan mendukung berbagai macam karakter yang ada di seluruh dunia dan lain-lain.

Dari informasi inilah robot yang merayapi halaman website akan mengerti apa tujuan halaman web tersebut? apa fungsinya? dan kapan seharusnya ditampilkan saat orang-orang mengetikkan kata kunci di google search? halaman website yang dirayapi akan disimpan di dalam penyimpanan data Search Engine sehingga akan memberikan peluang agar halaman website tersebut dapat dikunjungi. Website yang memiliki kunjungan terbanyak menjadi peluang yang baik dalam menjalankan bisnis, untuk itu lakukan pengaturan yang baik terhadap Meta Tag dari sebuah halaman website.

Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…
83 / 100 SEO Score

Rifan Engineering

Pemilik Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Hak Cipta © PerpusTeknik 2019