meta tag

Apa itu Meta tag? dan apa itu perayapan? | WebHTML | 07

Posted on
Pada stage sebelumnya anda telah memahami Dasar-dasar dari HTML. Mulai dari konten memahami HTML dalam membuat halaman web, software untuk melakukan coding, menggunakan xamp untuk coding, sejarah HTML, memahami tag, atribut dan elemen serta Aturan Penulisan HTML. Konten tersebut dapat dikatakan masih merupakan pengantar dalam mempelajari Web desain HTML. Untuk memulai materi yang sesungguhnya, perpusteknik.com akan memulai dari konten “Apa itu meta tag? dan apa itu perayapan?. Ulasan ini akan dibahas dalam beberapa topik :
1. Apa itu meta tag?
Meta tag merupakan sebuah informasi halaman web yang berfungsi untuk membantu robot perayapan dalam mengindeks halaman web. Dalam prakteknya, meta tag ditulis antara tag <head> …….. Meta tag disini ……… </head>. dalam struktur desain kode HTML meta tag tidak akan tampil saat anda meng-generate di web browser karena sifatnya hanya sekedar untuk menginformasikan identitas halaman website. contoh dari struktur desain HTML untuk tag meta seperti berikut :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <meta charset = "UTF-8">
 <meta name="author" content="Rifan Engineering">
 <meta name="robots" content="index, follow"> 
 <meta name="description" content="situs belajar ilmu teknik, program teknik, topik unik, dan produk penjualan">
 <meta name="keywords" content="ilmu teknik, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik informatika, program teknik, topik unik, produk penjualan">
 <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
 <meta http-equiv="refresh" content="60">
</head>
<body>
 <p> Isi konten disini </p>
</body>
</html>
Jika kode-kode diatas di generate pada web browser maka akan menjadi seperti ini :

Hasil diatas di generate menggunakan web browser Mozila Firefox dan Xampp Control Panel Seperti yang anda lihat bahwa yang ditampilkan hanyalah tulisan “isi konten disini”. Disini anda dianggap telah memahami betul bahwa sesungguhnya fungsi meta tag hanya sekedar informasi halaman web dan tidak akan ditampilkan saat seseorang membuka halaman web yang dituju.

Baca juga :   Memahami CSS dalam membuat halaman web | WebCSS | 01
2. Fungsi-Fungsi dari meta tag
Setiap meta ag memiliki fungsi dan nilai masing-masing dalam membuat informasi agar halaman web dapat secara maksimal dapat di tampilkan di Search Engine. Tujuannya agar halaman web tampil di laman pertama Search Engine saat seseorang mulai mengetikkan kata kunci, secara umum orang-orang yang melakukan pencarian di search engine umumnya hanya akan melihat konten pada laman pertama saja dari hasil pencarian, dan kadang dalam pencarian akan ditampilkan hingga jutaan halaman website dan bayangkan bagaimana jika halaman web anda akan tampil di urutan paling belakang? maka mustahil akan sering dikunjungi oleh visitor. Untuk itu perlu di lakukan pengaturan Meta Tag agar laman website dapat bersaing dengan laman website lainnya. Lalu apa saja fungsi dari meta tag yang di jelaskan pada topik 1? simak penjelasannya :
— 2.1. Fungsi Meta Charset
[sc name=”iklan umum terbaik 300 x 250 float left”]
Tag dari <meta charset=”UTF-8″> berfungsi untuk memberikan petunjuk pada Web Browser tentang bagaimana caranya untuk menerjemahkan karakter-karakter yang ada dalam halaman web. Karakter-karakter ini seperti angka, huruf, symbol dan lain-lain. Dalam bahasa browser, huruf, angka dan symbol disimpan dalam kumpulan bit yang terdiri dari 1 dan 0. Nilai dari “UTF-8” terhadap atribut charset memberikan dukungan penuh terhadap seluruh karakter-karakter yang ada di seluruh dunia, tidak seperti lainnya, contohnya : nilai “x-euc-jp” hanya mendukung huruf jepang, ASCII hanya mendukung huruf dan angka, iso-8859-7 hanya mendukung huruf yunani dan lain-lain. Untuk itu meta charset=”UTF-8″ sudah menjadi standar yang paling baik dalm menerjemahkan karakter-karakter yang ada melalui web browser.
— 2.2 Fungi Meta Author
Seperti namanya “Author” artinya “Penulis”. Jadi dalam penulisan <meta name=”author” content=”Rifan Engineering”> menerangkan bahwa penulis dari halaman web tersebut adalah Rifan Engineering, nama ini hanya contoh saja untuk penulis dari perpusteknik.com. Anda dapat menggantinya dengan memberikan nama anda atau judul situs dari halaman web anda.
Baca juga :   Aturan Penulisan HTML | WebHTML | 06
— 2.3 Fungsi Meta Robots
Meta Tag dari <meta name=”robots” content=”index, follow”> lebih di khususkan untuk memerintahkan robot dari search engine untuk merayapi dan mengindeks halaman web agar halaman web tampil di hasil pencarian Search Engine. Contohnya saat seseorang mengetikan kata kunci di pencarian google dan anda memasang <meta name=”robots” content=”index, dofollow”> itu berarti anda mengizinkan orang-orang dapat melihat halaman web anda tampil di hasil pencarian. Sebaliknya, jika anda tidak ingin halaman website tampil di hasil pencarian anda tinggal mengganti struktur penulisannya menjadi <meta name=”robots” content=”noindex, nofollow”>. Biasanya struktur penulisan dari meta tag <meta name=”robots” content=”noindex, nofollow”> ini adalah halaman website yang tidak diijinkan untuk di lihat oleh orang lain.

Leave a Reply