Bingung belajar di perpusteknik.com ? Pelajari tautan berikut : Petunjuk Penjelajahan

Baru !! lihat jasa yang ditawarkan di menu >> jasa >> pilih jasa yang diinginkan

Informasi Terbaru : Tinjau Catatan Penting melalui menu "Tentang Web > Catatan Penting !!" untuk meninjau segala aktifitas baru/perubahan yang dilakukan di website ini beradasarkan tanggal kejadian..

Need Help? Chat with us

Dampak positif dan negatif teknologi di 5 Bidang

Dampak positif dan negatif teknologi di 5 Bidang
Sukai dan Bagikan..

Dampak positif dan negatif teknologi merupakan suatu topik yang sangat menarik untuk dibahas. Bagaimana tidak, pada masa kini teknologi sudah menjadi kebutuhan utama bagi kalangan besar masyarakat di dunia ini, apalagi bagi masyarakat yang hidup dibagian perkotaan.

Teknologi sudah menjadi kebutuhan dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan sampai pada kalangan manula. Perkembangan teknologi berjalan begitu pesat untuk setiap bidangnya, mulai dari : alat komunikasi, transportasi, hiburan, ilmu kedokteran, pembangunan dan lain-lain.

Pada topik kali ini perpusteknik.com akan membahas mengenai dampak positif dan negatif yang di akibatkan oleh perkembangan teknologi yang saat ini berkembang begitu pesan

Dampak positif dan negatif teknologi

Berbicara lebih dalam lagi menyangkut dampak positif dan negatif teknologi masa kini, perpusteknik.com akan membahas satu persatu dari setiap bidang yang mengalami perkembangan teknologi yang meliputi :

1. Dampak positif dan negatif Teknologi Komunikasi
dampak positif dan negatif teknologi

Hal yang paling mencolok dibidang teknologi masa kini adalah teknologi dibidang komunikasi. bagaimana tidak, pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dan lainnya dan komunikasi merupakan jembatan penguhubung antara manusia yang satu dengan manusia lainnya.

Teknologi yang sering digunakan oleh orang-orang masa kini menyangkut komunikasi yaitu : telepon seluler, jejaring sosial, website, App chat android dan lain-lain.

Dampak positif yang ditimbulkan dari teknologi komunikasi ini yaitu seseorang hanya butuh waktu singkat untuk mendapatkan informasi yang disampaikan oleh orang lain. selain itu, informasi yang diberikan dapat diakses dan diterima dimana saja selama ada teknologi berupa internet atau jaringan seluler yang mendukung proses komunikasi.

Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan dari teknologi komunikasi ini yaitu menjadikan hubungan antara seseorang dengan lainnya menjadi kurang erat, tidak seperti bersilaturahmi secara langsung yang saling mengunjungi rumah menjadikan komunikasi dapat lebih mengakrabkan hubungan sosial antara satu dengan lainnya. selain itu, sisi negatif yang akan ditimbulkan dari komunikasi ini adalah tidak semua informasi yang di dapatkan benar adanya (HOAX).

2. Dampak positif dan negatif Teknologi Transportasi
dampak positif dan negatif teknologi

Tansportasi merupakan kebutuhan manusia masa kini untuk bepergian dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dengan transportasi semuanya akan terasa mudah dibandingkan dengan berjalan kaki / berlari yang akan menguras tenaga. Dari masa ke masa, transportasi mengalami perkembangan yang begitu pesat baik dari transportasi darat, transportasi air dan transportasi udara. untuk lebih jelasnya, perkembangan teknologi transportasi di tautan berikut : Perkembangan Teknologi Transportasi dalam Era Globalisasi dan Dampaknya bagi Manusia

Dampak positif dari teknologi transportasi ini adalah menjadikan akses wilayah antara satu wilayah ke wilayah lainnya menjadi lebih cepat dan efisien.

Sedangkan dampak negatif dari teknologi transportasi ini adalah menjadikan orang-orang selalu ingin mencoba merasakan sensasi berjalan menggunakan teknologi yang ada pada transportasi walaupun mungkin tidak memiliki tujuan yang jelas. selain itu, dampak negatif dari teknologi transportasi ini menjadikan biaya perawatan/service transportasi menjadi lebih mahal dan menguras isi kantong.

3. Dampak positif dan negatif Teknologi Hiburan
dampak positif dan negatif teknologi

Hiburan adalah sesuatu yang dapat menyenangkan perasaan. selain itu, manfaat dari hiburan adalah menyegarkan kembali fikiran dan merilekskan system syaraf. Hiburan yang baik adalah hiburan yang menjadikan tontonan menjadi lebih segar dan apa yang di dengar mengandung perkataan yang baik. Teknologi dari media hiburan pun bermacam macam, mulai dari App android, buku, majalah, video, musik dan lain-lain.

Berbicara mengenai dampak positif dari teknologi hiburan ini salah satunya menyangkut dunia periklanan, dimana dengan dunia periklanan dapat mempermudah owner produk tertentu yang ingin memasarkan produknya melalui iklan yang diselipkan di berbagai hiburan yang disediakan. seperti iklan iklan admob yang ada di game android, iklan yang berada di video youtube dan lain-lain.

Sedangkan menyangkut dampak negatif dari teknologi hiburan ini adalah seseorang yang cenderung lebih menyukai hiburan dapat melupakan waktu untuk melaksanakan aktifitas yang berharga lainnya.

4. Dampak positif dan negatif teknologi kedokteran
dampak positif dan negatif teknologi

Di dunia kedokteran, sudah ada begitu banyak alat yang dapat menyembuhkan/merawat pasien dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki. Alat ini seperti :

  1. My Tensio yang merupakan alat yang dapat mengukur tekanan darah dalam jangka waktu tertentu melalui wireless yang dapat disinkronisasikan melalui HP.
  2. MyOxy adalah alat untuk mengukur saturasi oksigen dan denyut nadi pengguna hanya dengan memasukkan jari ke alat tersebut.
  3. Lechal merupakan alat yang digunakan untuk mengarahkan tunanetra saat berjalan.
  4. Ovula Ring yang merupakan alat yang telah dirancang untuk membantu wanita mengetahui sedang berada pada masa-masa subur.
  5. Dll

Dampak positif dari teknologi kedokteran ini yaitu dapat mempermudah kerja dokter dalam menyembuhkan/merawat pasien yang sedang diobati/ dirawat. selain itu, alat-alat teknologi kedokteran ini dapat menciptakan nilai efisiensi terhadap waktu dan biaya.

Sedangkan berbicara mengenai dampak negatifnya yaitu biasanya pada pada beberapa alat teknologi kedokteran terdapat radiasi yang dapat menimbulkan penyakit baru, salah satunya adalah penyakit kanker.

5. Dampak positif dan negatif teknologi pembangunan
dampak positif dan negatif teknologi

Bebicara mengenai dampak positif dan negatif teknologi pembangunan tentunya tidak akan lepas dari alat-alat canggih berupa hardware/software yang sering digunakan di proyek konstruksi, misalnya :

  1. Software SAP2000 yang digunakan untuk menghitung struktur bangunan secara cepat.
  2. Total station merupakan alat ukur survei yang dapat mengukur sudut, arah, jarak, koordinat dan beda tinggi.
  3. Software 3Ds Max dan SketchUp adalah software yang digunakan untuk mendesain gambar kerja yang di visualisasikan secara 3 dimensi.
  4. Drone merupakan alat terbang seperti helikopter dengan bentuk mini yang terpasang kamera untuk memantau kondisi yang tidak dapat dijangkau oleh pandangan manusia.
  5. Dll.

Dampak positif dari teknologi pembangunan ini yaitu mempermudah pihak-pihak yang terkait di dunia konstruksi untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pembangunan yang akan dikerjakan. contohnya seperti pihak dari konsultan perencana, kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas.

Sedangkan untuk dampak negatif yang ditimbulkan dari teknologi alat dibidang kontruksi ini adalah menjadikan pemakainya kurang paham darimana asal muasal hasil yang di dapatkan, karena semua hasil yang ditampilkan dari alat ini begitu praktis. disisi lain, terkadang pemakaian yang kurang paham akan menyebabkan kerugian dan akan berakibat fatal bagi keselamatan proyek pembangunan.

Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…
85 / 100 SEO Score

Rifan Engineering

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of

Hak Cipta © PerpusTeknik 2019