Bingung belajar di perpusteknik.com ? Pelajari tautan berikut : Petunjuk Penjelajahan

Baru !! lihat jasa yang ditawarkan di menu >> jasa >> pilih jasa yang diinginkan

Informasi Terbaru : Tinjau Catatan Penting melalui menu "Tentang Web > Catatan Penting !!" untuk meninjau segala aktifitas baru/perubahan yang dilakukan di website ini beradasarkan tanggal kejadian..

Need Help? Chat with us

Fungsi layer pada sketchup

Fungsi layer pada sketchup
Sukai dan Bagikan..

Fungsi layer pada sketchup yaitu untuk membuat lapisan objek, tetapi dapat diartikan juga untuk membuat kelompok objek. Layer pada objek sketchup digunakan untuk lebih mempermudah penyeleksian objek apabila objek sudah terlalu banyak, untuk lebih memahami lebih jauh fungsi layer kita langsung ke topik pembahasannya saja

Fungsi layer pada sketchup

Pada contoh kali ini saya akan memberikan contoh fungsi layer dalam menyeleksi & mengedit mobil.

Fungsi layer pada objek sketchup
Gambar 1.1 Membuat Layer

Untuk membuat layer mudah sekali, cukup pergi ke bagian “Layers” yang berada di bagian samping program sketchup. dan klik icon + untuk menambah layer, sedang icon – berguna untuk menghapus layer yang tidak diperlukan. Contoh diatas saya membuat layer ban dan cap mobil dengan tujuan, saya ingin menghilangkannya jika saya ingin mengedit bagian-bagian dalam mobil. Untuk menghilangkannya, saya mengklik icon mata hingga tidak muncul di samping kiri layer ban dan layer cap mobil.

Setelah membuat layer, maka saya akan kembali ke posisi atas bagian samping program sketchup untuk menerapkannya pada objek yang dimaksud seperti yang ditujukan pada panah atas “Setup layer”

Fungsi layer pada objek sketchup
Gambar 1.2 Setup Layer

Untuk setup layer, saya mencontohkan salah satu ban yang layernya masih berada pada layer 0 kemudian saya memilih objek ban tersebut, lalu saya mengalihkannya ke layer ban di bagian “Entity info”. Hal yang akan terjadi pada saat ban tersebut menjadi layer ban, maka objek ban akan langsung hilang disebabkan icon mata tidak tercentang pada bagian Gambar 1.1. Dengan menghilangkan beberapa objek yang menghalangi objek lain, maka ini akan mempermudah saya dalam menyeleksi dan mengedit objek yang terhalang oleh objek ban dan cap mobil.

Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…
77 / 100 SEO Score

Rifan Engineering

Pemilik Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of

Hak Cipta © PerpusTeknik 2019