Ciri ciri konten blog berkualitas

Ini dia Ciri ciri konten blog berkualitas !! Keren…..

Posted on
Banyak para blogger khususnya dari kalangan blogger pemula yang menanyakan seperti apa ciri ciri konten blog berkualitas? dan mengapa harus memiliki konten yang berkualitas untuk memiliki sebuah blog/website? pertanyaan ini juga yang saya sering cari tau jawabannya pada saat saya masih tergolong blogger pemula, dan akhirnya sampai sejauh ini saya sudah merangkum beberapa informasi dari website lain dan pengalaman saya sendiri dalam menjalankan profesi sebagai penulis blog. Sebagian besar kalangan blogger profesional menganggap bahwa kurangnya kunjungan pada blog menyebabkan blogger pemula menjadi kurang bersemangat untuk menulis blognya. Dan untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, tentunya harus memiliki konten yang berkualitas, agar pengunjung bisa di dapatkan dari beberapa jenis trafik seperti : trafik original , refferal, direct dan sosial media. Untuk mengetahui seperti apa ciri ciri konten berkualitas, langsung saja saya akan membahasnya pada beberapa topik berikut :

Ciri ciri konten berkualitas

[sc name=”adsense-blogger-display” ]
1. Terdapat kata kunci / keyword yang tepat sasaran
Walaupun blog anda memiliki tema atau tampilan yang menarik untuk dilihat, struktur penyusunan kata yang baik, bahasa yang mudah untuk dimengerti dan memiliki widget yang canggih, semua itu tidak akan berarti apa-apa jika anda tidak memiliki “kata kunci / keyword yang tepat sasaran”. Ciri ciri konten blog berkualitas paling utama adalah blog yang selalu memiliki kata kunci, dan bukan kata kunci sembarangan atau asal-asalan, karena terdapat beberapa kaidah atau aturan khusus untuk menentukan kata kunci di dalam blog, seperti :
  1. Kata kunci / keyword yang dimasukkan harus sesuai dengan judul blog, terdapat di dalam deskripsi cuplikan dan intinya harus nyambung dengan konten blog yang dibuat
  2. Konten yang anda tulis setidaknya memiliki 7%-10% kata kunci dari prosentasi seluruh kalimat di dalam konten yang telah anda buat
  3. Hindari kata kunci yang berlebihan, karena hal tersebut akan dianggap konten SPAM oleh Crawler.
  4. Ada baiknya fokus pada 1 kata kunci saja
  5. Jangan membuat kata kunci yang terlalu pendek ataupun terlalu panjang. Panjang kata kunci yang disarankan berkisar antara 3 sampai 5 kata
  6. Sebelum membuat kata kunci, lakukan dahulu riset keyword untuk mengetahui berapa kompetitor dan volume trafik yang menggunakannya.
Baca juga :   Persaingan konten video youtube
2. Menarik pengunjung untuk mengkliknya
Walaupun konten blog anda telah memiliki kata kunci dengan volume trafik yang cukup besar dan telah sesuai dengan kaidah atau aturan lain dalam menentukan kata kunci, hal ini tidak akan menjamin 100% semua pengunjung akan mengklik konten blog anda di google penelusuran jika anda memiliki judul dan deskripsi yang tidak menarik perhatian pengunjung untuk mengkliknya. Contohnya saja, jika anda melakukan riset keyword dari kata kunci “Rahasia menjadi orang sukses” yang memiliki volume trafik 20000 /bulan, anda bisa saja kalah dengan blog lain yang menggabungkan kata kunci / keyword tersebut dengan istilah istilah unik seperti :
  1. Wow!! ini dia rahasia menjadi orang sukses !! dijamin berhasil..
  2. Mantap gila… ini dia rahasia menjadi orang sukses !!
  3. Auto cerdas.. Mengetahui rahasia menjadi orang sukses !!
  4. Rahasia menjadi orang sukses dengan cepat !!
  5. Apa saja rahasia menjadi orang sukses ?
  6. dll.
Dapat anda lihat bahwa ke-6 kata kunci untuk penyusunan konten blog memiliki kata yang sama dengan hasil perumpamaan riset keyword yaitu “Rahasia menjadi orang sukses”. Tetapi, penyajian dari semua judul konten diatas begitu unik dan membuat penasaran pengunjung untuk mengkliknya. Maka tak jarang ciri ciri konten berkualitas adalah konten yang menarik pengunjung untuk mengkliknya.

Leave a Reply