Jenis-jenis Infografis yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis-jenis Infografis yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

Comparison infographic

Jenis infografis ini menampilkan perbandingan-perbandingan antara dua objek yang berbeda. Misalnya, data yang ditampilkan adalah perilaku mahasiswa dalam mengakses internet. Kamu bisa membuat infografis yang membandingkan antara seberapa banyak mahasiswa mengakses internet lewat handphone dengan mahasiswa yang mengakses internet lewat laptop atau komputer.

Did you know?

Jenis-jenis Infografis yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis infografis ini lebih mementingkan penjabaran fakta hal yang rinci dibandingkan dengan menyajikan data suatu objek secara detail. Tujuannya adalah untuk memfokuskan pembacanya pada fakta-fakta tertentu secara lebih mudah. Misalnya,  pada statistical infographic kamu menuliskan data mengenai banyaknya penduduk di berbagai wilayah kota administrasi Jakarta. Namun, pada did you know infographic ini kamu hanya bertujuan untuk memberitahukan mengenai wilayah kota administrasi Jakarta dengan jumlah penduduk terbanyak. Oleh karena itu, kamu hanya perlu menuliskan bahwa penduduk di DKI Jakarta paling banyak terletak di Jakarta Timur, yaitu sebanyak 2,6 juta jiwa misalnya.

Data visualization

Aspek yang difokuskan pada jenis infografis ini adalah kreativitas dan tampilan visual dari infografis tersebut. Tujuannya adalah agar data yang disajikan terlihat menarik dan unik, sehingga setiap orang yang melihatnya tidak jenuh untuk melihat kontennya. Umumnya, data visualization infographic ini dibuat dalam bentuk video atau animasi bergerak, sehingga lebih dinamis dan indah dilihat.

Photo infographic

Photo infographic menekankan pada elemen gambar yang terkait dengan konten yang ingin disampaikan dibandingkan dengan menggunakan tulisan. Tulisan yang ada dibuat sesingkat mungkin dan merupakan narasi dari gambar yang disajikan. Misalnya, jika kamu ingin menjelaskan bahwa Monumen Nasional memiliki tinggi 136 meter, pada infografis jenis ini cukup memberikan foto monas dengan keterangan tulisan tinggi 136 meter.

Baca juga :   Cara Membuat Animasi Berformat .GIF dengan Android

Jenis-jenis Infografis yang Perlu Kamu Ketahui

Kesimpulannya adalah jika kamu ingin menyajikan informasi dalam bentuk infografis, penting halnya untuk menentukan jenis infografis yang akan kamu gunakan. Misalnya, jika kamu ingin menyajikan data yang rinci mengenai kota Jakarta kepada khalayak remaja, maka akan lebih tepat jika kamu menggunakan data visualization atau did you know infographic agar informasi lebih singkat, padat dan menarik. Dengan demikian, informasi yang disampaikan dapat lebih terjelaskan secara efektif sesuai dengan jenisnya masing-masing. Selamat mencoba ya!

Leave a Reply