Jenis-jenis obat pengeras beton

Jenis-jenis obat pengeras beton

Posted on
3. Resiko menggunakan pengeras beton
Walaupun pengeras beton mempunyai kelebihan untuk mempersingkat waktu beton agar cepat kering dan mencapai kuat tekan, penggunaan pengeras beton ini memiliki resiko yang harus dihindari. Resiko mungkin akan terjadi ketika penuangan dari jenis-jenis obat pengeras beton memiliki takaran yang tidak stabil. Menurut takaran yang disarankan, pengeras beton seperti halnya merek PCM ditakar sebanyak 2 liter PCM ke 200 liter kemudian dijadikan bahan pelarut untuk agregat. Resiko yang biasa ditimbulkan dari kesalahan takaran pengeras beton yaitu mencakup :
  1. Daya tahan semen menurun terhadap sulfat
  2. Reaksi dari pengeras beton bisa saja menurunkan kadar air dengan cepat sehingga terjadinya hidrasi pada saat agregat belum terkomposisi dengan baik di dalam beton, maka ini akan membuat beton menimbulkan retakan.
[sc name=”iklan-umum-link” ]
4. Jenis-jenis obat pengeras beton
Merek dan berbagai produk yang sering dijual dipasaran untuk jenis-jenis obat pengeras beton terbilang cukup banyak. Berbagai produsen dibidang konstruksi memproduksi produk unggulan untuk bersaing dipasar konstruksi, dan berikut jenis-jenis obat pengeras beton.
  1. PCM, merupakan jenis pengeras beton yang cukup banyak digunakan. dimana merek pengeras beton ini memiliki keunggulan dalam mempercepat pengeringan beton, plesteran acian dan lain-lain. Selain itu hasilnya beton lebih kuat dengan alat ukur kekerasan.
  2. Bestmittel, Jenis obat ini ini juga merupakan jenis pengeras beton yang sering digunakan pada umumnya yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan standar penyusun pengeras beton.
  3. Calbond, merupakan jenis obat pengeras beton yang bahan dasarnya dari plastik. Penggunaan calbond biasanya dipakai untuk memperbaiki beton yang telah rusak saat proses pekerjaan struktur konstruksi sedang berlangsung.
  4. Calfish, Merupakan produk unggulan pengeras beton yang sering digunakan pada pekerjaan konstruksi bangunan air. Contoh pengaplikasian jenis obat pengeras beton ini yaitu pada bangunan : bendungan, tiang jembatan, fondasi mesin dan konstruksi bangunan air lainnya. Obat pengeras beton calfish dapat membuat beton cepat kering walaupun berada di bawah air.
  5. AKS, Merupakan produk unggulan pengeras beton yang memiliki keunggulan dalam membuat beton menjadi cepat keras, tahan terhadap air, serta mengurangi efek pengkristalan. Penggunaan pengeras beton merek AKS biasa digunakan pada proyek konstruksi : Beton pracetak, proyek jembatan, proyek gedung bertingkat, dinding terowongan, pengecoran pada pondasi bored pile dan proyek konstruksi lainnya.
  6. Beton MIX, Merupakan produk yang dibuat dibidang konstruksi dengan memiliki 3 fungsi yaitu : Meningkatkan mutu beton, membuat pengecoran menjadi mudah dan mempercepat pengerasan.
  7. CBM, Merupakan jenis obat pengeras beton yang tersusun dari campuran bahan kimia yang sering digunakan sebagai mempercepat pengerasan beton, meningkatkan kualitas beton, pengeras paving block, pengecoran bored pile dan lain-lain.
  8. ADT additive cor, Tak jauh berbeda dengan jenis pengeras beton lainnya, obat pengeras beton ini memiliki kemampuan untuk membuat beton lebih cepat kering dan keras, meningkatkat kualitas mutu beton, membuat beton tahan terhadap air. Di pasaran, produk ini dijual dalam berbagai takaran yaitu : 1 liter, 5 liter, 30 liter dan 200 liter
Baca juga :   Fungsi bekisting pada pengecoran beton
[sc name=”subscribe-website-ini” ] [sc name=”iklan-teknik-sesuai-konten” ]

Leave a Reply