Kitchen adalah: Pengertian, Fungsi, Jabatan, dan Macam-macam Dapur

Posted on

Kitchen adalah salah satu ruangan khusus yang mana memiliki perlengkapan dan peralatan masak sebagai isinya atau intinya. Di dalam kitchen (dapur), terdapat ruangan terpisah, yang mana per ruangan memiliki fungsi masing-masing. Terdapat kitchen staff sebagai pengoperasionalan kerja.

Dalam pengoperasian, terdapat head kitchen, sebagai kepala masak atau dapur dengan menaungi seluruh karyawan (staf) hingga mengontrol aktivitas masak didalamnya. Hal ini bisa dilihat dalam tugas dan tanggung jawab kitchen department.

Pengertian Kitchen atau Dapur

Kitchen adalah salah satu ruangan penting dalam makanan, dimana tempat mengolah dan berkreasi akan makanan yang akan dihidangkan, Tidak hanya makanan, tetapi juga masakan lain yang tersedia, misal desser, dan lain-lain. Minuman juga andil dalam hal ini.

Ciri-ciri dari dapur, diantaranya:

  1. Lantai dibuat dari bahan anti air dan tidak licin
  2. Tembok dilapisi dengan bahan anti air dan mudah dibrsihkan
  3. Plafon dibuat datar dan bahannya cerah
  4. Memiliki ruang terpisan lebih dari satu dalam satu tempat
  5. Memiliki penerangan yang cukup, yang mana bisa menerangi segala arah ruangan.

Fungsi dan Jenis Karyawan Kitchen

Fungsi dari kitchen lebih sebagai tempat dalam mengolah makanan, dari bahan dasar sampai makanan yang sudah siap dihidangkan. Dapur sendiri sebagai sarana dalam mempromosikan makanan terkhusus budaya yang berkaitan dengan makanan tersebut, mulai dari asal, kuliner khas, dan lain sebagainya.

Untuk jenisnya, bisa diklasifikasikan berikut ini:

  1. Production (Main) Kitchen, staf atau karyawan yang menangani berbagai macam  sambal, 9stock, dan berbagai macam main course, dan masuk dalam Hot Kitchen.
  2. Butcher Butcher, adalah kitchen staff yang menangani bahan  mentah, berasal  dari  hewan, unggas, dan  ikan  yang  nantinya  akan  diperlukan  oleh  bidang seksi (sie) lain.
  3. Garde Manger Kitchen, staf atau karyawan yang menangani berbagai macam appetizer, seperti salad, sandwich,   dan lain sebagainya.
  4. Pastry Kitchen (Pastry), staf atau karyawan yang menangani maupun membuat kue, cake, chocolatepudding, cookies, patries, dan  anekadessert lain.
Baca juga :   Prospek Kerja Teknik Industri

Jabatan dan Tugas yang Diemban

Jabatan yang ada dalam dapur macam-macam, berdasarkan tugas yang diemban, diantaranya:

1. Chief  Cook (Executive Chef)

Jabatan ini bisa disebut dengan Chef De Cuisin atau dipanggil “Chef” saja. Pekerjaan ini lebih bersifat administratif dan bisa dibilang sebagai head kitchen.

2. Assistant Chief Cook (Sous Chef)

Tugas dari Sous Chef adalah  menggantikan posisi chef apabila sedang berhalangan atau libur (day off). Bisa dianggap sebagai asisten.

3. Chef de Partie

Chef de Partie lebih ke mengawasi jalannya operasional  pada  salah  satu seksi yang dinaunginya, apakah berhasil atau tidak. Melakukan kerjasama dan pembagian tugas dan ikut langsung dalam kerja.

4. Demi Chef

Demi Chef merupakan asisten atau wakil dari chef de partie, tugas dan tanggung jawabnya sama, sehingga saat CDP berhalangan untuk hadir, maka Demi Chef melakukan handle tugas.

5.Cook/Commis

Setiap CDP memiliki juru bantu (masak), yaitu Cook atau Commis yang mana melakukan tugas sesuai dengan volume pekerjaan yang sudah ada (ditentukan). Ada lebih dari satu Commics.

Bagian Kitchen di Hotel

Kitchen yang ada di hotel, didesain khusus sesuai dengan fungsinya yang banyak melayani pelanggan atau konsumen. Setiap bagian dalam dapur sangat menunjang hasil pekerjaan baik atau tidak, lancar atau tidak. Sehingga kerja sama karyawan dengan pengoptimalan ruang sangat diperlukan.

Leave a Reply