Kitchen adalah: Pengertian, Fungsi, Jabatan, dan Macam-macam Dapur

Posted on

Misal dilihat dalam bagian restoran, stewarding, catering/banquet, engeneering, housekeeping, front office dan accounting. Penjelasan lebih lanjut berikut:

  1. Restoran, bagian dapur yang langsung berhubungan dengan tamu, dengan menawarkan segala hasil yang ada dalam dapur kepada para tamu hotel.
  2. Stewarding, bagian dapur yang membantu menyediakan alat-alat kebersihan. Tidak lupa juga membersihkan seluruh ruangan dapur.
  3. Engeneering, bagian dapur untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi pada kitchen utensils dan kitchen equipment.
  4. Housekeeping, bagian dapur untuk mencuci pakaian seragam karyawan khusus dapur. Jadi lebih efisien ditempatkan di ruang berbeda.
  5. Front office, bagian penyedia informasi mengenai jumlah dan jenis tamu (VIP atau Group). Dengan laporan yang diberikan, dapur bisa membuat perencanaan untuk mengolah makanan untuk tamu.
  6. Accounting, menyangkut keuangan dimana lebih ke hasil pemasukan dapur dan melakukan pengeluaran dana jika ada pembelian alat-alat dapur, bahan-bahan makanan, dan gaji karyawan dapur.

Macam-macam Dapur

Berikut adalah 4 mcam dapur yang perlu anda ketahui, berdasarkan ukuran fungsi dan ruang lingkup pekerjaannya, yaitu:

1. Dapur Biasa (Conventional Kitchen)

Kitchen ini umumnya bisa ditemui di perusahaan jasa atau layanan makanan dengan ukuran kecil. Fungsi dan ruang lingkupnya hanya mencakup jenis menu tetap, dan banquet  dalam  jumlah  kecil. Terdapat menu standard an porsi yang lebih fleksibel.

2. Dapur Kombinasi  (Combined Preparation and Finishing Kitchen )

Dapur ini didesain untuk perusahaan jasa atau layanan makanan dalam ukuran menengah yang bisa menyiapkan sejumlah menu standar yang ada, dengan porsi tertentu. Dapur ini menguntungkan bagi para juru masak yang bisa memilih bagian dapur sesuai dengan fungsinya.

3. Dapur yang Dipisahkan (Separated Preparation and Finishing Kitchen)/Main Kitchen

Dapur ini cocok bagi perusahaan jasa atau layanan makanan dalam ukuran besar. Macam menu dan jenis masakannya terbilang lebih variasi dan dapat disajikan dalam jumlah banyak tetapi porsi ditentukan.

Baca juga :   Ingin membangun perusahaan? ikuti 7 tips berikut

4. Dapur untuk Makanan jadi (Convenience Food Kitchen)

Convenience Food Kitchen adalah dapur bagi perusahaan jasa atu layanan makanan yang tidak memerlukan ruang khusus dalam menyiapkan maupun membeli bahan makanan. Jadi hanya ada tempat makanan yang sudah jadi.

Pekerjaan dalam Kitchen dan F&B

Pekerjaan dalam kitchen dan F&B disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab kitchen department yang ada. Pekerjaan yang bisa dicoba didalamnya, diantaranya waiter/waitress, cook/chef, cook helper/kitchen crew, dan barista.

Jadi, bisa dibilang pekerjaan di kitchen adalah ladang bagi para pemasak handal, maupun belajar lebih saat posisi fresh graduate. Gaji pekerjaan di bidang kitchen sendiri cukup lumayan, dimana tergantung dari posisi dan tugas yang diambil, jadi lebih ke rata-rata, sekitar 3 jutaan untuk level biasa.

Semoga, dengan penjelasan mengenai Kitchen, mulai dari pengertian hingga gaji, anda tidak penasaran lagi dan ingin mencoba mendaftar jadi pegawai di bagian kitchen. Siapa tahuy cocok dan tidak jadi ragu-ragu.

Leave a Reply