CARA MEMBUAT KURVA “S” PADA PROYEK PEMBANGUNAN

Cara Membuat Kurva “S” pada Proyek Pembangunan

Posted on

Pada kolom jumlah di bagian bawah, masukkan jumlah pekerjaan yang sudah diselesaikan tiap harinya. Masukkan total dari rata-rata pekerjaan dengan rumus (= SUM) atau penjumlahan.

Tulis rumus = SUM pada setiap kolom jumlah, buat kurung buka,blok angka-angka rata-rata pekerjaan, dan akhiri dengan kurung tutup. Contonya seperti dalam kolom jumlah hari kedua:

=SUM(H6:H11)

Teruskan rumus berikut pada kolom-kolom di bagian kanan hingga hari terakhir

  1. Menghitung jumlah akumulatif

CARA MEMBUAT KURVA “S” PADA PROYEK PEMBANGUNAN

Hitung jumlah akumulatif pada setiap harinya. Jumlah akumulatif adalah jumlah pekerjaan yang telah selesai di hari-hari sebelumnya, ditambah dengan jumlah yang selesai pada hari tersebut.

Caranya, tambahkan jumlah akumulatif pada hari sebelumnya dengan semua total rata-rata pekerjaan pada hari tersebut. Jumlahkan dengan klik pada kolom jumlah di hari sebelumnya, dengan jumlah pekerjaan pada hari ini.

CARA MEMBUAT KURVA “S” PADA PROYEK PEMBANGUNAN

  1. Membuat kurva S

Setelah semua kolom terisi, buatlah kurva S. Caranya adalah blok semua jumlah akumulatif, pilih Insert, lalu klik pada simbol kurva, dan pilih kurva “Line With Markers”. Kurva S pun telah terpasang di tabel Anda.

CARA MEMBUAT KURVA “S” PADA PROYEK PEMBANGUNAN

Pembuatan kurva S memang sedikit lebih rumit dan membutuhkan ketelitian. Tetapi, dengan beberapa kali latihan saja, Anda pun dapat membuat kurva S ini, dan menerapkannya pada proyek pembangunan yang lebih rumit. Selamat mencoba!

Leave a Reply