CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA DENGAN MICROSOFT EXCEL

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana dengan Microsoft Excel

Posted on

Anda bisa mengganti D4 dan E4 dengan kolom lain tempat Anda meletakkan jumlah debet dan kredit pada hari tersebut. Jangan sampai tertinggal satu tanda pun ya! Karena jika hal itu terjadi, maka rumus tidak akan berlaku.

  1. Copy dan paste rumus

CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA DENGAN MICROSOFT EXCEL

Copy rumus yang ada pada pada saldo tadi ke bagian saldo di hari lain. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi memasukkan rumus satu per satu pada tiap bagian saldo, dan mempermudah pekerjaan Anda dalam menghitung jumlah saldo setiap harinya.

  1. Masukkan rumus penjumlahan

CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA DENGAN MICROSOFT EXCEL

Kini saatnya Anda menghitung total debet, kredit, dan yang paling penting adalah saldo Anda di akhir pencatatan keuangan. Caranya mudah, yaitu pada kolom jumlah debet, masukkan rumus =SUM(kolom debet pertama:kolom debet terakhir), atau rumus =SUM(kolom debet pertama, kedua, ketiga,…, terakhir).

Dalam contoh ini, masukkan rumus = SUM (D4:D8), atau =SUM (D4,D5,D6,D7,D8). Hal ini juga berlaku bila Anda ingin menjumlahkan kredit total Anda. Gunakan rumus SUM dan masukkan semua nama kolom jumlah kredit yang ada sebelumnya.

Sementara itu, untuk kolom saldo akhir sendiri, masukkan rumus total debet dikurangi total kredit. Dalam contoh ini, rumusnya adalah =D9-E9. Jumlah saldo total pada penutupan penghitungan pun kini telah Anda dapatkan. Mudah sekali bukan?

Satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika menghitung dengan Microsoft Excel adalah ketelitian saat memasukkan rumus dan kolom. Apabila Anda menemukan kode yang menunjukkan kesalahan seperti #NAME, periksa lagi apakah ada elemen rumus yang belum Anda masukkan, atau malah mungkin ada kelebihan dalam pembuatan rumus. Selamat mencoba!

Leave a Reply