5 Cara Melakukan Manajemen Logistik yang Baik di Perusahaan

5 Cara Melakukan Manajemen Logistik yang Baik di Perusahaan

Posted on

Ditambah lagi, dalam suasana demikian terkadang juga diperlukan pemasok tambahan atau pemasok baru dalam waktu singkat. Oleh karena itu, seorang manajer logistik haruslah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan orang lain, di mana harus memiliki jaringan yang kuat sertabanyak kenalan dalam industri terkait. Dengan demikian, manajer logistic dapat lebih mudah melakukan pemecahan masalah.

  1. Gunakan sistem yang terotomatisasi

Terdapat banyak aspek dalam manajemen logistik yang dapat dilakukan dengan sistem otomatis. Contoh paling sederhana adalah tracking untuk pengiriman barang yang dilakukan dari gudang perusahaan kepada distributor. Sistem yang terotomatisasi dapat mengurangi adanya kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh bias maupun human error lainnya. Kemudian, data yang didapat juga lebih aktual karena selalu diperbaharui. Selain itu, pendeteksian masalah serta penyelesaiannya juga menjadi lebih mudah dilakukan.

  1. Lakukan evaluasi

Manajemen logistik erat kaitannya dengan besar biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dalam rantai produksi. Oleh karena itu, masalah yang timbul perlu dievaluasi agar dapat dihindari di periode mendatang. Diperlukan diskusi serta urun pendapat dari seluruh anggota tim logistik agar sumber masalah dapat ditemukan. Dengan demikian, tindakan pencegahan dapat disusun untuk memastikan bahwa masalah tersebut tidak terulang lagi di kemudian hari.

Hal-hal di atas dapat membantu terbentuknya manajemen logistik yang baik di perusahaan, ditandai dengan terciptanya efisiensi. Semakin besar ukuran perusahaan, maka efisiensi akan semakin dibutuhkan. Dengan adanya efisiensi, perusahaan akan mampu menghemat biaya, waktu, serta tenaga. Kegiatan produksi juga akan menjadi lancar dan mampu mencapai target yang ditentukan. Oleh karena itu, selalu ingat untuk melakukan kelima hal tersebut agar manajemen logistiK di perusahaan kamu selalu lancar.

Leave a Reply