manfaat-google-analytics-online-shop-website

Manfaat Google Analytics Untuk Online Shop atau Website

Posted on

Manfaat google analytics untuk bisnis dan website memang ada banyak. Google analytics sendiri ialah aplikasi gratis yang berasal dari Google dan digunakan untuk mengukur kinerja bisnis online. Aplikasi tersebut tentu akan memudahkan para pebisnis online dalam memantau statistik pengunjung pada online shop atau website yang dimiliki. Sehingga para pebisnis bisa mengetahui perkembangan bisnis dengan mudah.

Jika berkecimpung di dunia bisnis online, tentu saja rasa ingin tahu akan seberapa banyak pengunjung yang berkunjung dan juga data lainnya yang mungkin bisa memberikan manfaat agar bisa mengembangkan jumlah dari pembaca. Untuk itu menggunakan Google Analytics merupakan pilihan terbaik. Tidak sedikit dari masyarakat yang asing dengan tools dari Google ini.

Sebagian besar dari masyarakat tidak mengenal tools ini. Terutama mereka yang tidak berkecimpung di dunia internet atau bisnis online. Tentu saja merasa asing dengan tools tersebut. Namun manfaat Google Analytics sendiri untuk pebisnis online maupun pemilik webiste cukup banyak dan bisa membantu mereka untuk mengukur performa dari sebuah webiste atau online shop.

[sc name=”iklan umum link”]

Salah satu manfaat dari tools Google ini ialah para pebisnis bisa melihat dari mana asal pengunjung website tersebut. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat untuk pebisnis dalam menentukan strategi pengembangan yang harus mereka lakukan untuk bisnisnya. Sehingga para pengunjung bisa dijadikan sebagai potensi untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan tersebut.

1. Mengenai Google Analytics

Google Analytics ialah layanan gratis yang disediakan oleh pihak Google guna mengukur performa dari situs website yang dikelola oleh seseorang. Didalamnya juga bermanfaat untuk mengamati berapa banyak jumlah pengunjung, jenis gadget yang dipakai, sumber kunjungan, lokasi dari pengunjung, dan masih banyak lagi manfaat Google Analytics yang lain untuk pemilik website.

Baca juga :   Cara paling mudah membuat akun Email dengan Gmail

Lantas mengapa pihak Google menyediakan tools ini secara cuma-cuma atau gratis? Hal ini tidak lain dikarenakan pemilik website akan memberi akses pada pihak Google mengenai informasi tentang situs yang bisa membantu mereka mempunyai data guna kepentingan periklanan mereka atau AdWord. Semakin banyak pengguna, tentu saja data yang dipunya untuk periklanan mereka juga semakin banyak.

Sehingga pemilik website tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Sebab mereka jadi mempunyai akses pada salah satu jenis analitik yang cukup lengkap dan canggih secara cuma-cuma. Dengan manfaat Google Analytics yang diusung bisa membuat pemilik website mudah mengamati website milik mereka. Namun jika tidak ingin menggunakan tools gratisan tersebut, pengguna bisa menggunakan tools lain yang berbayar.

Dengan menggunakan google analytics, para pebisnis jadi bisa lebih mudah memantau bagaimana perkembangan website atau toko online yang dikelola. Akun Google yang akan digunakan selamanya atau akun Google yang disimpan itulah yang bisa di akses untuk Google Analytics. Pengguna juda bisa membagikan akses untuk Google Analytics kepada orang lain.

2. Manfaat Google Analytics Untuk Bisnis Online

Menggunakan Google Analytics, pemilik website bisa mengetahui dari mana pengunjung webiste mereka berasal. Tentu saja hal ini akan sangat berguna dalam menentukan bagaimana strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh mereka. Dengan demikian pemilik website juga bisa mendapatkan informasi mendetail tentang karakteristik pengunjung website dan bisa mengetahui target pasar dengan menyesuaikan pengunjung.

[sc name=”iklan umum link”]

Selain itu manfaat Google Analytics jugamembuat pemilik webiste bisa mengetahui konten yang paling populer. Dimana konten sendiri merupakan hal paling penting dalam sebuah webiste. Jika konten yang digunakan cukup menarik, maka tentu saja akan semakin banyak pengunjung yang datang untuk berkunjung dalam sebuah situs website.

Baca juga :   Cara memutuskan akses pihak ke-3 dengan akun gmail

Jika pemilik website bisa mengetahui konten mana yang menarik, maka bisa digunakan sebagai acuan untuk strategi dalam mengembangkan konten website yang selanjutnya. Hal ini juga berlaku sama pada online shop. Dari informasi pengunjung yang didapatkan, maka pebisnis online bisa mengetahui apa saja trend yang dimiliki suatu produk.

Dalam dunia online, kata kunci merupakan hal yang juga penting untuk diperhatikan. Google Analytics juga bisa menentukan apa saja kata kunci yang kerap dicari pengunjung website atau online shop. Ada banyak informasi yang bisa digali pada Google Analytics dan manfaat Google Analytics juga cukup penting dalam bisnis online.

[sc name=”Subscribe website ini”]

[sc name=”Iklan teknik sesuai konten”]

Leave a Reply