Kegiatan Media Relation yang Menguntungkan Divisi Hubungan Masyarakat di Perusahaan

Kegiatan Media Relation yang Menguntungkan Divisi Hubungan Masyarakat

Posted on

5. Penulisan annual report

Penulisan annual report bermaksud untuk memperlihatkan laporan kegiatan, keuangan, maupun pengembangan pasar yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Hal ini dilakukan untuk membangun kepercayaan dan tanggung jawab sosial sebuah perusahaan terhadap masyarakat secara umum.

  1. Melakukan Kegiatan Non-penulisan

Berikut adalah kegiatan non-penulisan yang bisa dilakukan oleh humas perusahaan, antara lain:

1. Konferensi Pers

Konferensi pers merupakan kegiatan bertemu langsung antara perusahaan dengan media, agar suatu isu maupun program dapat disampaikan secara dekat dan verbal.

Contohnya, saat perusahaan mengalami sebuah isu yang negatif, konferensi pers diadakan agar perusahaan dapat memberikan penjelasan atau klarifikasi pada isu atau berita tersebut. Konferensi pers juga mengharapkan para wartawan dapat meliput dan memuat berita mengenai pembahasan dalam konferensi pers tersebut.

2. Special Event

Special event adalah kegiatan khusus yang dilakukan oleh perusahaan pada sebuah acara. Salah satu contohnya adalah keikutsertaan perusahaan pada sebuah acara sebagai pihak sponsorship yang mendukung ataupun mendanai acara tersebut, sehingga pada akhirnya dapat masuk ke dalam berita yang dimuat oleh media mengenai acara tersebut.

3. Press Luncheon

Kegiatan press luncheon merupakan acara informal yang dilakukan untuk mengundang pihak-pihak atasan pada perusahaan media tertentu. Hal ini dilakukan agar dapat terjalin kedekatan yang lebih baik antar kedua belah pihak tersebut, khususnya dengan bagian atasan perusahaan media seperti kepala redaksi, general manager, dan sebagainya. Press luncheon dapat dilakukan dengan mengadakan jamuan makan siang dengan media terkait.

Setiap perusahaan membutuhkan peran media dalam mengkomunikasikan segala hal mengenai perusahaan tersebut kepada khalayak, khususnya pada perusahaan sebuah brand yang bergerak dalam penjualan produk maupun jasa. Hal ini tentu saja dapat berjalan dengan lancar apabila media relation yang telah dijelaskan di atas dapat berjalan dengan baik, sehingga pihak media akan lebih terbuka dan kooperatif untuk mengadakan sebuah bentuk kerjasama dengan perusahaan.

Leave a Reply