Mempelajari Bauran Pemasaran yang Wajib Digunakan Para Pelaku Usaha

Mempelajari Bauran Pemasaran yang Wajib Digunakan Para Pelaku Usaha

Posted on

Dari semua variabel, harga adalah variabel yang lebih fleksibel karena dapat lebih mudah berubah sesuai dengan kebutuhan maupun kondisi ekonomi secara luas. Namun, variabel ini tidak hanya sekedar soal memberikan nominal saja, tetapi juga harus dikemas dengan strategi yang baik namun tetap menguntungkan. Strategi tersebut bisa dilakukan dengan berbagai hal seperti diskon, potongan harga khusus bersyarat, sistem kredit, dan sebagainya.

Selain itu, harga juga sebaiknya dibuat untuk memengaruhi psikologis manusia. Misalkan, sebuah barang dengan harga Rp 7.899 sekilas akan terlihat lebih murah dibandingkan dengan harga Rp 8.000 bagi psikologis manusia.

  1. Place (Tempat)

Agar proses berpindahnya produk hingga sampai ke tangan konsumen dapat berjalan dengan baik, mudah, dan efisien, dibutuhkan adanya strategi mengenai variabel tempat dalam sebuah bauran pemasaran. Tempat bukan berarti hanya mengenai sebuah toko, namun juga mengenai cara pendistribusian, segmentasi geografis yang sesuai, tempat diambilnya persediaan, hingga tempat pengelompokkan barang tersebut saat sudah berada di pasar.

  1. Promotion (Promosi)

Sebelum membuat khalayak membeli produk kita, ada baiknya untuk melakukan kegiatan promosi agar khalayak mengenali, mengingat, hingga akhirnya tertarik pada produk tersebut. Tentunya ingin kan produk Anda semakin banyak dikenali dan dibeli? Jadi, promosi merupakan bentuk komunikasi dan perkenalan sebuah produk terhadap pasar yang sesuai dengan segmentasinya melalui iklan, sales promotion, direct marketing, dan sebagainya.

Teori ini merupakan dasar yang harus dilakukan dalam sebuah proses pemasaran, meskipun hingga saat ini banyak ahli yang menambahkan teori tersebut menjadi 7P yaitu Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi), Place (tempat), Participant (partisipasi), Process (proses), dan Physical Evidence (bukti fisik). Namun, 4P tetap menjadi elemen dasar yang paling wajib dijalankan agar kegiatan suatu usaha berjalan dengan lancar. Semoga usaha Anda semakin sukses ya!

Leave a Reply