Pengertian limbah padat pada lingkungan

Pengertian limbah padat pada lingkungan

Walaupun pada umumnya pengertian limbah padat tidak jauh berbeda dari pengertian air limbah, limbah padat terdiri dari sisa buangan aktivitas manusia yang tidak mudah terlarut seperti limbah cair karena sifatnya yang padat tetapi kedua jenis limbah ini tujuannya tetap sama yaitu “mencemari lingkungan, membuat lingkungan menjadi busuk, merusak keindahan lingkungan dan menjadikan lingkungan menjadi sumber penyakit”. Untuk membahas limbah padat lebih jauh, saya akan memberikan uraian tentang Jenis dan sumber dari limbah padat.

1. Pengertian limbah padat berdasarkan jenisnya

Berdasarkan jenisnya, limbah padat dapat dikategorikan dari beberapa jenis yaitu :

— 1.1. Limbah padat yang mudah membusuk

Pengertian limbah padat yang mudah membusuk merupakan limbah yang terdiri dari bahan-bahan organik yang mudah membusuk dan tidak awet dalam jangka waktu yang lama serta sanga mudah terurai dengan mikroorganisme. Contoh dari limbah padat yang mudah membusuk ini yaitu : sisa nasi, sisa sayuran, sisa lauk pauk dan sisa buah-buahan.

— 1.2. Limbah padat yang sulit membusuk

Pengertian limbah padat yang sulit membusuk yaitu limbah yang terdiri dari bahan-bahan anorganik atau organik yang lumayan kering yang cukup sulit untuk menyatu dengan mikroorganisme. Contoh dari limbah padat yang sulit membusuk ini yaitu : Tas kresek, logam, kaca, kertas dan lain-lain.

— 1.3. Limbah padat yang mudah terbakar

Pengertian limbah padat yang mudah terbakar merupakan jenis limbah yang mempunyai sifat/karakteristik yang mudah terbakar dan bisa mencakup limbah padat yang mudah membusuk ataupun tidak. Contoh dari limbah padat yang mudah terbakar ini yaitu : kulit buah yang sudah kering, kertas, tas kresek, sisa kain yang sudah lama dibiarkan dan lain-lain.

Baca juga :   Perbedaan air bersih dan air minum
— 1.4. Limbah padat yang sulit terbakar

Pengertian limbah padat yang sulit terbakar merupakan jenis limbah yang terdiri dari bahan yang sangat keras dan memiliki partikel yang cukup padat sehingga terasa sangat sulit untuk membakarnya. Butuh penanganan khusus untuk menangani limbah padat yang sulit terbakar seperti pengelolaan limbah di bidang industri. Kebanyakan dari jenis limbah padat dapat di daur ulang dan kebanyakan dari limbah padat memiliki karakteristik yang sulit membusuk, contohnya : Logam, kaca, baja dan lain-lain.

2. Sumber dari terciptanya limbah padat

Berdasarkan dari sumbernya, limbah padat bisa menjadi ada dikarenakan hal-hal berikut :

  • Sisa aktivitas rumah tangga yang disebut dengan sumber limbah padat domestik
  • Sisa aktivitas bangunan industri yang disebut dengan sumber limbah padat industri, dan
  • Sisa aktivitas dari proyek konstruksi yang disebut dengan limbah proyek.

Tujuan dari memahami limbah padat sebenarnya tidak hanya memahami pengertian limbah padat dari jenis dan sumber terciptanya limbah padat. Tetapi, tujuan utama dari memahami limbah padat adalah untuk menciptakan tata kelola lingkungan yang baik terhadap limbah padat, sehingga tetap menciptakan lingkungan yang bersih, indah di pandang dan menjauhkan lingkungan dari sumber penyakit.

Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020