pengertian limbah padat

Pengertian limbah padat pada lingkungan

Posted on
Walaupun pada umumnya pengertian limbah padat tidak jauh berbeda dari pengertian air limbah, limbah padat terdiri dari sisa buangan aktivitas manusia yang tidak mudah terlarut seperti limbah cair karena sifatnya yang padat tetapi kedua jenis limbah ini tujuannya tetap sama yaitu “mencemari lingkungan, membuat lingkungan menjadi busuk, merusak keindahan lingkungan dan menjadikan lingkungan menjadi sumber penyakit”. Untuk membahas limbah padat lebih jauh, saya akan memberikan uraian tentang Jenis dan sumber dari limbah padat. [sc name=”iklan umum link”]

1. Pengertian limbah padat berdasarkan jenisnya

Berdasarkan jenisnya, limbah padat dapat dikategorikan dari beberapa jenis yaitu :
— 1.1. Limbah padat yang mudah membusuk
Pengertian limbah padat yang mudah membusuk merupakan limbah yang terdiri dari bahan-bahan organik yang mudah membusuk dan tidak awet dalam jangka waktu yang lama serta sanga mudah terurai dengan mikroorganisme. Contoh dari limbah padat yang mudah membusuk ini yaitu : sisa nasi, sisa sayuran, sisa lauk pauk dan sisa buah-buahan.
— 1.2. Limbah padat yang sulit membusuk
Pengertian limbah padat yang sulit membusuk yaitu limbah yang terdiri dari bahan-bahan anorganik atau organik yang lumayan kering yang cukup sulit untuk menyatu dengan mikroorganisme. Contoh dari limbah padat yang sulit membusuk ini yaitu : Tas kresek, logam, kaca, kertas dan lain-lain.
— 1.3. Limbah padat yang mudah terbakar
Pengertian limbah padat yang mudah terbakar merupakan jenis limbah yang mempunyai sifat/karakteristik yang mudah terbakar dan bisa mencakup limbah padat yang mudah membusuk ataupun tidak. Contoh dari limbah padat yang mudah terbakar ini yaitu : kulit buah yang sudah kering, kertas, tas kresek, sisa kain yang sudah lama dibiarkan dan lain-lain.
Baca juga :   Perbedaan air bersih dan air minum
[sc name=”Iklan display terbaik”]

Leave a Reply