Box Culvert

Perbedaan dan Persamaan U-Ditch, Buis Beton, dan Box Culvert

Posted on

Buis beton berfungsi sebagai media pembuangan saluran air kotor, material pembuatan sumur resapan, cakar ayam, septic tank, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kelebihan bata ringan

Ukuran

Ukuran bulatnya buis setengah bulat yaitu mulai dari 20 cm hingga 60 cm dengan panjang 1 meter. Sedangkan buis beton bulat mempunyai lingkar berukuran 20,30,40,50 dan 60Cm dengan Panjang 100cm. Untuk ukuran yang lebih besar, buis beton mempunyai ukuran lingkaran 80 dan 100 cm dan memiliki panjang yang lebih pendek, yaitu 50 cm.

Lain-lain

  • Sebagian orang mengenal buis beton dengan sebutan “gorong-gorong.” Ada pula yang meyebutnya sebagai “hong”.
  • Buis beton sendiri adalah saluran beton precast yang merupakan bahan bangunan untuk saluran air yang terbuat dari beton cetak.
  • Buis beton terbuat dari beberapa bahan material penyusun yaitu pasir, semen, air dan additif beton.
  • Buis beton mempunyai 2 tipe, yaitu heavy duty dan light duty. Buis beton tipe light duty hanya baik digunakan sebagai saluran air terbuka dan saluran air tertutup yang tidak dilalui kendaraan. Hal ini karena buis tidak menggunakan besi tulangan.
Buis Beton
Sumber: instagram @surya.kencanaputra

3. Box culvert

Bentuk

Box culvert berbentuk kotak (box) yang dilengkapi dengan spigot dan socket. Berdasar itu lah box culvert tidak bisa menyerap air hujan ke dalam tanah. Hal ini dikarenakan karakteristik dari box culvert yang kedap terhadap masuknya air hujan atau eksfiltrasi.

Fungsi

Sebagaimana Kamu ketahui, renovasi jembatan di jalan yang sibuk akan menggangu lalu lintas. Penggunaan box culvert akan mengurangi dampak gangguan lalu lintas yang ditimbulkan karena renovasi/pembangunan. Sehingga baik pengendara maupun proyek dapat tetap bertindak tanpa ada kendala.

Untuk kebutuhan bentang yang lebar, box culvert dapat dirancang secara multi cell. Fungsi lain dari box culvert adalah sebagai akses crossing under pass pada jalan raya/jalan tol.

Ukuran

Ukuran box culvert sangat bervariasi tergantung kebutuhan. Misalnya saja, untuk jembatan dengan bentang yang kecil ukuran mulai dari 0,4 x 0,4m sampai dengan 4-5m.

Lain-lain

  • Box culvert mampu membendung pergeseran tanah. Mengapa? Sebab bukan hanya sebagai saluran pembuangan air kotor di depan bangunan saja. Namun juga dapat diterapkan sebagai underpass, tunnel, subway, jembatan, gorong-gorong dan masih banyak lagi.
  • Pemasangan dimulai dengan membuat parit yang telah diratakan dengan bahan material granular supaya ketinggian layak dengan yang dipersyaratkan. Setelah itu meletakkan box yang dimulai dari tempat hilir dengan socket menghadap hulu untuk pemasangan box culvert selanjutnya. Pertemuan antar culvert harus dilapisi dengan lem dari bahan yang kedap air sesuai dengan prasyarat dari pabrik. Lem biasanya dapat memakai bahan dari elastomer atau aspal.
  • Karena terbuat dari material yang kokoh, box culvert mampu di lintasi kendaraan proyek
  • Box culvert biasa di temukan di proyek pembangunan gedung atau mall besar yang hanya digunakan di bagian yang akan menjadi lalu lalang kendaraan proyek.
Box Culvert
Sumber: instagram @valleycontracting

Persamaan U-ditch, Buis Beton, dan Box Culvert

Meski mempunyai sederet perbedaan, U-ditch, buis beton, dan box culvert nyatanya mempunyai beberapa persamaan, yaitu:

  • Masuk dalam kategori beton pracetak/precast
  • U-ditch, buis beton, dan box culvert merupakan produk beton untuk kebutuhan konstruksi yang diproduksi secara khusus menggunakan material beton dan cetakan press beton. Ukurannya pun telah ditentukan dan disesuaikan dengan kebutuhan proyek konstruksi. Sehingga dapat output yang dihasilkan adalah beton berkekuatan tinggi, durable, workability, dan sustainable.
  • Material konstruksi yang digunakan memiliki performa tinggi.
  • Material konstruksi yang digunakan mampu memberikan manfaat yang cukup signifikan dalam hal desain, kualitas, kekuatan, konstruksi, keselamatan dan
  • Secara umum U-ditch, buis beton, dan box culvert mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai saluran air atau drainase.

Baca juga: Jual Buis Beton

Solusi terbaik jika ingin mencari material U-ditch, buis beton, dan box culvert lebih baik dipastikan dahulu untuk kebutuhan apa. Jangan sampai salah dalam menggunakan material tersebut karena tentu saja akan memakan biaya yang cukup besar. Dan jika ingin mencari U-ditch, buis beton, dan box culvert di usahakan mencari pabrik dan tukang yang profesional agar tidak kecewa dengan produk yang dibeli. Pastikan kualitas produk tersebut karena harga dapat mengubah semuanya. Ingat, jangan tergiur harga murah.

Leave a Reply