Teknik Industri
Free-Photos from Pixabay

Prospek Kerja Teknik Industri

Posted on

Teknik industri sebagai salah satu disiplin ilmu di bidang teknik, mempunyai cakupan ilmu yang sangat luas mulai dari mempelajari matematika, fisika, sistem manufaktur, manajemen industri hingga sistem industri. Dengan cakupan ilmu yang luas tersebut, teknik industri punya peluang mencetak lulusannya dengan pilihan prospek kerja yang cukup banyak. Penasaran apa saja prospek kerja yang cocok bagi lulusan teknik industri? Simak yuk penjelasannya di bawah ini.

Prospek Kerja Teknik Industri Sebagai Insinyur

Adakah diantara kamu lulusan teknik industri yang bercita-cita menjadi seorang insinyur atau engineer? Nah, berikut ini ada beberapa pilihan proofesi insinyur yang cocok untuk para lulusan teknik industri mulai dari quality engineer hingga production engineer.

Quality Engineer

Quality engineer mempunyai tugas untuk dokumentasi, menguji kualitas, dan memastikan setiap kualitas dari produk-produk yang diproduksi oleh suatu industri. Apabila operasional manufakturnya tergolong cukup besar, maka quality engineer juga dituntut untuk mempunyai keahlian yang lebih spesifik seperti quality control, quality design, quality assurance, dan lainnya.

Facility Engineer

Facility engineer sebagai salah satu pekerjaan di bidang industri, bertugas untuk mengatur fasilitas dan peralatan gudang mulai dari merencanakan hingga melakukan pemeliharaan. Lebih lanjut, para facility engineer akan menganalisis operasional, mengalokasikan sumber daya, dan menerapkan berbagai perbaikan berhubungan dengan fasilitas operasional industri.

Production Engineer

Tugas dari production engineer dapat dikatakan tidak mudah karena harus bertanggung jawab dalam merancang mengenai suatu produk secara aman dan efisien. Para production engineer juga mempunyai tugas untuk melakukan pengawasan produksi, menyusun protokol keselamatan, hingga meningkatkan efisiensi produksi untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Pentingnya Sertifikasi untuk Para Insinyur

Melihat pekerjaan insinyur khususnya di bidang teknik industri di atas, bisa dikatakan jika job desk yang dibebankan tidaklah mudah. Untuk itu, butuh insinyur dengan keahlian khusus dan berkompetensi di bidangnya. Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para insinyur dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi mereka adalah dengan mengikuti sertifikasi khusus insinyur.

Baca juga :   Stress saat bekerja? Lakukanlah hal berikut !!

Sertifikasi insinyur dinilai menjadi hal yang harus dilakukan oleh para insinyur sebagai syarat wajib untuk bekerja di bidang konstruksi dan industri. Untuk bisa melakukan sertifikasi insinyur, kamu dapat mengakses diklatkerja.com yang mana sudah berpengalaman sebagai online training di bidang sertifikasi bagi para pekerja di bidang teknik, konstruksi, dan keinsinyuran.

Pelatihan dengan basis e-learning yang ditawarkan memberikan kemudahan bagi peserta karena mampu mengakses kapan saja dan dimana saja. Sehingga, akan jauh lebih menghemat biaya dan memberikan fleksibilitas sendiri selama masa pelatihan. Pelatihan yang ditawarkan oleh diklatkerja.com juga sudah banyak digunakan bukan hanya oleh fresh graduate saja, melainkan juga beberapa tokoh pendidik di bidang teknik industri seperti berikut.

Topik-topik pelatihan yang diselenggarakan diklatkerja dan BKTI PII sangat menarik dan mendukung perkembangan keilmuan Teknik Industri. Pembicaranya juga para pakar yang sudah berpengalaman di Industri manufaktur dan saja. Sangat direkomendasikan untuk diikuti dosen, mahasiswa, dan praktisi.”

—Dr. Rina Fitriana, ST, MM, IPM – Dosen Universitas Trisakti.

Leave a Reply