Sales Counter adalah: Pahami Pengertian hingga Gaji secara Lengkap

Posted on

Semua data penjualan yang ada, mulai dari jenis, harga, hingga jumlah produk yang terjual dimasukkan ke dalam dokumen secara rapi. Jangan mencoba memasulkan data, karena perusahaan akan tahu kinerja akhir dari pegawainya.

4. Tetap Menjaga Hubungan baik terhadap Konsumen

Hubungan antara sales counter dengan konsumen cukup dekat, sehingga pelayana dan kualitas menentukan hasil, dan itu adalah tugas berat dari profesi tersebut. Seorang sales counter juga wajib mempertahankan hubungan agar konsumen menjadi pelanggan.

Selain itu, sales counter mencari sekaligus mempersiapkan prospek baru bagi konsumen. Tugas ini cukup sulit dilakukan bagi seseorang yang tidak kreatif dan mencari peluang. Tugas pada akhirnya berputar di cara memuaskan konsumen.

5. Menarik Pengunjung jadi Pembeli

Menarik pengunjung jadi pembeli merupakan hal yang penting bagi seorang sales counter. Dalam beberapa tes kerja dari perusahaan akan memberikan tes terkait dengan hal ini. Sales counter adalah harapan bagi perusahaan agar mendapatkan closing rate yang baik kesehariannya.

Contoh, seorang sales counter dealer mobil, dituntut memiliki performa yang baik agar closing rate yang didapat banyak melalui pnawaran yang dilakukan kepada konsumen. Mulai dari promosi hingga pelayanan info secara lengkap juga membantu.

Klasifikasi Pekerjaan Sales Counter

Klasifikasi pekerjaan sales counter adalah ditentukan oleh perusahaan, dan perusahaan memiliki kebijakan masing-masing. Jika sudah masuk kualifikasi di bawah ini, maka bisa dicoba untuk mendaftar, diantaranya:

  1. Laki-laki atau perempuan
  2. Usia maksimal 30 tahun, minimal usia tergantung dari perusahaan penyedia
  3. Berpenampilan rapi dan sopan
  4. Bisa pernah atau belum pernah berpengalaman menjadi sales
  5. Sifat lebih energik, supel, bisa berkomunikasi, dan ada skill marketingnya
  6. Mampu bekerja dalam target dan tekanan
  7. Bisa bekerja dalam tim maupun individu
  8. Mempunyai disiplin kerja dan attitude yang baik
  9. Sehat jasmani dan rohani beserta bebas dari penyalahgunaan obat-obatan maupun tidak pernah dipenjara (dipidana)
Baca juga :   Kitchen adalah: Pengertian, Fungsi, Jabatan, dan Macam-macam Dapur

Untuk gaji sales conter lebih ke kebijakan masing-masing dari perusahaan, tetapi setidaknya jadi patokan, gaji yang didapat minimal kisaran 2 juta sampai 5 juta, bahkan ada yang lebih dari iru. UMK dan UMR mempengaruhi.

Gaji diatas, merupakan gaji bersih dari seorang pegawai sales counter, belum dihitung tunjangan wajib kalau ada dari perusahaan, berupa BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Terdapat intensif penjualan jug ajika ada. Jika mencapai target maka bisa mendapatkan gaji lebih banyak.

Perbedaan Sales Executive dan Sales Counter

Perbedaan sales executive dan sales counter lebih ke jenis pekerjaannya, sehingga dari pengertian, tugas, maupun tanggung jawab juga berbeda. Berikut penjelasannya:

1. Profesi Sales Executive

Sales executive merupakan sebuah profesi dalam tim penjualan yang mana membantu perusahaan dalam menjual produk dan memenuhi target pasar. Tugasnya lebih rumit dari sales counter, karena cakupan dan posisi diemban cukup banyak, dan tinggi.

Sales executive dianggap sebagai ujung tombak dari perusahaan apalagi mencari keuntungan yang maksimal. Menghasilkan prospek penjualan yang baik adalah salah satu kunci pekerjaan ini berhasil. Mempersiapkan dokumn penting terkait dengan penjualan juga sangat vital.

2. Sebagai Promotor Perusahaan terkait dengan Produk

Membuat acara atau menghadiri pameran terkait dengan produk yang dijual, paling umum di dunia perdagangan. Karena tugsanya yang lebih dominan, maka gaji yang didapat banyak atau sesuai berdaarkan udaha yang ada.

Perbedaan kedua pekerjaan ini terlihat jelas dimana sales counter lebih terfokus ke penjualan di toko atau dalam lingkup kecil, sedangkan sales executive lebih ke mobilitas konsumen dalam skala besar dan luas, tidak lupa juga menjalin kerja sama dengan klien.

Kemampuan yang Harus Dicapai Sales Counter

Berikut adalah kemampuan-kemampuan yang perlu dicapai oleh sales counter, diantaranya:

Baca juga :   Chef de Partie adalah: Pengertian, Tugas, hingga Gajinya

1. Bisa Mencapai Target

Pekerjaan satu ini, dituntut bisa mencapai target penjualan dan harus memiliki orientasi dalam hasil penjualan. Untuk mencapainya, seorang sales counter harus punya strategi dalam menggaet konsumen, dan harus paham, menguasasi secara penuh akan produk apa yang dijual.

2. Memiliki Komunikasi yang Baik

Seorang sales counter harus memiliki kemampuan yang baik dalam menawarkan produk. Bisa mempresentasikan produk juga menjadi nilai plus. Disini, sales counter harus bisa menjelaskan produk secara spesifik. Komunikasi yang baik membuat konsumen jadi tertarik untuk mencoba produknya.

3. Memiliki Teknik Closing Sales

Skill ini penting, memingat Closing sales adalah akhir perjuangan dari sales sounter, lebih ke hasil. Tahap ini memastikan para konsumen jadi pembeli atau tidak. Jadi teknik yang tepat perlu dilakukan agar berhasil jadi pembeli.

5. Paham akan Grooming

Berpenampilan menarik dan merias diri diperlukan dalam pekerjaan ini, karena lebih ke menggaet para konsumen. Dengan konsumen tertarik dan yakin akan penampilan, bisa saja membuat pembeli datang, tanpa melakukan proses usaha lebih lanjut.

6. Memiliki Sifat-sifat Tertentu

Seorang sales counter diharuskan memiliki sifat-sifat tertentu, dan ini yang paling menunjang utama dalam menggaet konsumen, diantaranya mudah bergaul (supel), memiliki semangat dalam bekerja, memiliki sifat profesional, rasa percaya diri yang tinggi, dan pintar.

7. Memiliki Sikap yang Baik

Attitude yang baik memunculkan konsumen yang respek akan usaha penawaran seorang sales counter. Selain itu, akan mendapatkan konsumen yang baik pula. Jujur, adalah salah satu kunci dalam menggaet konsumen dimana ada konsumen yang pintar dalam memilih barang sehingga kita perlu jujur.

8. Memiliki Interaksi Baik dengan Konsumen

Saat proses penjualan berlangsung, maka seorang sales counter harus bisa melakukan interaksi yang baik dengan konsumen. Percakapan yang berlangsung setidaknya mencakup inti-inti tujuan penjualan. Jangan bertele-tele agar waktu singkat dan tepat sasaran.

Baca juga :   5 Usaha yang menguntungkan dengan modal kecil

Itulah penjelasan mengenai sales counter, mulai dari pengertian, tugas-tugas, klasifikasi kerja, perbedaan dengan sales lain, dan kemampuan yang harus dimiliki dalam profesi ini. Jadi, sales counter adalah salah satu pekerjaan yang cukup baik dalam hal gaji.

Leave a Reply