Tiga Jenis Infografis

Tiga Jenis Infografis

Posted on

Infografis animasi biasa ditampilkan di media audio visual seperti televisi ataupun YouTube. Untuk membuat infografis animasi, kamu bisa menggunakan aplikasi online gratis seperti Visme atau Visual.ly. Kamu bisa melihat contoh infografis animasi di channel YouTube ‘Kok Bisa?

  1. Infografis Interaktif

Infografis interaktif melibatkan partisipasi penggunanya dalam mengakses informasi. Infografis jenis ini merupakan user based oriented, di mana penggunanya lah yang menentukan informasi apa yang akan ia konsumsi dengan cara meng-klik bagian-bagian tertentu pada infografis interaktif. Jenis infografis ini hanya ada dalam bentuk website.

Untuk membuat infografis interaktif, kamu tidak hanya membutuhkan desain illustrator melainkan juga membutuhkan peran programmer atau developer untuk memaksimalkan sistem yang tersedia. Contoh infografis interaktif adalah Visual Interaktif Kompas.

Secara keseluruhan, untuk membuat suatu infografis yang menarik baik itu jenis infografis statis, animasi, maupun interaktif, dibutuhkan kemampuan untuk analisis informasi, desain ilustrasi, dan kemampuan bercerita. Kemampuan analisis informasi diperlukan untuk dapat menyederhanakan informasi yang kompleks. Sedangkan, kemampuan desain ilustrasi diperlukan untuk memvisualisasikan data agar menjadi lebih menarik. Terakhir, kemampuan bercerita diperlukan untuk menyusun penjelasan secara runtut agar serangkaian data dalam infografis dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.

Leave a Reply