Sumber; Pexels dari Pixabay)

Alasan Kenapa Gerakan Membaca Harus Terus Ada

Posted on

Kegiatan membaca buku merupakan kegiatan dengan segudang manfaat. Namun, banyak yang masih tak suka dengan membaca karena merasa aktivitas ini tak menyenangkan. Padahal, bisa jadi anggapan itu muncul karena banyak orang yang belum menemukan buku yang menyenangkan dan cocok bagi mereka.

Selain itu, kesadaran yang rendah akan pentingnya membaca buku juga bisa jadi alasan rendahnya minat baca. Untuk menanggulangi supaya minat baca masyarakat Indonesia bisa meningkat, perlu dilakukan yang namanya gerakan membaca buku.

Kegiatan atau kampanye ini sendiri telah banyak digagas oleh berbagai kalangan dan nampaknya harus terus dilakukan untuk mendapat manfaat yang nyata. Untuk itu, yuk simak ulasan mengenai kenapa gerakan membaca buku tetap harus dilakukan berikut.

Menumbuhkan Minat Baca yang Rendah

Tujuan utama dari banyakanya gerakan baca buku adalah tentu karena rendahnya minat baca buku di kalangan masyarakat Indonesia. Dapat dilihat di berbagai lini, entah itu di tingkat sekolah, perguruan tinggi, maupun di lingkungan masyarakat pada umumnya, membaca buku nampaknya masih menjadi aktivitas yang cukup asing. Hanya segelintir orang yang menjadikan kegiatan baca buku sebagai kegiatan yang dilakukan secara rutin.

Dengan adanya gerakan membaca yang dikampanyekan oleh berbagai kalangan, tentu diharapkan sedikit demi sedikit masyarakat mulai tersadarkan akan pentingnya membaca buku. Ketika masyarakat mulai sadar dengan hal tersebut, maka dengan sendirinya minat baca masyarakan akan meningkat.

Memperluas Akses Buku

Salah satu hal yang menjadikan tingkat baca rendah adalah kurangnya akses untuk mendapatkan buku. Ini sering terjadi di berbagai wilayah pedalaman maupun daerah terpencil. Seringkali untuk mendapatkan buku, orang-orang yang tinggal di pedalaman harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Belum lagi, di masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah, mereka akan kesulitan pula untuk menyisihkan uang mereka demi membeli buku.

Oleh karenanya, gerakan membaca buku yang diselenggarakan hingga pelosok atau daerah terpencil di Indonesia, akan membantu masyarakat mendapatkan akses terhadap buku lebih luas. Apalagi, ditambah dengan gerakan menyediakan perpustakaan di daerah terpencil pastinya juga jadi langkah yang bagus untuk meningkatkan kesadaran masyarakan akan baca buku.

Mencerdaskan Masyarakat Luas

Semua orang yang telah merasakan manfaat dari kegiatan membaca buku pasti akan setuju kalau membaca mampu meningkatkan kecerdasan dan kualitas diri. Nah, dengan adanya gerakan membaca buku yang dilakukan secara luas, tentu ini akan menjadi langkah yang baik untuk turut mencerdaskan masyarakat luas.

Demi tujuan yang begitu besar ini, maka gerakan membaca buku tak bisa dilakukan hanya dengan sekali saja. Tetapi, juga harus dijalankan secara rutin dan dengan keikutsertaan yang aktif oleh masyarakat. Apabila kedua hal tersebut bisa berjalan beriringan, akan sangat mungkin kalau tujuan ini akan benar-benar tercapai dan masyarakat dapat merasakan manfaat yang nyata.

Mengajak Pada Perubahan

Perubahan dapat terjadi jika ada tindakan untuk mengubah suatu keadaan. Dalam hal rendahnya tingkat baca buku di Indonesia, bisa dikatakan kalau gerakan membaca buku dapat menjadi satu langkah perubahan. Meskipun hasil yang didapatkan tidak akan langsung dalam perubahan yang besar, akan tetapi setidaknya ada upaya yang nyata untuk melawan rendahnya minat baca di Indonesia ini.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca jangan lupa Moms jg bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget,Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation

Well, itu tadi beberapa alasan kenapa gerakan membaca buku harus terus ada, bahkan harus menyentuh daerah terpencil. Gerakan seperti ini sudah sepatutnya mendapat dukungan dari berbagai kalangan supaya tujuannya bisa cepat tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *