Cara membuat statistik blog dengan histats !!

Cara membuat statistik blog dengan histats !!

Cara membuat statistik blog dengan histats mungkin akan menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi blogger pemula yang ingin melihat dan mengamati jumlah kunjungan blog. Pada beberapa platform populer seperti wordpress.org dan blogger.com terdapat beberapa cara sederhana untuk menampilkan jumlah kunjungan yang mengalir di blog anda seperti : menginstall plugin (khusus wordpress.org) dan menambahkan widget (khusus blogger.com). Cara ini lumayan mudah tapi kadang plugin statistik pada wordpress akan memberatkan kinerja blog anda. disisi lain, widget statistik pada blogger.com terasa kurang lengkap sehingga penyajian data yang ditampilkan terasa kurang informatif.

Saat ini, terdapat 2 alat pencatat statistik terbaik di dunia blogging/website. 2 alat tersebut adalah : google analytics dan Histats. Dan pada topik kali ini saya akan membahas mengenai alat Histats yang biasanya menjadi andalan para blogger pemula dalam melihat dan mengamati statistik blognya. Untuk cara membuatnya anda dapat mengikuti panduan dibawah ini :

Cara membuat statistik blog dengan histats

1. Pergi ke situs https://www.histats.com/

2. Setelah itu, buatlah akun histats pada petunjuk gambar dibawah ini dengan label nomor 1 dan 2. Dan apabila anda telah berhasil membuat akun histats, maka masuklah ke akun sesuai dengan petunjuk label nomor 3.

Cara membuat statistik blog dengan histats

3. Kemudian pilih “add a website”

Cara membuat statistik blog dengan histats

4. Setelah itu, isilah formulir alat pembuatan statistik sesuai dengan petunjuk gambar dibawah ini.

Cara membuat statistik blog dengan histats

Keterangan :

  • Site url, yaitu alamat situs blog anda
  • Bahasa, sesuai dengan bahasa negara yang anda tempati dan kategori, sesuai dengan niche blog anda.
  • Country, negara yang anda tempati dan timezone, akan menyesuaikan dengan country
  • Judul, isi dengan judul situs blog anda
  • Description, isi dengan deskripsi situs blog anda
  • Stats visibility, Dengan pilihan ini anda dapat menentukan apakah orang lain dapat melihat informasi statistik blog anda atau tidak.
  • Setelah itu, selesaikan pembuatan alat statistik dari Histats dengan mengkonfirmasi “captha” pada “copy captha code”
  • Setelah itu klik “lanjutkan”
Baca juga :   Ingin menjadi Blogger? Tentukan Tujuannya !!

5. Setelah berhasil, akan tampil kembali Panel kendali saat pertama kali anda login di akun histats. Klik “Modify website data” yang dilambangkan dengan “icon kunci inggris” yang terletak disebelah kanan alat statistik yang baru anda buat.

6. Cari dan klik tulisan “Counter CODE” yang berada di sebelah kanan atas

7. Setelah itu klik “add new counter” yang berada pada bilah kiri dibawah kata Penghitung

8. Kemudian pilih jumlah baris informasi menyangkut statistik blog seperti pada kotak merah dibawah dan anda dapat memilih berbagai model yang telah disediakan, maka klik model yang anda suka.

Cara membuat statistik blog dengan histats

9. Langkah selanjutnya adalah memasuki pengaturan yang lebih spesifik, dimana anda lebih leluasa mengatur apa saja yang ingin anda tampilkan di profil alat statistik yang akan anda tempatkan pada blog anda seperti yang di tujukan pada gambar label no. 1 dibawah dan tampilan yang anda atur akan diperlihatkan seperti pada gambar label no. 2. Setelah itu klik “simpan”

10. Mendekati selesai, akan tampil pada layar monitor seperti gambar dibawah ini. Maka klik “counter id” aplikasi dan copy kode yang ditampilkan pada kotak berwarna merah dibawah.

Cara membuat statistik blog dengan histats

11. Terakhir, tempel kode yang di copy tadi untuk di tempatkan pada blog anda dengan 2 kondisi berikut :

  1. Jika anda pengguna platform blogger.com, ikuti alur petunjuk berikut : Buka tata letak >> Tambahkan gadget >> pilih HTML/JavaScript >> lalu tempel kode yang anda copy tadi disitu.
  2. Tetapi, jika anda pengguna CMS wordpress.org, ikuti alur petunjuk berikut : Pilih tampilan >> sesuaikan >> Cari dan klik widget disamping kiri >> pilih penempatan widget seperti pada : Header, sidebar atau footer >> Kemudian klik “Tambahkan widget” >> Cari dan pilih “HTML khusus” >> lalu tempel kode yang anda copy tadi disitu.
Baca juga :   2 Cara agar tulisan blog rata kanan dan kiri

12. Selamat… anda telah berhasil mempraktekan panduan dari Cara membuat statistik blog dengan histats dan sekarang blog anda sudah memiliki tampilan alat statistik yang lengkap untuk dilihat dan di amati.

Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020