Cara membuat tombol subscribe di blog dengan mudah !!

Cara membuat tombol subscribe di blog dengan mudah !!

Mendapat pengunjung tetap adalah sebuah kebanggaan oleh setiap blogger/webmaster, dan ini hanya bisa di dapatkan ketika pengunjung blog ingin mengikuti blog anda atau biasanya dikenal dengan istilah “subscribe”. Di zaman sekarang, sudah banyak plugin atau aplikasi web yang dapat dijadikan fitur unggulan untuk membuat tombol subscribe di blog atau di website anda, Cara membuat tombol subscribe di blog tergolong lebih ampuh mendatangkan pengunjung tetap dibandingkan E-mail Newsletter.

Jika pada E-mail Newsletter mengharuskan pengunjung blog harus membuka email mereka untuk mendapatkan notifikasi tentang adanya konten blog terbaru dari blog anda, Plugin / aplikasi web pembuat tombol subscribe akan memberikan notifikasi kepada pengunjung tanpa harus membuka E-mail lagi. Ketika perangkat pengunjung telah terhubung dengan internet, maka secara otomatis notifikasi akan muncul di layar perangkat mereka. Cara membuat tombol subscribe di blog pada panduan kali ini terbagi atas 2 versi yaitu :

  1. Cara membuat tombol subscribe di blogger.com
  2. Cara membuat tombol subscribe di wordpress
Catatan :
Panduan ini memerlukan akses akun OneSignal Push, melalui situs : https://onesignal.com/. Jadi, sebelum anda memulai panduan ini, pastikan anda telah membuat aku disitus https://onesignal.com/ terlebih dahulu.
1. Cara membuat tombol subscribe di blogger.com

— 1.1. Login ke akun OneSignal Push

— 1.2. Setelah itu pilih New app/website

— 1.3. Kemudian beri nama aplikasi >> pilih platform >> dan pilih Next ketika sudah selesai

Cara membuat tombol subscribe di blog

— 1.4. Atur konfigurasi platform seperti dibawah

— 1.5. Tulislah nama aplikasi, situs blog, dan label seperti yang ditujukan pada nomor secara berurut 1,2 dan 3. Setelah itu, ganti nilai default pada nomor 5 melalui tombol “add a prompt” seperti yang ditujukan pada nomor 4 gambar dibawah.

Cara membuat tombol subscribe di blog

Penting !!

  1. Site url harus disertai dengan protokol seperti : http:// atau https://
  2. Jika penamaan label selalu mengalami kegagalan, gunakan kata terakhir secara berurutan sebelum .blogspot.com.
  3. Seiring berjalannya waktu, jangan pernah mengubah nama label jika anda telah memiliki subscriber karena hal ini dapat membuat pengunjung mendapatkan notifikasi rangkap/beruntun.
  4. Ketika subscriber anda sudah mencapai 100++, pengaturan ini akan secara otomatis di nonaktifkan dan anda harus memulai kembali aplikasi yang baru dengan menggunakan label yang berbeda dari aplikasi subscribe yang telah anda buat.
Catatan :

Baca juga :   Mengubah Mindset (Pola Pikir) dalam Membuat Blog

Setelah mengklik tombol “add a prompt”, akan muncul kotak dialog yang memungkinkan anda memilih cara fitur subscribe akan ditampilkan di blog anda. Anda dapat mengaturnya sesuai dengan keinginan anda pada saat kotak dialog “add a prompt” sudah ditampilkan. Pada contoh kali ini saya mencoba membuat fitur subscribe timbul dengan icon bell.

Cara membuat tombol subscribe di blog

Keterangan :

  1. Pilihan bagaimana cara fitur subscribe tampil di blog
  2. Setting fitur subscribe
  3. preview atau contoh tampilan jika di tampilkan di website anda
  4. Menyimpan fitur subscribe yang telah dibuat

— 1.6. Setelah itu, anda bisa mengedit pengaturan form bagian 4 yang dimana menjadikan preview ketika orang telah subscribe blog anda.

Cara membuat tombol subscribe di blog

Keterangan :

  1. Judul notifikasi setelah berlangganan
  2. Deskripsi notifikasi setelah berlangganan
  3. Tampilan layar perangkan
  4. Mencoba menampilkan ke beberapa jenis perangkat

— 1.7. Kemudian klik save..

Cara membuat tombol subscribe di blog

— 1.8. Setelah itu, anda akan menuju ke tahapan akhir dimana anda akan mendapatkan kode javascript. klik “copy code” >> klik “go to my website” >> copy kode javascript tersebut setelah tag <head> pada tema blog anda >> simpan perubahan tema blog anda >> terakhir klik “finish” seperti yang ditujukan pada nomor 3 gambar di bawah.

Cara membuat tombol subscribe di blog

— 1.9. Selamat… sekarang fitur subscribe pada blog anda telah berhasil dipasang, dan anda berpeluang mendapatkan pengunjung tetap untuk selalu melihat konten post terbaru anda.

2. Cara membuat tombol subscribe di wordpress

—- 2.1. Ikuti langkah 1.2. dan 1.3.

— 2.2. Pilih “Typical site”.

— 2.3. Ikuti panduan 1.5. sampai 1.7.

Catatan :

Walaupun langkah-lagkah pada pembuatan tombol subscribe di platform blogger.com hampir memiliki kesamaan dengan pembuatan tombol subscribe di wordpress, terdapat perbedaan yang dimana anda tidak perlu menentukan nama label seperti pada petunjuk 1.5. di dalam gambar dengan kode nomor 3. dan anda dapat mengabaikan hal-hal penting mengenai label yang telah dijelaskan pada langkah tersebut.

Baca juga :   Perbedaan blogspot dan wordpress paling lengkap !!

— 2.4. Setelah itu, anda akan mendapatkan arahan untuk mendownlod file dan menyalin script untuk di tempatkan di bagian header blog wordpress anda.

Cara membuat tombol subscribe di blog

Petunjuk :

  1. Download file seperti yang ditujukan pada nomor 1 gambar di atas
  2. Setelah mendownloadnya, upload file tersebut ke root domain anda melalui directory : file manager >> public_html
  3. Setelah file tersebut sudah di upload di root domain anda, selanjutnya klik “copy code” seperti yang ditujukan pada no 2 gambar diatas lalu salinlah tepat di antara tag <head> …… kode disini …… </head> dan jangan lupa untuk menyimpan perubahan. Jika anda merasa khawatir untuk mengedit koding melalui “penyunting tema”, gunakanlah plugin Insert headers and footers.
  4. Setelah kedua langkah terpenuhi, klik finish. Maka secara otomatis blog anda yang menggunakan CMS wordpress akan memiliki tombol subscribe. Contoh dari situs perpusteknik.com adalah icon bel yang berwarna kuning di sudut kiri bawah (jika anda menggunakan tampilan versi non-AMP)
Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020