Sumber; Pexels dari Pixabay)

Alasan Kenapa Gerakan Membaca Harus Terus Ada

Posted on

Kegiatan membaca buku merupakan kegiatan dengan segudang manfaat. Namun, banyak yang masih tak suka dengan membaca karena merasa aktivitas ini tak menyenangkan. Padahal, bisa jadi anggapan itu muncul karena banyak orang yang belum menemukan buku yang menyenangkan dan cocok bagi mereka.

Selain itu, kesadaran yang rendah akan pentingnya membaca buku juga bisa jadi alasan rendahnya minat baca. Untuk menanggulangi supaya minat baca masyarakat Indonesia bisa meningkat, perlu dilakukan yang namanya gerakan membaca buku.

Kegiatan atau kampanye ini sendiri telah banyak digagas oleh berbagai kalangan dan nampaknya harus terus dilakukan untuk mendapat manfaat yang nyata. Untuk itu, yuk simak ulasan mengenai kenapa gerakan membaca buku tetap harus dilakukan berikut.

Menumbuhkan Minat Baca yang Rendah

Tujuan utama dari banyakanya gerakan baca buku adalah tentu karena rendahnya minat baca buku di kalangan masyarakat Indonesia. Dapat dilihat di berbagai lini, entah itu di tingkat sekolah, perguruan tinggi, maupun di lingkungan masyarakat pada umumnya, membaca buku nampaknya masih menjadi aktivitas yang cukup asing. Hanya segelintir orang yang menjadikan kegiatan baca buku sebagai kegiatan yang dilakukan secara rutin.

Dengan adanya gerakan membaca yang dikampanyekan oleh berbagai kalangan, tentu diharapkan sedikit demi sedikit masyarakat mulai tersadarkan akan pentingnya membaca buku. Ketika masyarakat mulai sadar dengan hal tersebut, maka dengan sendirinya minat baca masyarakan akan meningkat.

Memperluas Akses Buku

Salah satu hal yang menjadikan tingkat baca rendah adalah kurangnya akses untuk mendapatkan buku. Ini sering terjadi di berbagai wilayah pedalaman maupun daerah terpencil. Seringkali untuk mendapatkan buku, orang-orang yang tinggal di pedalaman harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Belum lagi, di masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah, mereka akan kesulitan pula untuk menyisihkan uang mereka demi membeli buku.

Leave a Reply