PENTINGNYA AKUNTANSI DALAM BERBISNIS

Pentingnya Akuntansi dalam Berbisnis

Posted on

Akuntansi biasa disebut sebagai “the language of business” atau bahasa bisnis. Mengapa? Karena proses akuntansi merupakan bagaimana cara perusahaan lain menilai baik atau buruknya perusahaan tersebut. akuntansi mempunyai keuntungan dari banyak segi. Akuntansi secara garis besar, bertugas untuk mencatat transaksi yang perusahaan lakukan dan menyatukannya ke dalam laporan. Dari angka ang tertera di laporan itulah, bisa dilihat keuntungan atau kerugian yang tengah dialami perusahaan.

Ruang lingkup akuntansi dalam bisnis

Kelebihan akuntansi adalah dapat memberikan informasi yang objektif, karena data yang dimasukkan berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi dan laporan yang ada. Selain itu, hasil pembukuan lewat proses akuntansi juga dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan oleh pihak perusahaan. Sehingga, sulit untuk memalsukan hasil pembukuan yang ada. Berikut ruang lingkup yang bisa diatur dalam akuntansi

  • Akuntansi Manajemen

Akuntansi ini memegang peran penting dalam membantu para manajer untuk menuangkan tanggungjawab yang sudah mereka lakukan. Laporan yang dibuat akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing manajer agar laporan yang dituliskan relevan, akurat dan berguna. Dalam mempersiapkan, menganalisa dan menyampaikan informasi, akuntan bekerja dengan orang-orang yang terkait dengan bidang yang diatur seperti perwakilan dari Operasional, perwakilan dari pemasaran, dan lain lain.

  • Akuntansi Finansial

Akuntansi jenis ini menyempurnakan informasi kepada orang-orang didalam dan diluar perusahaan dalam menilai kemampuan finansial perusahaan tersebut. laporan finansial yang dibuat akan memuat pemasukan, balance sheet dan cash flow perusahaan tersebut. dari sini, kita bisa melihat keadaan finansial perusahaan tersebut.

Leave a Reply