Google Adwords

Belajar Google Adwords

Posted on

Siapa dari kalian yang tidak mengenal Google pada masa ini? tentu nyaris tidak ada, karena hampir keseluruhan kegiatan berselancar kita di internet diawali dari jasa mesin pencari ini menemukan yang kita inginkan. Mulai dari mencari informasi, bertukar pesan, hingga kegiatan jual beli pun kita lakukan di internet. Namun, bagaimana agar barang dagangan kita bisa ditemukan orang banyak lewat Google? Maka dari itu, Google Adwords diciptakan untuk kalan yang ingin memfokuskan bisnis kalian lewat dunia maya. Untuk kalian yang masih pemula, mari kita belajar Google Adwords dari dasar.

Membuat kampanye di Google Adwords

Salah satu fitur yang diandalkan oleh Google Adwords adalah membuat kampanye untuk bisnismu. Bagaimana cara mengoperasikannya? Berikut tahapannya

  1. Memilih setelan kampanye

Disini, kamu bisa menentukan dasar kampanye yang akan kamu jalankan. Ada banyak jenis kampanye yang ditawarkan di Google mulai dari Search Network dengan pilihan Display, search network saja, display network saja, shopping, video, dan kampanye aplikasi universal. Untuk panduan kali ini, kita akan memilih search network saja sebagai bagian paling dasar dan paling mudah dipelajari.

  1. Menentukan strategi bidding

Setelah kampanye ditentukan, kamu akan memilih bagaimana menetapkan tawaran untuk iklan yang kamu tayangkan. Yang akan disarankan oleh Google adalah pilihan “memaksimalkan klik” dan Adwords yang akan menetapkan tawaran untuk iklan kamu sesuai dengan anggaran yang kamu ajukan.

  1. Memilih ekstensi iklan

Banyak pilihan yang diberikan dalam ekstensi iklan ini, kamu bisa memilih lebih dari satu, sesuai kebutuhan bisnismu.

  • Lokasi, memberikan informasi lokasi toko fisik usahamu
  • Sitelinks, memberikan tautan ke laman situs tertentu di situsmu
  • Telepon, memberikan nomor telepon usahamu
  • Aplikasi, memberikan tautan unduhan jika kamu memiliki aplikasi seluler
  • Ulasan, kutipan orang-orang terkait situsmu
  • Keterangan, memberikan teks deskriptif tambahan
  1. Menentukan penampilan iklan
Baca juga :   6 Cara Menggunakan Media Sosial dalam Memasarkan Produk Kamu

Disini, kamu akan mengisi penampilan iklan yang akan tayang di situs-situs. Kamu akan menentukan judul iklan, judul kedua iklan, situs yang ditautkan, dan keterangan situsmu. Selain itu, iklanmu akan dilengkap kata kunci yang terkait pada iklanmu. Jika sudah, kamu akan diarahkan ke sistem pembayaran.

Leave a Reply