Cara menyalin gambar di autocad dengan Perintah Copyclip

Cara menyalin gambar di autocad dengan Perintah Copyclip

Cara menyalin gambar di autocad dengan Perintah Copyclip – Berbeda dengan perintah copy, perintah copyclip di gunakan untuk melakukan penyalinan objek gambar ke clipboard. Ini sangat berfungsi apabila kita akan menyalin gambar ke softwere lain contohnya pada MS-Exel. Ringkasnya perhatikan gambar di bawah ini untuk memahami bagaimana perintah ini berfungsi dengan baik .

Cara menyalin gambar di autocad untuk ms-exel

1. Ketik : copyclip di keyboard

Cara menyalin gambar di autocad

2. Tekan spasi

3. Seleksi objek yang ingin di copy ke clipboard

Cara menyalin gambar di autocad

4. Buka software lain contoh disini, misalnya anda ingin menyalin sebuah gambar di software MS-exel untuk keperluan perhitungan RAB (Rencana Anggaran Biaya).

5. Setelah MS-exel di buka maka tekan CTRL+V. tetapi ada masalah disini yaitu area copyclip-nya terlalu panjang di bagian kiri dan kanan, maka anda perlu memotong objek tersebut dengan mengklik kanan pada objek tersebut kemudian >> klik kiri Format object.

Cara menyalin gambar di autocad

6. Klik tab Picture >> ganti nilai left & right pada bagian Crop from, contoh di tutorial ini adalah 15 cm dan 5 cm.

Cara menyalin gambar di autocad

7. Kemudian bealihlah ke tab Colors and lines ; a. untuk fill pada color pilih “No Fill” ; b. untuk line bagian color pilih “No Line” >> kemudian klik “ok”, Maka tampilan salinan anda kini terlihat bersih dan rapi.

Cara menyalin gambar di autocad
Catatan Penting !! Saat anda melakukan copyclip maka pastikan pandangan gambar di layar autocad terletak secara proposional karena ini akan mempengaruhi setiap anda melakukan “paste” objek di software lain contohnya MS-Exel. Anda dapat meninjau beberapa gambar di bawah untuk melihat bagaimana copyclip ini menyesuaikan pandangan layar.
Cara menyalin gambar di autocad

Gambar di atas menunjukan bahwa saya melakukan copyclip berdasarkan pandangan layar autocad dan ini akan mempengaruhi pada saat anda ingin menyalin pada antarmuka software lain seperti Ms-Exel, maka hasil dari tindakan gambar di atas dapat anda lihat pada gambar di bawah ini

Cara menyalin gambar di autocad

Anda melihat gambar di atas merupakan bukti bahwa saat anda melakukan copyclip pada gambar di layar autocad maka preposisi pandangannya akan mengikuti sampai objek tersebut di salin pada software MS-Exel, untuk itu aturlah dengan baik pandangan objek anda di layar autocad sebelum melakukan copyclip, dan lakukanlah pemotongan objek untuk merapikannya.

Catatan :
konten ini merupakan migrasi dari situs cadgorontalo.blogspot.com
Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020