Cara membuat tipe garis di autocad

Posted on
Di dalam aplikasi software autocad kita dapat membuat tipe tipe garis atau biasa juga disebut dengan linetype. Cara membuat tipe garis di autocad bisa dibuat hanya dengan langkah-langkah yang sederhana. linetype ini berada disebalah kanan atas autocad dengan gambaran seperti dibawah ini :
cara membuat tipe garis di autocad
Cara membuat tipe garis di autocad
Dari gambar diatas anda melihat bahwa tipe garis dalam keadaan default masih sangat sedikit, untuk menambahnya mudah saja, yaitu dengan cara memilih “other” seperti tertera pada gambar diatas. Kemudian ikutilah petunjuk berikut :
cara membuat tipe garis di autocad
  1. Klik 1 yaitu load
  2. Seleksi tipe garis pada bagian “linetype” contoh saya menggunakan tipe garis putus-putus yang tertera nomor 2. Untuk dapat mengatahui gambaran seperti apa model garisnya maka perhatikanlah gambar yang termuat dalam description.
  3. klik ok yang tertera nomor 3
  4. klik ok yang tertera nomor 4

[sc name=”iklan umum link”] Dengan demikian maka tipe garis putus-putus di autocad telah ditambahkan pada library properties garis. Tetapi perlu di ingat bahwa anda mesti melakukan langkah tambahan yaitu dengan memilih kembali tipe garis yang anda buat ketika akan menggambar objek dan apabila objek telah terbentuk sebelumnya anda dapat mengubahnya dengan menyeleksi objek kemudian memiliki tipe garis yang telah anda tambahkan, perhatikan gambar berikut

cara membuat tipe garis di autocad
Gambar sebelah kiri adalah gambaran saat anda pertama kali menggambar garis di software autocad, sedangkan gambar disebelah kanan adalah hasil dari perubahan objek yang dijadikan garis putus-putus.

Leave a Reply