6 Cara Mencintai Pekerjaanmu

6 Cara Mencintai Pekerjaanmu

Kamu pasti menginginkan bisa mendapat pekerjaan sesuai dengan apa yang kamu gemari. Dengan begitu, kamu akan merasa seolah bersenang-senang tapi mendapat bayaran. Sungguh sangat menyenangkan. Tapi apa jadinya jika ternyata banyak orang yang sebaliknya, harus berusaha mati-matian mencintai pekerjaan yang dilakoni?

Ketika kamu berada pada posisi seperti ini, sudah seharusnya kamu berusaha membuat diri jatuh cinta pada pekerjaan tersebut. Kekuatan cinta pada sesuatu termasuk pekerjaan akan menghasilkan output yang luar biasa dan maksimal. Berikut ini 6 cara mencintai pekerjaan yang bisa kamu coba:

Selalu Berpikir Positif

berpikir positif
sumber gambar : gameplay.beon.co.id

Saat pikiran di kepala kamu kebanyakan negatif, maka pandangan akan pekerjaan menjadi serba pesimis. Tapi jika pikiran kamu pada pekerjaan serba positif, tentu saja akan membuatmu jadi orang optimis. Bukan berarti kamu mengabaikan ketika ada masalah, tapi lebih fokus pada solusi untuk menghadapi ketidaknyamanan itu dengan positif dan produktif, yakin bahwa segala masalah bisa diselesaikan.

Ketika pekerjaan kamu berada pada situasi yang menyebabkan stres, dengan berpikir positif dapat mengatasi situasi itu lebih efektif dibanding dengan berpikir negatif. Rata-rata orang optimis menghadapi kekecewaan dengan fokus pada hal-hal yang bisa dilakukan dalam mengatasi situasi tersebut. Awalilah upaya mencintai pekerjaan kamu dengan berpikir positif.

Atur Ruangan Kerja Senyamanmu

tempat kerja nyaman
sumber gambar : global.rakuten.com

Ruangan kerja bisa disebut sebagai rumah kedua kamu. Untuk itu, agar tumbuh kecintaan pada pekerjaan, kamu harus mengatur sedemikian rupa ruangan tersebut. Tata ruang yang membuat kamu lebih enjoy dan terjaga kebersihannya akan menunjang kamu jadi optimal dalam mengerjakan segala tugas kerja.

Beberapa hal bisa kamu lakukan, misalnya meletakkan parfum aroma terapi sesuai selera kamu. Bisa juga dengan menempel kutipan yang memotivasi. Barangkali kamu bisa meletakkan vas bunga di tempat kerja. Tak kalah bagus juga jika kamu meletakkan foto keluarga pada meja kerjamu. Apapun itu yang membuatmu nyaman bekerja bisa dicoba.

Manfaatkan Fasilitas yang Disediakan

memanfaatkan fasilitas kantor
sumber gambar : blog.supplycart.my

Fasilitas internet di tempat kamu bekerja bisa kamu manfaatkan saat luang untuk aktivitas pribadi kamu. Tentu jangan sampai mengganggu pekerjaan utama, ya! Kadang hal sederhana seperti ini membuat kamu bertahan dengan sepenuh cinta pada pekerjaan yang sekarang kamu jalani. Banyak fasilitas lain yang bisa kamu gunakan selain sekedar wifi.

Sebagai karyawan kamu bisa menggunakan fasilitas yang disediakan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pribadi kamu seperti fasilitas kesehatan misalnya. Asuransi kesehatan bisa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu dan kebutuhan kesehatan lainnya. Fasilitas olahraga yang ada di tempat kamu bekerja bisa kamu manfaatkan juga, kan?

Buat Dirimu Makin Bermanfaat

Nah selanjutnya, kamu perhatikan sekelilingmu. Bagaimana kontribusimu untuk sesama pekerja, pelanggan, atau bahkan untuk atasanmu. Pada dasarnya, bekerja adalah kegiatan melayani orang lain. Pasti selalu ada yang terbantu dengan apa yang kamu kerjakan. Cintailah pekerjaanmu dengan melihat seberapa puas pihak yang terbantu akan kehadiranmu.

bermanfaat untuk orang lain
sumber gambar : www.forbes.com

Sadari Posisimu Sekarang

Kadang kamu butuh banyak melihat ke bawah, kepada orang lain yang mungkin tak seberuntung kamu dalam hal pekerjaan. Sadarilah bahwa posisi pekerjaanmu saat ini ternyata banyak diinginkan orang lain di luar sana. Betapa beruntungnya kamu dengan pekerjaan saat ini, yang sangat layak kamu cintai. Begitulah seharusnya.

Buat Daftar Kebutuhan Khusus

Dengan gaji kamu saat ini, banyak kebutuhan hidup berhasil terpenuhi. Kebutuhan pokok tercukupi, bahkan impian-impianmu tercapai berkat hasil bekerjamu. Sebagian rezeki bisa kamu berikan kepada orangtua, atau bahkan bisa disedekahkan pada orang yang membutuhkan. Ternyata banyak pihak menikmati hasil kerja kamu, bukan?

Baca juga: Cara mengetahui orang yang profesional bekerja

Tak ada alasan lagi untuk tidak mencintai pekerjaan. Semua bisa kamu lakukan dengan sepenuh hati. Syukurilah rezeki yang telah Tuhan karuniakan padamu dengan menjaganya. Lakukan yang terbaik untuk hasil yang maksimal. Mencintai pekerjaan adalah proses menuju kesuksesanmu.

Septi

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020