Bingung belajar di perpusteknik.com ? Pelajari tautan berikut : Petunjuk Penjelajahan

Need Help? Chat with us

7 Cara mengetahui orang yang profesional bekerja

7 Cara mengetahui orang yang profesional bekerja
Sukai dan Bagikan..

Orang yang profesional bekerja merupakan orang yang sangat cocok diajak bekerja sama di dalam sebuah proyek. Di dalam menjalin kerjasama, terkadang orang-orang sering memilih partner kerja dari berbagai keahliannya. Mulai dari pekerjaan marketing, proyek konstruksi, dunia hiburan dan lain-lain. Terkadang, terdapat 1 masalah yang sulit di deteksi ketika memilih partner kerja, masalah ini menyangkut “Profesional bekerja”.

Sejauh mana orang tersebut mampu melaksanakan tugas yang akan diberikan ? dan sejauh mana orang itu mampu menjalankan tugas dengan baik sampai dengan selesai ? sedangkan anda baru pertama kali bertemu dengan orang tersebut. Untuk itu, pada topik kali ini perpusteknik.com akan membahas mengenai Cara mengetahui orang yang profesional bekerja.

Cara mengetahui orang yang profesional bekerja

1. Menilai dari cara dia berbicara

Cara berbicara seseorang dapat mencerminkan sejauh mana sikap profesional yang dia miliki terhadap tugas yang akan anda berikan. Mengangkat sebuah topik dalam pembicaraan mengenai tugas yang akan anda berikan akan menjadikan anda lebih mudah menilai profesional kerja seseorang, walaupun orang tersebut baru pertama kali berjumpa dengan anda. Orang yang profesional bekerja selalu aktif jika diajak berbicara, bahkan orang yang profesional bekerja selalu memberikan ide dan solusi ketika dia berbicara. Ketika orang tersebut selalu memberikan ide dan solusi ketika itu juga harusnya anda sadar bahwa orang tersebut adalah orang yang profesional bekerja serta sudah memiliki pengalaman yang cukup matang menyangkut topik pembicaraan yang anda bahas.

2. Menilai dari ekspresi dan gerak geriknya

Sangat mudah menilai orang yang profesional bekerja dari ekspresi dan gerak geriknya, orang yang profesional bekerja selalu memiliki ekspresi wajah yang semangat dan segar serta gerak geriknya begitu lincah, memiliki daya tangkap yang kuat ketika membahas sebuah proyek yang akan anda berikan padanya.

Ekspresi menggambarkan sejauh mana orang tersebut akan bersemangat mengerjakan tugas yang akan anda berikan. Bahkan, dia akan langsung bertindak ketika tugas yang akan anda berikan baru selesai dibahas. Gerak – gerik yang lincah dapat menjadi motivasi yang mandiri di dalam diri orang tersebut untuk melaksanakan tugas yang akan anda berikan. Jadi, percayalah, ketika anda bertemu dengan orang tersebut, yakinilah bahwa dia adalah orang yang profesional bekerja.

3. Penampilan

Ketika anda ingin menilai seseorang yang profesional bekerja, perhatikanlah cara berpakaiannya. Pakaiannya mencerminkan pula identitas seseorang, orang yang selalu rapi dalam berpakaian maka pekerjaan yang akan dilaksanakan juga selalu rapi dan teratur, sedangkan orang yang tidak rapi dalam berpakaian sudah dapat dipastikan bahwa pekerjaan yang akan dia kerjakan pun akan berantakan, tidak teratur dan tidak akan terprogram dengan baik. Tetapi, penilaian dari penampilan ini hanya berlaku bagi orang pekerja kantoran saja, sedangkan untuk pekerja lapangan belum tentu hal ini menjadi patokan yang harus dijadikan cara untuk menilai profesional seseorang dalam bekerja.

4. Mengakui kesalahan di saat salah

Seiring berjalannya waktu saat orang tersebut sedang melaksanakan tugas yang anda berikan, kemudian dia melakukan kesalahan, dia akan mengakui kesalahannya dan berusaha memperbaikinya serta tidak berspekulasi untuk membela dirinya. Seseorang yang profesional bekerja bukanlah orang yang tidak pernah salah dalam bekerja, tetapi menyadari kesalahannya ketika melakukan kesalahan dalam bekerja dan berusaha lebih berhati-hati lagi agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

5. Tepat waktu dan memiliki kajian teknis

Seseorang yang profesional bekerja akan dapat menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu. Selain itu, orang tersebut mampu memprediksi tugas yang akan dikerjakan bisa tepat waktu atau tidak melalui kajian teknisnya. Ketika orang tersebut melakukan kajian teknis di dalam sebuah proyek, maka sudah bisa dipastikan orang tersebut memiliki nalar yang tinggi dan pengalaman yang cukup matang.

6. Mampu berinteraksi dengan baik

Seseorang yang profesional bekerja adalah orang yang mampu berinteraksi dengan baik dengan orang lain. Interaksi yang dimaksudkan adalah, sejauh mana orang tersebut memahami penyampaian yang diberikan oleh orang lain kepadanya dan sejauh mana pula caranya menyampaikan sesuatu yang akan disampaikan kepada orang lain. Interaksi yang baik adalah interaksi yang menghasilkan nilai-nilai yang positif ketika akan dikerjakan, dan tidak habis hanya sekedar untuk diceritakan saja, tetapi diterapkan di dalam tindakan.

7. Memiliki banyak jaringan

Seseorang yang profesional bekerja bukan berarti seseorang yang mampu mengerjakan semua tugas tanpa bantuan orang lain, tetapi seseorang yang profesional bekerja adalah orang yang mampu membangun jaringan dengan orang lain, sehingga orang tersebut tidak akan kehabisan ide di dalam melaksanakan tugas yang akan berikan kepadanya, karena berbagai macam ide dari orang lain juga disumbang kedalam cara berfikirnya. Selain itu, bantuan dari orang lain juga akan menjadikan orang tersebut mampu mengerjakan tugas yang akan anda berikan dengan tepat waktu.

Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…
71 / 100 Skor SEO

Rifan Engineering

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of

Hak Cipta © PerpusTeknik 2019 ~ By Rifan Engineering