Cara mengatur permalink di wordpress agar SEO !!

Posted on

Cara mengatur permalink di wordpress pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting dan harus diketahui oleh blogger pemula saat pertama kali mengenal wordpress. Pasalnya, permalink (permanent link) merupakan sebuah struktur url (uniform resource locator) yang biasa di akses oleh pengunjung blog. Permalink terdiri atas 2 penyusun struktur url yaitu “domain utama” dan “slug”. Secara ringkasnya,

  1. Domain utama adalah root domain yang digunakan sebagai awalan tiap konten blog. Contoh : https://perpusteknik.com/konten-blog, maka perpusteknik.com adalah root domainnya.
  2. Sedangkan slug adalah path dari root domain / domain utama yang membuat situs konten blog menjadi lebih spesifik. Contoh : https://perpusteknik.com/konten-blog, maka “konten-blog” adalah slugnya.

Jika anda belum paham, cermati gambar dibawah ini :

Cara mengatur permalink di wordpress

Gambar di atas menjelaskan bahwa, saat saya membuka url blog dengan judul “pengertian dan fungsi rabat beton”, konten blog tersebut memiliki permalink seperti yang ditujukan di gambar. Arsiran yang berwarna merah adalah domain utama / root domain, sedangkan arsiran yang berwarna hijau adalah slug.

[sc name=”adsense-blogger-display” ]

Sebelum mengikuti panduan dari Cara mengatur permalink di wordpress agar SEO, ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui, yaitu :

  1. Pilihlah permalink yang sederhana
  2. Hindari permalink yang terlalu panjang
  3. Kesalahan dalam mengatur permalink dapat menyebabkan beberapa konten blog anda tidak dapat di akses atau hanya akan mengarah pada halaman 404 (halaman tidak ditemukan) ketika terdapat beberapa perubahan kedepannya.
Cara mengatur permalink di wordpress agar SEO

Setelah mengetahui tentang permalink dan hal-hal penting seputar permalink, sudah saatnya anda mencoba mempraktekan pengaturan permalink dari panduan ini. dengan langkah-langkah berikut :

Cara mengatur permalink di wordpress
  1. Masuk ke akun wordpress anda
  2. Pilih pengaturan seperti yang ditujukan pada gambar di atas
  3. Lalu pilih permalink
  4. Dibilah samping kanan, pastikan anda memilih “nama tulisan”
  5. Simpan perubahan
  6. Selamat, sekarang konten blog anda sudah memiliki permalink yang SEO friendly
Baca juga :   Kelebihan dan kekurangan menggunakan CDN / Cloudflare
[sc name=”subscribe-website-ini” ] [sc name=”adsense-blogger-konten-sesuai” ]

Leave a Reply