Bingung belajar di perpusteknik.com ? Pelajari tautan berikut : Petunjuk Penjelajahan

Baru !! lihat jasa yang ditawarkan di menu >> jasa >> pilih jasa yang diinginkan

Need Help? Chat with us

Cara menghitung RAB pekerjaan dinding bata

Cara menghitung RAB pekerjaan dinding bata
Sukai dan Bagikan..

Saat anda memulai pekerjaan dinding, tentunya anda harus mengetahui dulu anggaran yang dibutuhkan untuk item pekerjaan ini untuk menjaga agar pekerjaan ini tidak terhambat dan mengantisipasi pengeluaran budget yang berlebihan. Pada cara menghitung RAB pekerjaan dinding ini, saya akan memberikan petunjuk tentang bagaimana cara saya melakukan perhitungan untuk mendapatkan biaya yang saya perlukan. Untuk itu saya akan masuk pada inti pembahasan

1. Cara menghitung RAB pekerjaan dinding

Saat anda melakukan perhitungan dalam memperkirakan anggaran pekerjaan dinding bata, ada hal-hal yang mesti anda perhatikan, hal-hal ini meliputi :

  1. Pemasangan dinding terdiri dari 2 type, yaitu 1 batu dan 1/2 bata
  2. Bahan/material yang diperlukan untuk pekerjaan dinding terdiri dari batu bata, semen dan pasir
  3. Menyediakan hitungan volume berdasarkan luasan dan standar SNI HSP sebagai dasar perhitungan.

Setelah memperhatikan hal-hal diatas, saya akan melampirkan data acuan SNI HSP sebagai berikut :

Cara menghitung RAB pekerjaan dinding
Lampiran 1.1 Daftar Harga yang disusun pada tabel analisa SNI HSP untuk pekerjaan dinding
Pemahaman :

  1. Perhatikan satuan yang digunakan oleh SNI diatas.
  2. Setiap pekerjaan pasti memiliki tenaga kerja dan tenaga kerjapun harus dibayar, sesuai dengan standarisasi SNI HSP diatas. Jika anda tidak memahami peran dari masing-masing tenaga kerja, anda perlu membaca konten ini "Tenaga kerja proyek bangunan".
  3. Satuan tenaga kerja adalah satuan OH yang artinya Orang/Hari, sedangkan dalam standar SNI 1 hari dihitung 7 - 8 Jam kerja.
  4. Koefisien adalah ketetapan !! anda tidak boleh merubah nilai ini, kecuali ada formula yang anda ciptakan sekaligus menyertakan pembuktian bahwa formula yang anda ciptakan lebih mendekati keadaan real.
  5. Upah tenaga dan harga bahan setiap wilayah di pelosok tanah air berbeda-beda. Jadi, pastikan anda memakai acuan harga yang sesuai di daerah anda agar prediksi menyangkut anggaran biaya pembangunan tidak meleset jauh.
  6. Overhead adalah biaya kelebihan. Artinya, hal ini mengantisipasi apabila perhitungan biaya ternyata kurang dari keadaan real.
2. Menghitung luasan dinding

Selanjutnya, untuk menghitung luasan dinding, saya akan menghitungnya berdasarkan gambar untuk memahami lebih jauh tentang perhitungan kuantitas. Untuk mempersingkat bahasan saya hanya akan mengimport nilai luasan dinding yang dapat anda pelajari pada konten “Cara menghitung kebutuhan material pada dinding“. Luasan yang saya ambil adalah hasil dari perhitungan luasan total dengan pengurangan lubang kusen 20.41m2.

3. Melakukan perhitungan biaya

Setelah itu, saya tinggal mengalikan luasan dinding dengan analisa SNI pada lampiran 1.1, yaitu : 20.41 x 114,426.44 = Rp 2,335,444.

Jadi, pada Cara menghitung RAB pekerjaan dinding kali ini, kiranya saya membutuhkan anggaran sebesar Rp 2,335,444 untuk merealisasikan dengan luasan mencapai 20.41 m2

Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…
75 / 100 SEO Score

Rifan Engineering

Pemilik Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Hak Cipta © PerpusTeknik 2019