Cara menghitung RAB pekerjaan tulangan

Cara menghitung RAB pekerjaan tulangan

Posted on

Pada cara menghitung RAB pekerjaan tulangan kali ini, saya akan mencontohkan bagaimana cara saya menghitung biaya yang saya perlukan untuk pekerjaan tulangan pada sebuah pembangunan. Dengan mengacu pada SNI HSP dan satuan harga yang berada di daerah sendiri, saya bisa langsung melakukan perhitungannya. Selain itu data perhitungan volume juga tentu harus disediakan, tanpa teori yang panjang saya akan langsung masuk ke inti pembahasan.

[sc name=”iklan umum link”]

1. Cara menghitung RAB pekerjaan tulangan

Untuk mempermudah pembahasan, saya akan melampirkan data SNI HSP permenPUPR28-2016 yang saya gunakan sebagai acuan pada cara menghitung RAB pekerjaan tulangan ini dan juga saya melampirkan data yang telah di kombinasikan dengan harga /satuan-nya.

Cara menghitung RAB pekerjaan tulangan
Lampiran 1. SNI HSP PermenPUPR28-2016 untuk pekerjaan tulangan
Cara menghitung RAB pekerjaan tulangan
Lampian 2. Daftar Harga yang disusun pada tabel analisa SNI HSP untuk pekerjaan pembesian

[sc name=”Pemahaman RAB”]

2. Menghitung berat tulangan

Setelah menentukan SNI HSP permenPUPR28-2016 sebagai standar acuan, tentu saya harus mengetahui juga berapa volume tulangan yang harus di kerjakan. Karena perhitungan volume sangat panjang, saya hanya akan mengimport nilai-nilai volume tulangan yang berada pada konten “Cara menghitung kebutuhan tulangan“. Disisi lain, SNI HSP mengacu pada berat tulangan, bukan pada diameter atau /ujung tulangan. Jadi, nilai yang saya ambil adalah berat tulangan yang di perhitungkan pada step “Cara menghitung kebutuhan bendrat”, Nilai-nilai yang saya perlukan dapat dilihat pada tabel berikut.

NoTitleNilai
1Tulangan Utama 10 mm 118.32 Kg
2Tulangan Sengkang 8 mm 47.33 Kg
3Bendrat 2.37 Kg

[sc name=”Iklan teknik sesuai konten”]

3. Melakukan perhitungan biaya

Setelah mendapatkan kedua data diatas, saya langsung mempraktekan perhitungan biaya dengan langkah-langkah berikut :

  1. Saya menjumlahkan dulu berat tulangan utama dan tulangan sengkang yaitu : 118.32 + 47.33 = 165.65 Kg
  2. Kemudian saya akan menyelaraskan berat tulangan ini dengan satuan SNI HSP pad lampiran 1 dan lampiran 2 yaitu : 165.65 / 10 = 16.57 Kg
  3. Kemudian saya akan mengalikannya dengan harga satuannya yaitu : 16.57 x 145,019.60 = Rp 2,402,975
Baca juga :   Cara menghitung RAB galian pondasi

Jadi, pada pekerjaan tulangan berdasarkan nilai-nilai yang di import dari konten “Cara menghitung kebutuhan tulangan” kiranya saya membutuhkan biaya RP 2,402,975 untuk menyelesaikan item pekerjaan ini. Cara menghitung RAB pekerjaan tulangan ini dapat anda aplikasikan untuk kemudahan anda dalam memprediksi kebutuhan biaya untuk pekerjaan pelaksanaan tulangan.

[sc name=”Subscribe website ini”]

Leave a Reply