Bingung belajar di perpusteknik.com ? Pelajari tautan berikut : Petunjuk Penjelajahan

Need Help? Chat with us

Cara mudah menghitung material atap baja ringan

Cara mudah menghitung material atap baja ringan
Sukai dan Bagikan..

Pada saat anda ingin merencanakan pembangunan sebuah rumah tinggal atau jenis bangunan lainnya, anda mungkin ingin menggunakan atap baja ringan sebagai penutupnya. Tetapi, pada kebanyakan kasus masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengetahui menghitung material atap baja ringan. Untuk itu, saya akan memandu anda tentang bagaimana cara mudah menghitung material atap baja ringan.

Cara mudah menghitung material atap baja ringan

Umumnya, menentukan kuantitas setiap item pekerjaan di dunia konstruksi, kita akan berpacu pada gambar rencana agar dapat mengetahui dengan jelas berapa jumlah dari material yang kita butuhkan, walaupun kadang itu kurang tepat, tapi setidaknya semua perhitungan yang dilakukan hanya bersifat ” pendekatan “. untuk itu saya akan mencoba menghitung rangka atap baja ringan berdasarkan acuan gambar proyek yang pernah saya hitung dalam perhitungan MC-0 :

Cara mudah menghitung material atap baja ringan

Gambar di atas adalah gambar tampak atas dari atap baja ringan, sedangkan pada bawahnya adalah gambar tampak jika dilihat dari samping. Untuk menghitungnya, perhatikan rincian berikut.

  1. Luas atap = 18.15 x 11.05 = 200.56 m2
  2. Kemiringan atap = 30°
  3. Luas atap berdasarkan kemiringan = 200.56 / cos 30° = 231.59 m2

Setelah saya mendapatkan luas atap berdasarkan sudut kemiringan derajat, saya akan memproyeksikan hitungan pada analisa SNI HSP 2010 untuk pekerjaan baja ringan dibawah ini dengan asumsi untuk penggunaan pada genteng biasa/metal.

Setelah itu saya akan menghitung total kebutuhan bahan dari tiap-tiap item bahan yang akan dipakai.

  1. Rangka atap C-75, 0.8 = 231.59 x 1.488 = 344.61 meter / 6 = 58 Batang
  2. Rangka atap C-75, 0.6 = 231.59 x 2.232 = 516.91 meter / 6 = 86 Batang
  3. Baut (srew driver) = 231.59 x 28 = 6484 Buah
  4. Dynabolt = 231.59 x 1.6 = 371 Buah
  5. Reng = 231.59 x 5.4 = 1251 meter / 6 = 209 Batang
  6. Talang jurai = (tidak dihitung !! karena atap pelana, dan tidak terdapat jalur lintasan jurai !!)

Untuk mengetahui tentang tata cara mencari anggaran biaya yang di butuhkan, anda dapat langsung menuju ke halaman Rencana Anggaran Biaya. Dari cara mudah menghitung material atap baja ringan ini tidak menjamin bahwa penggunaan material sangat tepat. Ini hanya pendekatan, karena penggunaan material sangat di tentukan oleh jarak dan kepadatan baja ringan. Selain itu, tingkat profesional tukang dalam mengerjakan pekerjaan atap baja ringan dapat menjadikan penggunaan menjadi lebih atau kurang dari hasil yang di dapatkan, tetapi selisih yang akan di dapatkan tidak akan beda jauh.

Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…
80 / 100 Skor SEO

Rifan Engineering

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of

Hak Cipta © PerpusTeknik 2019 ~ By Rifan Engineering