Strategi Integrated Marketing Communication untuk Pemasaran Brand

Strategi Integrated Marketing Communication untuk Pemasaran Brand

Posted on

Sebuah brand yang menawarkan produk terhadap khalayak tentunya melakukan berbagai hal untuk mencapai target penjualan yang diharapkan, termasuk konsep 4P yang disebutkan oleh E. Jerome McCarthy yaitu konsep yang merumuskan elemen produk, harga, tempat, dan promosi. Kegiatan promosi yang dimaksud terdiri dari berbagai strategi, salah satunya adalah Integrated Marketing Communication (IMC) atau lebih dikenal sebagai komunikasi pemasaran terpadu yang juga sempat digunakan oleh biro iklan asal Minneapolis bernama McElligot untuk menarik brand-brand seperti McDonald’s, United Airlines, hingga Arch Deluxe sebagai klien mereka.

Oleh karena itu, ada baiknya para pelaku kegiatan pemasaran mempelajari lebih lanjut mengenai komunikasi pemasaran terpadu yang terdiri dari beberapa hal, yaitu:

Iklan

Pada umumnya, iklan telah menjadi kegiatan pemasaran yang tidak asing digunakan oleh berbagai brand. Menurut Kotler dalam buku ‘Dasar-Dasar Pemasaran’ iklan merupakan sebuah kegiatan memberitahukan atau menginformasikan suatu hal, barang, atau jasa melalui media massa, baik online maupun offline secara berbayar. Iklan disampaikan kepada khalayak dengan berbagai macam media, seperti TV, Radio, billboard, internet, dan sebagainya.

Public Relation

Menurut Dr. Erman Anom, MM, public relation merupakan seni untuk mengembangkan komunikasi dua arah antara khalayak dan brand yang bersifat timbal balik untuk membangun kepercayaan dan kesan positif bagi perusahaan ataupun brand. Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah untuk membangun citra yang baik, bukan hanya terhadap produk dari sebuah brand, tetapi juga karakteristik dari brand itu sendiri. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam public relation adalah membangun relasi dengan pers, melakukan publikasi, komunikasi terhadap kegiatan internal perusahaan, dan memberikan konseling terhadap khalayak.

Adapun hal-hal yang menjadi implementasi dari berbagai kegiatan public relation yaitu dengan melakukan kegiatan sponsorship terhadap suatu acara, melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk berperan aktif terhadap sosial sehingga mewujudkan citra perusahaan yang baik, dan sebagainya.

Leave a Reply