Contents
Pada bagian ini kita akan mempelajari apa itu system koordinat ? karena ini merupakan hal utama dalam memahami cara penggambaran di dalam aplikasi autocad. berikut penjelasan yang di sajikan dalam video tutorial dan content yang memuat informasi tentang topik kali ini..
1. System koordinat.
System koordinat merupakan arah dari nilai yang di input dari titik mula anda menggambar objek, system ini terdiri dari dari beberapa kategori tetapi secara umum system ini memiliki absis x,y. absis x,y merupakan sebuah identitas arah yang saling terkait. Ilustrasi : ketika anda menghendaki perintah “Rectangle” anda mengetikan angka “300,-400” hal ini menandakan identitas absis “X” adalah 300 (Arah kanan dari titik 0) sedangkan -400 merupakan identitas absis “Y” (Arah ke bawahah dari titik 0) :
History :
- Ketik “REC” di keyboard
- Ketik spasi
- awal klik, titik 0.
- Masukkan nilai 300,-400 (Nilai dari koordinat x,y)
- Ketik spasi untuk mengakhiri Selain menentukan dimensi dan arah objek system koordinat ini juga berfungsi untuk menentukan arah penpindahan sebuah objek dengan menentukan titik awal perpindahan.
History :
- Ketik “M” di keyboard
- Ketik spasi
- Masukkan nilai 0,0 (Menentukan Posisi Awal objek)
- Ketik spasi
- Masukkan nilai 200,-100 (perpindahan 200 ke kanan x, dan -100 ke arah bawah y.
- Ketik spasi untuk mengakhiri perintah Anda melihat pada contoh gambar di atas merupakan contoh dari sebuah system koordinat, dimana setiap nilai dari koordinat x di sertai dengan nilai dari koornat y.
[su_note]Catatan : 1. Jika anda hanya ingin menentukan objek “Rectangle” sembarang anda tidak perlu lagi menentukan nilai absis x,y cukup hanya klik 2 sudut yang anda kehendaki. 2. System koordinat ini bukan merupakan suatu ketentuan yang tetap karena anda bisa saja merubah posisi UCS “Unit Coordinat System”.[/su_note]
2. Putaran sudut.
Puturan sudut merupakan system putaran objek, dimana setiap objek dapat di rencanakan kemiringannya dengan menetapkan derajat kemiringan (Putaran sudut). Putaran sudut sangat erat kaitannya dengan perinah “Rotate”. Untuk memahami putaran sudut silahkan perhatikan gambar dibawah ini:
History :
- Ketik “RO” di keyboard
- Ketik spasi
- seleksi objek rectangle
- Ketik spasi
- tentukan titik acuan putaran.
- masukkan nilai<45 (nilai kemiringan sudut)
- Ketik spasi untuk mengakhiri perintah
Penutup :
Untuk memahami lebih lanjut mengenai system koordinat anda dapat membaca konten menyangkut konten ini di tautan : Sistem koordinat Kartesius
[su_note]Catatan penting !! Perhatikan secara baik baik pemahaman tentang “Tab Command” untuk memahami langkah-langkah setiap perintah.[/su_note]
[sc name=”catatan migrasi cadgorontalo”]
[sc name=”Subscribe website ini”]
[sc name=”Iklan teknik sesuai konten”]