tahapan membuat blog

4 Tahapan membuat blog agar menjadi blogger profesional !!

Posted on

Setiap orang yang ingin berkecimpung di dunia blogging, tentu akan mencari tau informasi seputar blog. mulai dari informasi platform terbaik, fleksibilitas platform blog, waktu yang dibutuhkan untuk mengkonfigurasikan blog, serta pengaruh terhadap SEO (Search Engine Optimation). menyangkut hal tersebut, kali ini perpusteknik.com akan mengulas mengenai “Tahapan yang mesti anda ketahui untuk membuat blog !!”. Kira-kira seperti apa tahapan membuat blog? berikut ulasannya :

1. Tahapan membuat blog dimulai dari blog gratisan

jika anda baru pemula, belajarlah dari hal yang mudah untuk membuat blog walaupun anda memiliki budget yang sangat banyak untuk membeli hosting dan domain, kiranya anda perlu membuat blog dari platform gratisan, mengapa demikian? sebab blog gratisan sangat cocok bagi pemula yang ingin terjun ke dunia blogging. Dari blog gratisan anda akan belajar bagaimana cara mendesain tema yang menarik? bagaimana mengatur tata letak konten? dan bagaimana caranya anda bisa berkembang ke tingkat yang lebih rumit?, blog gratisan yang paling populer saat ini adalah blog dari platform blogger.com dan wordpress.com.

[sc name=”adsense-blogger-link” ]

jika anda menggunakan platform ini maka situs anda akan berakhiran blogspot.com atau wordpress.com, contohnya : https://situssaya.blogspot.com atau https://situssaya.wordpress.com. Sebenarnya bagi pemula tidak ada salahnya jika ingin langsung menggunakan blog berbayar jika memang memiliki budget yang banyak untuk membeli hosting dan domain, tetapi ini tidak disarankan. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan waktu anda hanya akan habis untuk mengkonfigurasi blog tersebut dibandingkan dengan membuat konten, sedangkan biaya hosting dan domain tetap berjalan. Untuk itu jika anda masih pemula, cobalah membuat blog dari platform gratis dulu, minimal dalam jangka waktu 1 bulan anda belajar dan menguasai platform tersebut, anda bisa migrasi ke blog berbayar untuk mengembangkan blog anda.

Baca juga :   Wow!! ini 5 Manfaat mengupdate blog yang jarang diketahui
2. Tahapan kedua menilai mana yang lebih unggul diantara blog gratisan?

Setelah memahami ulasan nomor 1, maka sudah saatnya anda perlu membaca ulasan ini. Sebenarnya platform dari blog gratisan itu lumayan banyak, platofrm gratisan terdiri dari : blogger, WordPress, Typedpad, LiveJournal, Multiply dan lain-lain. dari berbagai macam platform gratisan menurut saya hanya 2 platform yang unggul dan lebih banyak dipakai di dunia blogging, yaitu platform blogger dan wordpress. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk mempersingkat bahasan anda dapat membaca konten “Perbedaan Blogger dan wordpress” yang merupakan konten terpisah tapi memiliki kaitannya dengan ulasan ini.

3. Tahapan ketiga Setelah berkecimpung di blog gratisan cobalah migrasi ke blog berbayar

Setelah anda belajar jauh mengenai blog gratisan, kini tiba saatnya anda harus mempertimbangkan untuk pindah ke blog berbayar. Alasannya apa? seperti yang dijelaskan pada konten “Perbedaan Blogger dan wordpress“, bahwa ini perlu dilakukan untuk mendapatkan kebebasan. platform blog dari blogger.com dan wordpress.com memiliki keterbatasan dalam melakukan manajemen konten, disisi lain jika konten anda melanggar kebijakan dari platform tersebut, maka konten/blog anda akan dihapus. Dari sudut pandang lainnya, Semakin lama anda berkecimpung di dunia blog, semakin banyak konten yang akan anda buat dan semakin rumit juga mengatur semua konten tersebut. Untuk itu solusi yang terbaik dalam fleksibilitas manajemen konten dapat anda dapatkan dengan beralih ke blog berbayar.

Di blog berbayar terdapat berbagai macam CMS (Content Manajemen System) dan yang paling banyak digunakan adalah CMS wordpress.org. Blog anda akan terlihat lebih powerfull karena CMS wordpress memiliki berbagai macam plugin yang dikembangkan oleh pengemban plugin itu sendiri, dalam hal ini anda perlu menyewa Hosting dan domain.

Baca juga :   Pengen tau hubungan Blog dengan Uang ? ini dia !!
[sc name=”adsense-blogger-konten-sesuai” ] Hosting di fungsikan untuk menyimpan data-data blog anda dan domain digunakan sebagai alamat URL blog anda. Jika baru bermigrasi ke CMS wordpress.org mulailah dengan budget yang murah dulu, jangan menggunakan sewa hosting yang terlalu besar, nanti semakin berkembang blog anda maka paket hosting bisa anda upgrade ke tingkat yang lebih tinggi. untuk harga hosting bisa anda dapatkan dari harga termurah 5-10 ribu/bulan dan untuk domain .com, .org, .net, dan lain-lain kisaran harganya yaitu < Rp 150,000 / Tahun

Leave a Reply