Apa itu blogger? Fungsinya apa? apa kelebihan serta kekurangannya?

Apa itu blogger? Fungsinya apa? apa kelebihan serta kekurangannya?
Sukai dan Bagikan..

Sebelum anda membuat akun blogger, anda harus mengetahui dulu apa itu blogger? Fungsinya apa? Dan apa kelebihan serta kekurangan dari blogger?.. Kali ini perpusteknik.com akan membahas mengenai blogger berdasarkan topik berikut :

1. Apa itu blogger?

apa itu blogger

Blogger merupakan platform yang digunakan oleh seseorang untuk mempublish atau memposting artikel yang akan ditayangkan di internet, awalnya blogger dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Blogger merupakan layanan gratis yang bisa anda gunakan dimana saja dan kapan saja. hanya dengan bermodalkan kemauan menulis dan mengupdate artikel serta memiliki paket internet sebagai sarana pendukung, anda sudah bisa menjadi penulis di platform blogger. Menggunakan blogger berarti anda harus patuh terhadap segala persyaratan dan ketentuan yang dibuat oleh pemiliknya, yaitu google. blogger adalah milik google dan setiap anda membuat situs artikel berplatform blogger maka situs anda akan disertai dengan subdomain blogspot.com. misalnya : perpusteknik.blogspot.com atau fulanbinfulan.blogspot.com. jika orang-orang ingin berkunjung disitus anda, maka orang-orang tersebut tinggal mengetikan alamat blogspot anda di addres bar browser mereka.

2. Fungsi Blogger Apa?

Seperti yang dibahas pada nomor 1, bahwa fungsi dari blogger ini adalah untuk mempublish atau memposting artikel yang akan ditayangkan di internet, disisi lain terdapat juga fungsi yang digunakan oleh seorang blogger dengan akun blogger mereka. Seperti : menjual produk, memposting portofolio, mempromosikan jasa dan membuat web video dengan mengintegrasikan layanan youtube dan lain-lain. begitu banyak fungsi yang dapat digunakan dengan akun blogger,bahkan dengan menulis artikel di blogger pun akan menghasilkan uang. Menghasilkan uang dari blogger caranya gampang-gampang susah, hanya dengan mengintegrasikan situs blogspot dengan layanan google adsense atau layanan iklan lainnya. Untuk dapat menayangkan iklan di blogger anda harus memenuhi syarat yang diminta oleh google adsense, yaitu blog anda harus berkualitas dari segi SEO (Search Engine Optimation) dengan memperhatikan keyword (kata kunci), Jumlah kata, judul, heading, tag, deskripsi meta dan lain-lain.

3. kelebihan dan kekurangan blogger

Setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tak terkecuali saat anda menggunakan layanan blogger. Pada bahasan ini, perpusteknik.com akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan dari layanan blogger, hal ini mencakup :

— 3.a. Kelebihan
kekurangan dan kelebihan blogger
— 3.a.1. Gratis

Sebagai layanan yang disediakan oleh google, maka blogger merupakan layanan Gratis yang bisa anda pakai kapan saja dan dimana saja anda mau asalkan blog anda selalu di update, agar blog anda terkesan “masih hidup”. Untuk dapat membuat akun blogger dan menikmati layanan gratisnya, anda hanya perlu membuat akun google / akun gmail, lalu melakukan pendaftaran di blogger.com. Jika anda tak tau cara membuat akun gmail maka klik tautan berikut “Cara paling mudah membuat akun gmail” dan selanjutnya lakukan pendaftaran di blogger.com.

— 3.a.2. Mudah digunakan

Jika anda menggunakan layanan blogger, ini akan lebih cocok bagi penulis pemula yang ingin berkecimpung didunia blog karena tampilan dari blogger begitu User friendly. Berbeda dengan layanan wordpress.org yang membutuhkan sedikit pengetahuan dibidang IT dalam mengelola website. Kemudahan yang dirasakan dalam menggunakan layanan blogger pun akan terasa pada saat anda ingin mempelajari tutorial mengenai blogger. Sangat banyak tutorial yang disediakan di internet ketika anda ingin mempunyai dan mengelola akun blogger anda, salah satu website yang memberi dukungan dan menyediakan tutorial seputar blogger adalah situs ini, yaitu perpusteknik.com dengan mencari artikel berdasarkan kategori atau tag atau melalui pencarian dengan kata kunci “Blogger”.

—3.a.3. SEO Friendly



Banyak yang menganggap bahwa blogger lebih SEO friendly dibandikngkan dengan platform lainnya, hal ini disebabkan oleh mesin pencari utama yang sering kita gunakan untuk mencari informasi yang kita butuhkan di internet adalah Google search, dimana layanan ini adalah layanan milik google. begitupun dengan blogger adalah milik google. Maka tak heran dalam sudut pandang SEO, platform blogger lebih unggul dibandingkan dengan platform lainnya, proses dalam indexpun sangat cepat. Pengalaman saya dalam menggunakan platform blogger, situs saya terindex hanya dalam jangka 3 hari dan telah menempati posisi tayangan pertama dari google search. Tetapi, dalam memenangkan peringkat yang lebih baik di google search terkadang tidak sepenuhnya hanya mengandalkan platform blogger saja, tetapi ada juga aspek lain yang mesti diperhatikan, seperti : keyword (kata kunci), tag, meta, tingkat keterbacaannya, heading untuk judul topik dan lain-lain.

—3.a.4. Kecepatan

Menurut pengalaman saya pribadi, blogger lebih cepat dibandingkan platform lainnya dan servernya tidak pernah down. Dibandingkan dengan platform lainnya yang biasanya pernah mengalami down server. Hal ini dikarenakan yang mengelola dan merawat server blogger adalah pihak google, dimana mereka sangat ahli, berpengalaman dan memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi dalam mengelola server.

—3.a.5. Gratis SSL

Blogger dilengkapi dengan SSL Gratis!! atau biasa dikenal dengan HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure), dengan SSL gratis ini situs anda sangat sulit diretas oleh cracker (peretas akun) dengan cara melindungi interaksi jaringan dari komputer yang satu dengan yang lainnya melalui sambungan yang sangat aman.

–3.b Kekurangan
kekurangan dan kelebihan blogger
—3.b.1. Penghapusan URL

Kekurangan pertama, jika anda menggunakan platform blogger adalah : URL/postingan anda akan dihapus apabila menyalahi aturan yang dibuat oleh google, seperti : menyisipkan virus di blog, pelanggaran hak cipta, postingan yang menampilkan kekerasan dan lain-lain. intinya jika anda menggunakan platform blogger untuk membuat artikel, anda harus patuh terhadap segala aturan dan ketentuan yang dibuat oleh google dan jangan sekali-kali menganggap situs blogspot anda adalah 100% milik anda.

—3b.2. Tidak boleh custom permalink

Berbeda dengan wordpress yang bisa melakukan custom permalink, blogger memiliki kekurangan. Kekurangan ini yaitu URL dari postingan yang anda publish tidak boleh melakukan custom permalink. Custom permalink sendiri merupakan teknik dalam merubah URL, biasanya ini digunakan dalam strategi SEO. Dan terkadang URL dari setiap postingan platform blogger sangatlah panjang dan mengikuti judul dari postingan dan apabila telah publish URL tersebut tidak dapat diedit lagi.

—3b.3. Tidak fleksibel

Pada platform blogger hanya menyediakan fitur-fitur standard yang telah disediakan oleh google, fitur standard ini biasanya dikenal dengan gadget. Gadget memungkinkan anda untuk dapat menambahkan Javascript, google terjemahan, dan fitur-fitur lainnya yang disediakan oleh google dan telah terintegrasi dengan blogger. Tetapi walaupun begitu, hal tersebut masih membuat anda kurang nyaman jika blog anda semakin lama semakin kompleks. hal tersebut membuat anda kesulitan dalam mengelola blog anda.

—3b.4. Meragukan untuk bisnis

Ya, jika anda akan berencana untuk menjual produk-produk anda lewat platform blogger, sudah dapat dipastikan orang-orang akan ragu membeli produk anda. Walaupun hal ini tidaklah mutlak, tetapi realitanya memang seperti itu. Alasannya platform blogger adalah platform gratis dan mudah digunakan, sehingga PENIPU yang memiliki niat jahatpun dapat membuat blog dari platform blogger untuk menipu konsumen. Darisinilah orang akan waspada dan sangat berhati-hati jika melakukan transaksi produk dengan penjual yang berplatform blogger.

Penutup..

Setelah mengetahui tentang apa itu blogger? Fungsinya apa? Dan kelebihan serta kekurangan blogger itu apa?, kiranya apa yang akan anda lakukan?.. jika terdapat pertanyaan dan tanggapan mengenai artikel ini, harap ditulis di kolom komentar ya…

Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com untuk berlangganan artikel terbaru dengan cara mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya^_^…

Rifan Engineering

Pemilik Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of