apa itu blogger

Apa itu blogger? Fungsinya apa? apa kelebihan serta kekurangannya?

Posted on
Sebelum anda membuat akun blogger, anda harus mengetahui dulu apa itu blogger? Fungsinya apa? Dan apa kelebihan serta kekurangan dari blogger?.. Kali ini perpusteknik.com akan membahas mengenai blogger berdasarkan topik berikut :

1. Apa itu blogger?

apa itu blogger
Blogger merupakan platform yang digunakan oleh seseorang untuk mempublish atau memposting artikel yang akan ditayangkan di internet, awalnya blogger dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Blogger merupakan layanan gratis yang bisa anda gunakan dimana saja dan kapan saja. hanya dengan bermodalkan kemauan menulis dan mengupdate artikel serta memiliki paket internet sebagai sarana pendukung, anda sudah bisa menjadi penulis di platform blogger. [sc name=”adsense-blogger-display” ] Menggunakan blogger berarti anda harus patuh terhadap segala persyaratan dan ketentuan yang dibuat oleh pemiliknya, yaitu google. blogger adalah milik google dan setiap anda membuat situs artikel berplatform blogger maka situs anda akan disertai dengan subdomain blogspot.com. misalnya : perpusteknik.blogspot.com atau fulanbinfulan.blogspot.com. jika orang-orang ingin berkunjung disitus anda, maka orang-orang tersebut tinggal mengetikan alamat blogspot anda di addres bar browser mereka.

2. Fungsi Blogger Apa?

Seperti yang dibahas pada nomor 1, bahwa fungsi dari blogger ini adalah untuk mempublish atau memposting artikel yang akan ditayangkan di internet, disisi lain terdapat juga fungsi yang digunakan oleh seorang blogger dengan akun blogger mereka. Seperti : menjual produk, memposting portofolio, mempromosikan jasa dan membuat web video dengan mengintegrasikan layanan youtube dan lain-lain. Begitu banyak fungsi yang dapat digunakan dengan akun blogger,bahkan dengan menulis artikel di blogger pun akan menghasilkan uang. Menghasilkan uang dari blogger caranya gampang-gampang susah, hanya dengan mengintegrasikan situs blogspot dengan layanan google adsense atau layanan iklan lainnya. Untuk dapat menayangkan iklan di blogger anda harus memenuhi syarat yang diminta oleh google adsense, yaitu blog anda harus berkualitas dari segi SEO (Search Engine Optimation) dengan memperhatikan keyword (kata kunci), Jumlah kata, judul, heading, tag, deskripsi meta dan lain-lain.

3. kelebihan dan kekurangan blogger

Setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tak terkecuali saat anda menggunakan layanan blogger. Pada bahasan ini, perpusteknik.com akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan dari layanan blogger, hal ini mencakup :
— 3.a. Kelebihan
kekurangan dan kelebihan blogger
— 3.a.1. Gratis
Sebagai layanan yang disediakan oleh google, maka blogger merupakan layanan Gratis yang bisa anda pakai kapan saja dan dimana saja anda mau asalkan blog anda selalu di update, agar blog anda terkesan “masih hidup”. Untuk dapat membuat akun blogger dan menikmati layanan gratisnya, anda hanya perlu membuat akun google / akun gmail, lalu melakukan pendaftaran di blogger.com. Jika anda tak tau cara membuat akun gmail maka klik tautan berikut “Cara paling mudah membuat akun gmail” dan selanjutnya lakukan pendaftaran di blogger.com.
— 3.a.2. Mudah digunakan
Jika anda menggunakan layanan blogger, ini akan lebih cocok bagi penulis pemula yang ingin berkecimpung didunia blog karena tampilan dari blogger begitu User friendly. Berbeda dengan layanan wordpress.org yang membutuhkan sedikit pengetahuan dibidang IT dalam mengelola website. Kemudahan yang dirasakan dalam menggunakan layanan blogger pun akan terasa pada saat anda ingin mempelajari tutorial mengenai blogger. Sangat banyak tutorial yang disediakan di internet ketika anda ingin mempunyai dan mengelola akun blogger anda, salah satu website yang memberi dukungan dan menyediakan tutorial seputar blogger adalah situs ini, yaitu perpusteknik.com dengan mencari artikel berdasarkan kategori atau tag atau melalui pencarian dengan kata kunci “Blogger”. [sc name=”adsense-blogger-konten-sesuai” ]
—3.a.3. SEO Friendly
Banyak yang menganggap bahwa blogger lebih SEO friendly dibandikngkan dengan platform lainnya, hal ini disebabkan oleh mesin pencari utama yang sering kita gunakan untuk mencari informasi yang kita butuhkan di internet adalah Google search, dimana layanan ini adalah layanan milik google. begitupun dengan blogger adalah milik google. Maka tak heran dalam sudut pandang SEO, platform blogger lebih unggul dibandingkan dengan platform lainnya, proses dalam indexpun sangat cepat.

Leave a Reply