2 Cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad !!

Posted on
Cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad !! – Modifikasi ukuran sangat berguna untuk klasifikasi ukuran berdasarkan skala objek. Dalam mengukur objek skala besar tentunya anda harus menetapkan beberapa karakteristik dim di dalam sebuah file gambar dwg, kasus yang sering terjadi dalam permasalahan ini yaitu ketika anda Hanya memiliki dim standar pada saat anda ingin menggambar objek berskala besar, contohnya seperti gambar di bawah ini :
Cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad
Anda melihat pada gambar di atas terlihat karakteristik dim standar pada saat anda mengukur objek berskala besar. Maka dari itu anda harus melakukan modifikasi beberapa karakteristik dim untuk beberapa objek skala pengukuran. Perintah dimstyle berfungsi untuk membentuk suatu karakteristik pengukuran, dalam dunia nyata pengukuran ini yang berarti “Mistar” anda dapat membuat model dari 1 definisi perintah ukur dim. Karakteristik ini meliputi : [sc name=”iklan umum link”]
1. Cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad dengan Modifikasi besar kecil skala dim secara instan.
Anda dapat merubah besar kecil skala perintah ukur secara instan tanpa harus mengatur nilai nilai spesifik dari jenis garis skala text, dan warna text dari sebuah dim. Perlu diperhatikan modifikasi ukuran dengan cara ini hanya memakan waktu yang sangat singkat dengan mengambil sampel contoh dari sebuah dim yang telah terbuat. Perhatikan langkah-langkah dari cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad dengan modifikasi besar kecil skala dim secara instan di bawah ini :
a. Ketik “Dimstyle” atau “D” di keyboard >> Tekan spasi / enter >> akan muncul kotak dialog definisi dim
Cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad
[su_note]Catatan : Standar dari pengukuran default yaitu ISO-25, skala ini sangat kecil tulisannya apabila anda melakukan pengukuran, contohnya pada denah yang biasanya menggunakan skala 1 : 100 dalam Kop gambar. Anda dapat membuat karakteristik dim agar ukuran terlihat jelas dengan mengikuti langkah selanjunya.[/su_note]
Baca juga :   2 Cara mempertemukan garis di autocad dengan Perintah Extend
b. Klik “New” pada kotak dialog >> tetapkan nama baru pada karakteristik dim baru, pada tutorial ini misalnya “Rifan 100” >> klik continue.
Cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad
[su_note]Catatan : Perlu di ingat bahwa setiap kita membuat karakteristik dim baru maka sampel karakteristik adalah dim yang terpilih, Misalnya sebelum kita memilih opsi “New” seleksi dim kita berada pada “ISO-25”, maka pada saat kita memilih “New”, karakteristik yang di ambil adalah “ISO-25” Karakteristik ini memuat jenis garis, model teks, warna, serta symbol dalam dim yang akan kita buat, yang akan berubah hanya skala dari karakteristik dim yang akan kita buat, ikuti langkah selanjutnya…[/su_note]
c. Ubah nilai default 1 pada “use overall scale of:” . contoh pada kasus ini kita merubah nilainya menjadi 7.
Cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad
[su_note]Catatan : Nilai 1 merupakan nilai default, apabila anda ingin membuat karakteristik dim dengan skala besar maka ubah nilainya menjadi lebih besar daripada 1, begitupun sebaliknya.[/su_note]
d. Kita telah berhasil membuat karakteristik dim baru maka seleksi pilhan name dim yang telah kita buat >> lalu klik “Set current” >> kemudian klik close.
Cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad
e. Lakukanlah pengukuran kembali dengan menekan di keyboard “DLI” dan lakukan pengukuran kembali lalu bandingkan hasilnya..
Cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad
[su_note]Catatan : lakukanlah penetapan beberapa karakteristik dim saat anda hendak ingin melakukan pengukuran. Jika anda hanya ingin merubah seleksi name dim yang dipilih maka pilihlah “Modify” pada “Langkah B” kemudian lanjutkan sampai “Langkah E”.[/su_note] [sc name=”Iklan teknik sesuai konten”]
2. Cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad dengan Modifikasi Karakteristik Dim secara spesifik.
Pilihan ini dilakukan apabila anda ingin mengubah atau membuat karakteristik dim Baru dari dim yang telah tersedia sebelumnya, karakteristik ini meliputi jenis garis, warna text dan penambahan satuan pada dim yang akan kita buat, pada kasus ini kita akan mencoba merubah karakteristik dim yang telah kita buat pada langkah pertama. Ikuti langkah-langkah di bawah ini agar anda memahami Prosedur dari cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad dengan modifikasi karakteristik dim secara spesifik :
Baca juga :   Cara memutuskan garis di autocad dengan Perintah Break
a. Klik modify dengan seleksi terpilih “Rifan 100” atau lainnya, ini hanya merupakan contoh dalam tutorial ini >> selanjutnya klik lines untuk mengubah karakteristik garis dim.
Cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad
** Petunjuk Untuk menu modifikasi Lines:
Perhatikan keterangan di bawah ini untuk memahami kotak dialog modifikasi ini lebih lengkap – Dimension lines —- Color : (warna garis sejajar symbol panah). —- Linetype : (jenis garis untuk garis sejajar symbol, pada kasus ini lihatlah contoh seperti pada gambar diatas). —- Lineweight : (mengubah ketebalan garis yang berwarna hijau) —- Extend beyond ticks : (Abaikan saja) —- Baseline spacing : (Abaikan saja) —- Suppress : (Dim line 1 apabila di centang maka setengah dari garis hijau akan hilang begitupun dim line 2) [sc name=”iklan umum link”] – Extension line —- Color : (Warna dari garis sambungan antara garis dim ke objek) —- Linetype ext line 1 : (type gari sambungan 1) —- Linetype ext line 2 : (type gari sambungan 2) —- Suppress : (Ext line 1 apabila di centang maka 1 bagian garis sambungan akan hilang, begitupun ext line 2) —- Extend beyond dim lines : (Panjang garis menerus garis sambungan, di hitung dari pertemuan garis hijau dan kuning) —- Offset From origin : (jarak pisahan dari ujung garis sambungan ke objek ukur, semakin besar nilainya maka ujung garis warna kuning akan semakin jauh dari objek ukur, dalam kasus ini dari kolom ke ujung garis kuning).
Cara paling lengkap mengatur ukuran di autocad
** Petunjuk Untuk menu modifikasi symbols and arrows:
—- Arrowheads First : (Menentukan jenis symbol pertama pada garis yang berwarna hijau). —- Second : (Menentukan jenis symbol kedua pada garis yang berwarna hijau).

2 comments

Leave a Reply