Gourmet

Gourmet adalah: Pengertian dan Spesifikasi Kerja

Posted on

Gourmet adalah salah satu komponen dari Food and Beverage (F&B) dan restoran, lebih ke kosakata terkini, merupakan orang yang ahli dalam merasakan makanan maupun minuman dengan baik. Jadi lbih ke tester.

Makanan gourmet disediakan dalam kualitas tinggi dan presisi yang pas. Rasa gourmet pun enak, tidak bisa terelakkang dikarenakan dalam penyajiannya sudah disiapkan dengan matang dan didukung oleh bahan-bahan makanan minuman berkompeten.

Untuk lebih jelasnya, langsung cek.

Pengertian Gourmet

Jadi, goumet adalah seseorang atau pegawai restoran maupun F&B yang bertugas sebagai penikmat makanan dan minuman yang baik. Kualitas dan rasa sudah dijamin level tinggi, dengan disajikan dalam sentuhan seni.

Standar yang dihadirkan tinggi, sehingga restoran atau F&B berusaha mencari pegawai maupun peralatan masak yang sudah bagus dan komoeten. Peralatan kelas profesional, dan barang disimpan dalam area khusus, serta ada peralatan khusus dalam memasak.

Spesifikasi Profesi Gourmet

Dalam dunia F&B, profesi ini sangat penting dalam kemajuan dan tingkat profesional bidang masak. Sebagai seorang gourmet, makanan bukan sebuah tujuan, tetapi sebagai seni. Penggemar seperti gourmet lebih menyukai kemewahan yang dapat dimakan.

Profesi ini lebih suka menikmati rasa makanan, membuatnya, kemudian memajangnya. Sampai-sampai, ada yang mengeksplorasi sejarah dan antropologi makanan yang membuat mereka tertarik. Dalam merasakannya, seorang gourmet perlu kehati-hatian dan waktu.

Spesifikasi lainnya, bisa dilihat dalam:

1. Tempat-tempat Gourmet

Tempat-tempat makanan atau minuman yang ada label Gourmet-nya, biasanya sering menawarkan informasi tambahan tentang asal makanan, bahan-bahan berkualitas tinggi yang ada, menyiapkan makanan di awal, dan menyajikan makanan dengan mewah.

Ada istilah lain gourmet food, adalah makanan dan minuman yang membutuhkan perhatian khusus dalam membuat atau memperolehnya. Makanan ini sering ditemukan dalam lokas tertentu dan bahannya tidak biasa, sekaligus sulit ditemukan.

Baca juga :   Chef de Partie adalah: Pengertian, Tugas, hingga Gajinya

2. Gourmet Food jarang Ditemukan

Dengan makanan yang tersedia terbatas, maka jumlahnya pun terbatas, jarang diekspor ke luar tempat asal, dan tersedia dalam waktu musiman (singkat). Bisa periode tahun atau bulan, misal dari bahan truffle, harus dipanen seara liar dan tidak bisa dibudidayakan. Unik dalam hal rasa ataupun tekstur.

Bahan baku tersebut bisa dicampurkan bumbu dan rempah-rempah dengan cara yang menarik. Bisa menambahkan rasa pada makanan yang biasanya tidak diberi rasa. Toko gourmet sering menyediakan bahan-bahan kualitas terbik di seluruh dunia.

Bagaimana dengan Restoran Gourmet?

Restoran gourmet pasti menyiapkan hidangan yang berkualitas tinggi dengan teknik sempurna, dengan catatan menawarkan rasa yang jarang ada di restoran biasa atau gourmet lainnya. Setiap restoran gourmet memiliki sajian makanan khas atau khusus atau sebagai pembeda.

Terdapat sentuhan tradisional walaupun pada penyajiannya kebanyakan modern, dikarenakan sentuhan seni masih ada dalam cakupan tradisisonal. Misal, ada mac dan keju mewah yang bisa menggunakan Gruyere, bahan keju eksklusif, dibuat langsung di Prancis dan Swiss.

Leave a Reply