Sales Counter adalah: Pahami Pengertian hingga Gaji secara Lengkap

Posted on

Sales Counter adalah pekerjaan yang dicari saat ini, dan mengingat banyak perusahaan membutuhkan  pekerja dalam tugas tersebut. Spesifikasi dari pekerjaan Sales Counter adalah melakukan penjualan produk ke konter-konter secara merata.

Tugas lainnya juga mempromosikan produk suatu toko, perusahaan, atau dealer tertentu sehingga tidak kaget gaji sales counter banyak. Adanya profesi ini, diharapkan bisa menjual produk lebih banyak dan mengalami peningkatan. Ingat, ada perbedaan sales excecutive dan sales counter, jadi tidak sama.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut terkait dengan sales sounter:

Pengertian Sales Counter

Sales Counter adalah profesi yang mengharuskan seseorang melakukan penjualan produk atau jasa dengan sekaligus mempromosikannyua. Kunci pegawai dalam memfasilitasi pelanggan dengan welcome akan konsumen yang datang ke konter untuk membeli barang yang ada, termasuk konsumen yang perlu diperhatikan.

Dalam dunia hotel maupun rumah sakit misalnya, ada petugas Front Office, yang tidak hanya sebagai penyambut tamu, tetapi juga memiliki peran sebagai sales counter, lebih ke terjadinya konversi pengunjung menjadi pelanggan melalui pelayanan kamar.

Kepuasan konsumen adalah paling utama, dengan pelayanan terbaik, citra perusahaan semakin diperhitungkan. Dengan begitu, konsumen banyak yang tertarik untuk mencoba produk yang tersedia. Sebagai sales counter, kita dituntut untuk ramah dan rendah hati.

Tugas Sales Counter

Sebelum melamar atau ingin tahu tentang pekerjaan ini, setidaknya harus tahu tugas-tugas apa saja yang akan diemban jika jadi sales counter, diantaranya:

1. Melakukan Penjualan Produk

Tugas utama yang tidak boleh dilupakan seorang sales counter dengan jualan produk yang diproduksi oleh perusahaan. Sales Counter dituntut untuk bisa memenuhi target penjualan dari perusahaan. Secara penampilan, mereka juga harus menunjang agar proses penjualan cepat.

Baca juga :   Kerja yang paling baik dimata tuhan dan dimata manusia

Sales counter memiliki target dalam penjualan, misal dalam satu hari harus bisa menjualkan berapa produk. Tetapi, hal ini tidak berlaku bagi semua perusahaan, tergantung produk apa yang dijual dan target pasarannya (sesuai kebijakan).

2. Memberikan Penawaran dan Informasi Lengkap terkait dengan Produk

Otomatis, karena tugas utama melakukan penjualan, maka sebagai sales counter melakukan penawaran produk dengan baik agar konsumen segera tertarik. Sehingga diperlukan langkah-langkah jitu dan cara cepat dalam menggaet konsumen.

Penawaran dilakukan dengan cara yang tepat, agar berhasil. Ingat, pelayanan terbaik juga masuk dalam penawaran produk dengan dilengkapi informasi lengkap terkait dengan produk. Dari informasi lengkap, memunculkan kebutuhan konsumen akan produk tersebut.

3. Membuat Laporan Aktivitas Penjualan kepada Atasan

Dalam kerja, pasti harus ada laporan agar perusahaan percaya akan kinerja karyawan. Dengan adanya laporan aktivitas penjualan, meminimalisir terjadinya kesalahpahaman antara pekerja dan sales counter. Laporan bisa berbentuk dokumen maupun lampiran kegiatan penjualan secara lengkap.

Leave a Reply