Hubungan Blog dengan Uang

Hubungan Blog dengan Uang
Sukai dan Bagikan..

ada 2 hal yang dapat dijadikan alasan mengapa perkembangan blog makin pesat, diantaranya adalah :

1). blog dapat dijadikan alat untuk mengungkapkan kebebasan ekspresi secara personal dan,

2). Blog dapat menghasilkan uang

poin kedua merupakan alasan yang sangat menarik untuk dibahas, untuk itu perpusteknik.com akan membahas tentang “Hubungan blog dengan uang”.

Pada awalnya, tidak banyak orang yang percaya bahwa hanya dengan membuat blog dapat menghasilkan uang, rasanya mustahil hanya dengan menulis blog akan mendapatkan uang, lalu bagaimana caranya mendapatkan uang dengan menulis blog ??

1. System Pembayaran



Blog berhubungan erat dengan uang, karena dengan membuat blog seseorang dapat menghasilkan uang dari blognya. sytem kerjanya terkadang terasa mudah dan terkadang terasa sulit, intinya persiapkan materi, artikel, konten ataupun informasi yang sangat orang butuhkan. semakin banyak materi, artikel, konten ataupun informasi yang anda buat maka kemungkinan semakin banyak orang yang akan mengunjungi blog anda. dari kunjungan tersebut, kemungkinan banyak penayang-penayang iklan yang tertarik memasang iklan mereka di blog anda. dari penayang iklan inilah anda akan mendapatkan bayaran, pemasangan iklan dengan cara ini dikenal dengan cara konvensional, yaitu memilih posisi penempatan iklan dengan memilih lokasi yang strategis seperti di bagian header, sidebar atau di tengah postingan.

biasanya pembayaran yang dilakukan untuk konvensional ini merupakan kesepakatan antara pemilik blog dengan pihak penayang iklan, misalnya dengan tarif Rp, 100.000 /minggu atau Rp. 250,000 /Bulan.

2. Era blog advertising

cara memasang iklan secara konvensional mungkin sudah ketinggalan zaman untuk sebagian besar penayang iklan, karena di zaman sekarang telah diciptakan era baru menyangkut blog advertising. dengan blog advertising, penayang iklan akan lebih diuntungkan karena Metode blog advertising lebih bervariasi dan sangat fleksibel, contohnya saja website perpusteknik.com yang menggunakan metode blog advertising dengan google adsense. untuk pembayarannya sendiri, system pembayaran dengan google adsense menggunakan system CPC, CTR, CPM, dan RPM.

3. Metode Teknis pembayaran google adsense

Umumnya, bukan hanya google adsense saja yang menggunakan system CPC, CTR, CPM dan RPM tetapi masih ada lagi penayang iklan selain google adsense dengan metode pembayaran yang berbeda-beda, tetapi dalam hal ini saya akan membahas rinci menyangkut system CPC, CTR, CPM dan RPM :

3.1. CPC (Cost Per Click)

CPC merupakan metode pembayaran iklan berdasarkan jumlah klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung, misalnya : blog yang memiliki iklan dari google adsense menyangkan iklan yang jika di klik untuk menuju ke halaman iklan adalah Rp. 100 / klik, jika iklan tersebut mendapatkan klik 10x setiap harinya dalam 30 hari maka perhitungannya akan menjadi 10 x 30 x Rp 100 = Rp. 30,000. / Bulan

3.2. CTR (Click Through Rate)

CTR merupakan metode pembayaran iklan dengan menghitung jumlah klik iklan dan dibagi dengan jumlah tayang iklan. misalnya jumlah tayangan iklan di blog anda adalah sebanyak 1000x dan mendapatkan jumlah klik 10x, maka nilai CTR-nya adalah (10/1000) x 100 = 1%

3.3. CPM (Cost Per Mille)

CPM merupakan metode pembayaran iklan dengan menghitung 1000x tampilan tayangan iklan dari blog anda, untuk pembayaran sendiri ditentukan oleh pihak pengiklan. misalnya pihak pengiklan menetapkan harga Rp. 10,000 untuk 1000x tayangan iklan

3.4. RPM (Revenue Per Thoushand Impression)

RPM merupakan metode pembayaran iklan dengan pendapatan rata-rata yang dihasilkan dari setiap 1000 impresi. umumnya pendapatan RPM berkisar $1-$5 tergantung wilayah, relevansi iklan, dan jenis konten.

4. Jangan membuat blog semata-mata hanya untuk uang !!

Memang tak ada salahnya jika ada alasan mencari uang dengan blog, tetapi hal ini jangan dijadikan alasan utama. karena dalam mencapai itu semua tidak mudah. karena anda akan menghadapi yang namanya kesulitan dalam membuat konten, mengupdate konten dan mempromosikan konten. jika tujuan utama hanyalah untuk mendapatkan uang maka usaha anda pasti akan berhenti ditengah jalan sebab anda akan merasa jenuh apabila pendapatan anda masih sedikit. ada baiknya jadikan tujuan utama anda adalah untuk menciptakan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak sehingga makin banyak yang mengunjungi situs anda dan disisi lain pendapatan akan membayar hasil kerja keras anda.

intinya, semakin banyak konten yang dipublish dan sangat dibutuhkan oleh orang banyak karena kualitas kontennya, maka blog anda akan berpotensi mendapatkan pengunjung yang banyak sehingga akan menghasilkan pendapatan yang sebanding dengan kerja keras anda.

Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com untuk berlangganan artikel terbaru dengan cara mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya^_^…

Rifan Engineering

Pemilik Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of