Bingung belajar di perpusteknik.com ? Pelajari tautan berikut : Petunjuk Penjelajahan

Baru !! lihat jasa yang ditawarkan di menu >> jasa >> pilih jasa yang diinginkan

Informasi Terbaru : Tinjau Catatan Penting melalui menu "Tentang Web > Catatan Penting !!" untuk meninjau segala aktifitas baru/perubahan yang dilakukan di website ini beradasarkan tanggal kejadian..

Need Help? Chat with us

Menggunakan Xampp untuk coding | Web | 03

Menggunakan Xampp untuk coding | Web | 03
Sukai dan Bagikan..

Xampp merupakan software yang wajib anda miliki saat ingin menjalankan kode-kode web desain dan web programming, untuk memahami lebih jauh tentang “Menggunakan Xampp untuk coding” perpusteknik.com akan membahasnya ke beberapa topik :

1. Apa itu Xampp?

Umumnya Xampp merupakan software yang dapat digunakan untuk menjalankan kode-kode web desain dan web programming yang di dukung oleh berbagai macam sistem operasi. Xampp tersedia dalam GNU (General Public License) dan bebas digunakan untuk siapa saja dalam aktifitas coding, dengan adanya xampp, coding dapat dijalankan dengan mudah untuk menguji dan menampilkan hasil dari halaman-halaman web yang dinamis. untuk mendapatkan software xampp sendiri anda dapat mendownloadnya di tautan berikut : download xampp

2. Fungsi dari Xampp itu sendiri apa?



Layaknya seperti berinternet seseorang butuh jaringan data/wifi untuk menuju ke server sebuah website agar website tersebut dapat ditampilkan dilayar. Berbeda dengan Xampp. Xampp berfungsi sebagai server tunggal yang berdiri sendiri dan dapat diakses walaupun perangkat anda tidak terkoneksi dengan jaringan data/wifi (offline). Misalnya anda telah membuat halaman website yang terdiri dari campuran kode HTML, CSS, Javascript, Php dll. Saat halaman tersebut telah dibuat anda tentu ingin melihat hasilnya akan jadi seperti apa? saat inilah software Xampp dibutuhkan untuk menampilkan kode-kode yang anda buat melalui browser walaupun perangkat anda tidak terhubung dengan internet.

3. Mengapa perlu menggunakan Xampp? Bukannya sudah ada software coding?

Mungkin akan terlintas dipikiran anda, Mengapa perlu menggunakan Xampp? bukannya sudah ada software coding yang di jelaskan pada konten Software yang digunakan untuk coding?.. Oke, saya akan menjelaskan mengapa menggunakan Xampp sangat dibutuhkan walaupun anda sudah memiliki software untuk coding..

Perbandingan yang dapat anda temui saat anda menjalankan kode-kode web desain dan web programming tanpa menggunakan Xampp adalah, anda tidak dapat menjalankan kode-kode web programming yang menjadikan halaman website menjadi lebih interaktif. Hasil yang akan tampil di sotware coding hanyalah kode-kode web desain yang terdiri dari kode HTML dan CSS, Tetapi software coding tidak akan menampilkan hasil dari kode PHP, Javascript, MySQL dll. sebagai contohnya lihat perbandingan dari kedua gambar ini :

menggunakan xampp di komodo ide

1. Di generate langsung dari software coding / Tanpa menggunakan Xampp

menggunakan xampp dengan mozila firefox

2. Di generate menggunakan software Xampp

Dari perbedaan kedua gambar diatas, tentu yang lebih unggul meng-generate kode-kode web desain dan web programming melalui software xampp. Untuk itu, jika anda ingin melihat hasil kode web desain dan web programming yang telah anda buat, saya meyarankan lihatlah kode-kode tersebut dengan Xampp melalui browser perangkat anda.

4. Lalu cara menggunakan Xampp gimana?

Setelah memahami perbandingan dari melihat hasil kode-kode yang dicontohkan, maka saya akan memberi petunjuk tentang bagaimana caranya menggunakan Xampp, Ikuti panduan berikut :

  1. Pastikan PC anda telah terinstall software Xampp, Jika anda kesulitan untuk menginstall Xampp, gunakan panduan berikut : Cara menggunakan Xampp untuk menjalankan PHP dan MySQL
  2. Pastikan anda telah menyusun kode-kode web desain/web programming
  3. Simpan kode tersebut di folder Xampp dengan alur source : Local Disk (C) >> Xampp >> htdocs
  4. Setelah terinstall, buka software Xampp melalui icon windows di sudut kiri bawah dengan langkah-langkah berikut : Klik kiri icon windows >> Klik All Apps >> Klik folder Xampp >> Klik Xampp Control Panel.
  5. Klik start pada bagian Apache dan MySQL seperti yang dicontohkan pada gambar dibawah ini :
  1. Setelah itu buka browser anda dengan mengetikan localhost di adress bar
  1. Mulailah menyeleksi kode-kode yang telah anda buat dengan memilih daftar kode yang telah anda simpan di folder htdocs
  2. Selamat anda mengetahui dan berhasil menggunakan software Xampp untuk melihat hasil dari kode-kode web desain dan web programming
Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…
85 / 100 SEO Score

Rifan Engineering

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of

Hak Cipta © PerpusTeknik 2019