Bingung belajar di perpusteknik.com ? Pelajari tautan berikut : Petunjuk Penjelajahan

Baru !! lihat jasa yang ditawarkan di menu >> jasa >> pilih jasa yang diinginkan

Need Help? Chat with us

Software untuk melakukan coding | Web | 02

Software untuk melakukan coding | Web | 02
Sukai dan Bagikan..

Saat anda menulis dan melakukan uji coba terhadap kode-kode untuk membuat halaman website, tentu anda membutuhkan namanya “Software untuk coding”. untuk memahami lebih jauh tetang apa, bagaimana dan seperti apakah software coding itu ? maka perpusteknik.com akan membahasnya melalui beberapa topik dibawah ini :

1. Apa itu Coding ?



Coding merupakan suatu aktifitas yang dilakukan untuk menulis, melakukan uji coba, serta melakukan perawatan dan pembaharuan terhadap kode-kode desain dan programming yang dibuat di dalam sebuah software untuk melakukan coding. dengan kata lain, saat anda menulis kode HTML, CSS, Javascript, PHP, Mysql dan lain-lain anda sudah melakukan aktifitas coding. dengan coding seseorang mampu membuat halaman website yang terstruktur, menarik dan interaktif. Contohnya halaman website perpusteknik.com yang anda lihat saat ini. Sebelum tampil di layar anda, halaman website ini lebih dahulu melalui “proses coding”.

2. Bagaimana melakukan coding ?

Cukup duduk dan konsentrasi untuk memulai menulis coding, jika perlu anda disarankan untuk menyediakan cemilan diatas meja. Sebab, untuk melakukan coding itu tidak hanya membutuhkan waktu sedetik, semenit atau sejam, tetapi berjam-jam, berhari-hari, bahkan bertahun-tahun. lebay ? tidak.. ini adalah kenyataan, pasalnya pada penerapannya aktifitas coding sangat identik dengan cara berfikir yang sangat cermat dan sangat teliti. dimana kesulitan, ide, kreativitas dan sensitivitas akan anda temui saat melakukan aktifitas coding. jika anda penasaran mungkin saya akan mempraktekkan coding dari bahasa web design HTML.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head> 
  <meta charset="utf-8">
  <meta name="author" content="perpusteknik">
  <meta name="description" content="situs yang menyediakan berbagai macam ilmu teknik, program dan topik lainnya">
  <meta name="keywords" content="Teknik sipil, teknik arsitektur, teknik informatika, program teknik">
</head>
<body>
 <h1> Buku Catatan </h1>
 <p>
  hari ini adalah hari pertama saya belajar coding !! saya sangat senang karena : <br>
 </p>
 <p>
  1. saya ingin <u> belajar membuat website </u> <br>
  2. saya ingin <em> mendesain halaman website yang menarik </em> <br>
  3. saya ingin <strong> menjadi web programming </strong> <br>
 </p>
 <p>
  Semoga situs <a href="https://perpusteknik.com"> Perpusteknik.com </a> dapat membantu saya belajar coding.
 </p>
</body>
</html>

Kode di atas merupakan struktur kode desain HTML yang digunakan untuk membuat kerangka halaman website. Jika di generate, kode tersebut akan menghasilkan tampilan halaman website seperti berikut :

software untuk melakukan coding

Tanpa melakukan coding, tampilan halaman website tidak akan tampil seperti diatas, dimana Kalimat dari “Buku Catatan” merupakan tulisan besar dan tebal yang menjadi bagian dari judul tulisan, kalimat “belajar membuat website” tampil dengan garis bawah, kalimat “mendesain halaman website yang menarik”tampil dengan tulisan miring, kalimat “menjadi web programming” tampil dengan tulisan tebal, dan kata “perpusteknik.com” akan tampil dengan link dimana apabila kata tersebut di klik, maka kata tersebut akan membawa anda ke halaman halaman depan perpusteknik.com.

Setiap kalimat diatur dalam beberapa baris menggunakan tag <br>. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan coding dengan baik dan benar? tentunya tampilannya tidak akan menjadi seperti gambar diatas.

oh ya, jika anda baru pertama kali belajar HTML jangan terlalu dibebani dulu fikiran anda dengan desain kode html diatas, anggap saja itu adalah gambaran kecil bagaimana cara perpusteknik.com akan menyajikan materi mengenai desain kode HTML ke stage yang rumit nanti, sekarang saya akan membahas “Nama-nama software untuk melakukan coding”.

3. Nama-nama software yang digunakan untuk coding

Software bertujuan untuk mempermudah anda untuk aktifitas coding, selain mempermudah, software coding juga bertujuan untuk mempercepat durasi anda bekerja dengan kode-kode “desain” dan “programming”. Nama-nama software sendiri terdiri dari beberapa nama yaitu :

  1. Notepad ++
  2. Komodo Edit & Komodo IDE
  3. Sublime Text
  4. Atom
  5. Dan lain-lain

Loh, kok nggak ada penjelasanya? penjelasan mengenai software yang dipakai akan saya rangkum sekaligus untuk mengehemat bahasan karena setiap software perlu mebutuhkan bahasan yang terpisah dari konten ini. Semua software yang dipakai dalam coding secara garis besar fungsinya sama saja, bedanya hanya desain tema, developernya, kelebihan dan kekurangannya dan juga insting dalam penulisan kode. Saat anda menggunakan salah satu atau beberapa software diatas, anda akan dimudahkan dengan :

  1. Klasifikasi warna teks yang membedakan antara tag, atribut, function, dan deklarasi lainnya.
  2. Memunculkan “insting” tag, atribut, function atau deklarasi lainnya saat anda mengetikkan beberapa kata
  3. Disediakannya plugin untuk membuat software menjadi lebih powerfull dalam menganalisa, menulis dan memperbaiki kode.
  4. Dapat memuat pratinjau langsung hasil kode yang dibuat
  5. Dan lain-lain

Berikut contoh tampilan saat saya menulis code di software komodo edit

software untuk melakukan coding
4. Apa yang membedakan software coding dengan software lainnya?



Setiap pembuatan software, pasti memiliki tujuan dalam pembuatannya. contohnya saja Ms-office-word lebih baik digunakan saat anda mengelola kata, Ms-office-exel lebih baik digunakan saat anda mengelola angka, Ms-office-power-point lebih baik digunakan saat anda ingin membuat presentasi.

Walaupun ketiga software tersebut dari perusahaan yang sama “microsoft” tetapi ketiganya memiliki fungsionalitas yang lebih spesifik terhadap tujuan penciptaannya. Begitupun dengan software khusus coding, software khusus coding dirancang untuk menyelesaikan masalah dan memenuhi kebutuhan seseorang dalam aktifitas coding, dalam membuat coding ada istilah “Case Sensitive” dimana dalam penulisannya anda tidak boleh salah, kurang atau lebih 1 huruf atau 1 tanda atau 1 symbol saja, Intinya penulisan harus benar-benar sesuai dengan penulisan coding yang benar.

Sayangnya lagi jika keterkaitan antara kode yang 1 dengan kode lainnya terdapat kesalahan maka akan menimbulkan error yang menyebabkan kode tersebut tidak bisa dijalankan. Dari alasan inilah software coding diciptakan untuk memecahkan masalah tersebut. Jadi gunakan software khusus coding jika anda akan melakukan coding.

Catatan :

Walaupun terdapat software yang digunakan untuk melakukan coding, anda disarankan menggunakan software xampp untuk menampilkan / meng-generate kode-kode yang telah dibuat di software coding, untuk memahami apa itu Xampp anda perlu membaca tautan berikut : Menggunakan Xampp untuk coding

Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…
71 / 100 SEO Score

Rifan Engineering

Pemilik Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Hak Cipta © PerpusTeknik 2019