sejarah css

Sejarah CSS | WebCSS | 04

Posted on
Sejarah CSS memiliki alur cerita yang menarik untuk dibahas, CSS yang memiliki tujuan untuk memisahkan setingan tampilan dari HTML. Tujuan dari CSS sendiri adalah untuk menjadikan susunan kode web desain menjadi lebih efisien. Sebab, sebelum adanya CSS penyusunan kode HTML menjadi sangat banyak dan tidak efisien. Dengan CSS kita mengatur tampilan hanya dengan menyeleksi Tag HTML atau menyeleksi Tag berdasarkan class CSS. Lalu, seperti apa sejarah CSS yang dapat menjadikan web desain menjadi lebih mudah dalam melakukan koding? berikut ulasannya :
1. Sejarah CSS 1.0
[sc name=”iklan umum terbaik 300 x 250 float left”]
CSS merupakan kode desain untuk tampilan HTML yang pertama kali di ajukan oleh Hakon Wium Lie, kemudian CSS ini lebih dikembangkan lagi untuk masuk menjadi standar CSS 1.0 dengan putusan Hakon Wium Lie untuk bekerja sama dengan Bert Bos. Proposal yang dibuat oleh keduanya dipresentasikan di konfrensi “Mosaic and the web” pada tahun 1994 dan 1995 tepatnya berlokasi di Chicago, Illionis, Amerika Serikat. Ketertarikan W3C dalam mengembangkan CSS juga sangat mendukung adanya sebuah standar yang di khususkan untuk mengatur tampilan HTML yang di buat atas hasil kerjasama dari Hakon Wium Lie dan Bert Bos. akhirnya CSS 1.0 diresmikan menjadi standar W3C pada bulan Desember tahun 1996. Untuk fitur dari standar CSS 1.0 sendiri terdapat beberapa fitur, yaitu :
  1. Font (jenis ketebalan)
  2. Latar belakang, warna teks dan elemen lain.
  3. Border, padding dan margin
  4. Text atribut seperti spasi diantara text dan spasi diantara huruf
2. Sejarah CSS 2.0
Sejarah CSS 2.0 dimulai dari W3C ingin mengembangkan kembali versi CSS 1.0. walaupun demikian, pengembangan dari CSS 2.0 ini tidak sepenuhnya berjalan lancar, karena pada implementasinya terdapat kasus-kasus yang cukup rumit untuk di terapkan pada web browser. CSS 2.0 sendiri diresmikan oleh W3C pada 12 mei 1998 dimana tujuan dari pengembangan CSS 2.0 sendiri di tujukan untuk memenuhi kebutuhan format dokumen agar bisa ditampilkan di printer.

Leave a Reply