aturan penulisan html

Aturan Penulisan HTML | WebHTML | 06

Posted on
Dalam menulis desain kode HTML terdapat beberapa aturan yang mesti di perhatikan, tidak seperti membuat kalimat biasa yang hanya membutuhkan kata-kata sederhana saja dalam menulisnya. Untuk itu di konten ini perpusteknik akan membahas mengenai “Aturan Penulisan HTML” yang dibagi dalam beberapa topik, seperti apa aturan penulisan desain kode HTML dalam menyusun halaman website? berikut ulasannya :
1. Aturan Penulisan HTML Case Insensitive
[sc name=”iklan umum terbaik 300 x 250 float left”]
Saat ini, mayoritas dari web desain dan web programming menggunakan aturan HTML 5, dimana sifat html bersifat Case Insensitive aturan penulisannya tidak membedakan huruf kecil dan huruf besar, Jadi jika anda menulis tag <p> …. </p> itu sama artinya dengan <P> ….. </P>. Hal ini berbeda saat HTML menganut konsep XHTML yang dijelaskan pada Sejarah HTML dimana tulisannya harus huruf kecil, Jadi, jika anda menulis <p> …. </p> itu tidak sama dengan <P> ….. </P>. kesalahan penulisan pada saat HTML menganut konsep XHTML sangat berpengaruh pada tampilan halaman website, dimana apabila terdapat kesalahan dalam menulis Tag, maka halaman website tidak akan tampil sebagaimana biasa. Walaupun HTML 5 sudah tidak memakai konsep XHTML, tetapi anda disarankan menulis semua kode HTML dengan huruf kecil. karena ini sudah menjadi “kebiasaan” yang dipakai oleh mayoritas web desain dan web programming.
2. Aturan Penulisan HTML Membuat Komentar
Hal yang sangat disarankan saat menyusun kode HTML di Software coding adalah, anda harus menuliskan komentar sebelum menuliskan tag HTML. Alasannya, saat anda mendesain halaman web, desain kode HTML bisa saja terdiri dari ratusan bahkan ribuan baris untuk menghasilkan tampilan web yang enak dipandang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan dalam 1 halaman web terdapat campuran kode yang terdiri dari HTML, CSS, Javascript, PHP, MySQL dan lain-lain. Jika anda tidak membuat komentar untuk menerangkan kode yang telah di tulis, sudah dapat dipastikan suatu saat nanti anda akan bingung apa maksud kode tersebut? apa fungsinya? dan apa efek yang di timbulkan dari halaman web yang anda ciptakan? jadi bagaimana cara membuat komentar html adalah topik yang perlu diperhatikan saat anda menyusun kode.
Baca juga :   Sejarah HTML | WebHTML | 04

[sc name=”iklan umum link”] [sc name=”Iklan teknik sesuai konten”] Mungkin, jika anda baru menyusun kode HTML yang terdiri dari 200 baris pada 2 jam yang lalu anda pasti ingat fungsi-fungsi dan tujuan dari kode html yang anda buat, tetapi bagaimana mungkin anda akan ingat jika baru 3 bulan kemudian kode tersebut anda lihat. Untuk itu saya akan mencontohkan bagaimana cara memberikan komentar di Tag HTML :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <meta charset="UTF-8">
</head>
<body>
 <!-- masuk ke paragraf pertama -->
  <p> ini adalah paragraf pertama </p>
 <!-- masuk ke paragraf kedua -->
  <p> ini adalah paragraf kedua </p>
</body>
</html>
 
komentar yang dimaksud dalam desain kode HTML adalah yang ditandai dengan <!– ……. –>, walaupun tertera komentar di desain kode HTML, tetapi komentar tidak akan muncul di web browser. Jika di generate di web browser, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
aturan penulisan html
Gambar 2.1

[su_note]Catatan :
kode HTML untuk komentar hanya mencontohkan bagaimana menulis komentar di tag html. Anda tidak harus menulis komentar untuk setiap Tag HTML, cukup untuk elemen-elemen yang penting saja.[/su_note]

3. WhiteSpace Pada Aturan Penulisan HTML
WhiteSpace merupakan karakter “spasi” dalam pengetikkan. Di dalam aturan penulisan HTML, HTML tidak memperdulikan karakter spasi, walaupun diantara elemen terdapat spasi yang mengosongkan beberapa baris kode, hal tersebut dianggap tidak ada spasi. Contoh :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <meta charset="UTF-8">
</head>
<body>
 <!-- masuk ke paragraf pertama -->
  <p> ini adalah paragraf pertama </p>








 <!-- masuk ke paragraf kedua -->
  <p> ini adalah paragraf kedua </p>
</body>
</html>
 
jika kode diatas di generate pada web browser maka tampilannya akan tampil seperti gambar 2.1, Spasi akan dihitung apabila terdapat tag <br>, karena tag <br> diartikan seperti spasi, contoh :

Leave a Reply