Motivasi untuk blogger pemula agar sukses di dunia blog !!

Motivasi untuk blogger pemula agar sukses di dunia blog !!

Motivasi untuk blogger pemula pada topik kali ini diharapkan akan menjadi pemacu semangat disaat seorang blogger pemula mulai bosan dengan aktivitasnya dalam dunia blogging. Menjadi blogger pemula bagi beberapa kalangan penulis blog mungkin akan dihantui rasa bosan, jenuh, bahkan sudah tidak ingin mengurus blog yang baru dia bangun.

Bagaimana tidak, kerjanya menulis terus serta menghabiskan waktu berjam-jam yang sungguh menguras pikiran tanpa bayaran sepeserpun sedangkan tiap hari terdapat kebutuhan yang harus dipenuhi. Jujur, ini adalah awal-awal yang sudah saya lalui dan saat ini saya sudah mulai merasakan hasil dari kerja keras saya walaupun belum sebanding dengan para webmaster lainnya dalam mengembangkan webnya yang sudah memiliki banyak pengunjung /hari nya dan mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari adsense. Jika anda adalah bagian dari kalangan blogger pemula, tak ada salahnya kisah perjalanan website perpusteknik.com akan dijadikan motivasi untuk blogger pemula.

Motivasi untuk blogger pemula dari kisah pemilik website perpusteknik.com

1. Awal mula mengenal blog

Pada awal saya pertama kali mengenal blog adalah dari seorang teman saya yang satu kampus tetapi berbeda jurusan. Saat itu saya datang ke rumah teman saya untuk keperluan mengerjakan tugas kuliah dibidang desain gambar bangunan pada semester 4 dan kebetulan pada saat itu saya melihat teman saya sedang menulis sesuatu pada blognya, Saya mengira dia sedang mengetik di program ms-word tetapi setelah mendekat saya melihat tampilannya sangat berbeda dengan ms-word.

Tanpa basa basi dia langsung menjelaskan bahwa dia sedang membuat blog di platform blogger. Yang membuat saya tertarik pertama kali ketika dia membuat blog adalah, teman saya mengatakan bahwa dengan blog kita bisa mendapatkan penghasilan secara terus menerus dengan jasa periklanan melalui adsense. Tak lama kemudian dia sudah mulai mencari kisah-kisah penulis blog di google yang telah sukses meraup jutaan hingga ratusan juta rupiah yang cukup bisa dijadikan motivasi untuk blogger pemula. Kisah yang sangat viral pada saat itu adalah kisah dari blog ternama linda ikeji yang situsnya berada pada https://www.lindaikejisblog.com/. Bahkan mungkin sampai saat ini blog linda ikeji akan menjadi motivasi bagi sebagian besar penulis blog di seluruh dunia.

2. Mulai merencanakan dan membuat blog

Setelah saya sudah mendapatkan motivasi untuk blogger pemula dari hasil pencarian google yang ditujukan oleh teman saya, saya sendiri sudah mulai merencanakan blog yang akan saya kelola seperti merencanakan platform yang ingin saya gunakan, nama domain, desain template dan niche blog yang ingin saya tampilkan di blog saya. Saat itu saya menggunakan platform dari blogger.com dalam merencanakan blog saya dan saat itu juga saya masih mencoba-coba dan iseng-iseng saja untuk melihat blog mana yang lebih disukai pengunjung sehingga saya sudah tidak bisa mengingat lagi berapa jumlah blog yang telah saya buat. Jujur, mengurus begitu banyak blog membuat saya jenuh maka saya hanya fokus pada satu niche desain bangunan menggunakan program 3D.

Seiring berjalannya waktu, sudah mulai nampak pengunjung mulai mengunjungi blog saya saat saya membuka statistik blog. sehari kadang 5 tampilan dan kadang juga menampilkan 20 halaman untuk setiap harinya dan bagi saya ini adalah perkembangan yang lumayan. Saya masih ingat pada saat itu blog saya masih berisi 5 konten.

Baca juga :   2 Cara membuat fivicon blog dengan mudah
3. Dihantui rasa jenuh, bosan bahkan ingin meninggalkan dunia blogging

Hari-hari terus berganti dan motivasi untuk blogger pemula sudah mulai hilang dibenak pikiran saya. Karena apa? kerjanya mengetik dan berpikir terus menerus tanpa dibayar sepeserpun sedangkan masih banyak tugas kuliah yang harus saya selesaikan. Sempat saya mencoba mendaftar di google adsense, tetapi sayang, saya selalu mengalami penolakan dan jujur itu membuat saya patah semangat untuk menulis blog lagi. Walaupun begitu, saya tetap menulis walaupun kadang untuk menyelesaikan 1 konten saja butuh waktu berminggu-minggu. Selang waktu kurang lebih 2 bulan saya sudah mulai bosan, jenuh bahkan ingin meninggalkan dunia blog. Dan akhirnya itu terjadi dimana saya lebih fokus ke kuliah saya tanpa lagi menoleh ataupun mengolah blog saya selama beberapa tahun.

4. Bangkit kembali menjadi penulis blog

Singkat cerita, setelah beberapa tahun memilih lebih fokus kuliah, muncul kembali keinginan saya untuk membuat blog lagi. Tetapi belajar dari pengalaman sebelumnya dimana membuat saya mengubah pola pikir bahwa “jangan menulis blog hanya karna ingin mendapatkan uang”. Mungkin blog yang saya bangun kemarin gagal karena saya hanya ingin mendapatkan penghasilan yang besar seperti penulis blog linda ikeji. Jangankan mendapatkan penghasilan, daftar adsense saja selalu di tolak berkali kali alasannya blog saya belum memenuhi persyaratan untuk menayangkan iklan. Jika dibandingkan, blog linda ikeji adalah blog yang berdiri dari tahun 2003 dan selama 4 tahun linda ikeji menulis blog secara terus menerus tanpa dibayar sepeserpun.

Dibeberapa sumber yang saya baca pada waktu itu, ternyata tujuan linda ikeji adalah menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung melalui blognya dan jujur saya akui ini adalah sesuatu yang mulia. Sayapun mencoba menyamakan persepsi dimana saya akan membuat blog untuk berbagi ilmu pengetahuan. Tujuan utama saya adalah untuk amal jariyah dan saya yakin dengan persepsi inilah saya tidak akan mundur lagi dalam mengelola blog. Dapat uang atau tida itu urusan belakangan yang terpenting saat itu saya hanya termotivasi dengan sosok linda ikeji sebagai penulis blog.

5. Terus belajar walaupun otodidak

Motivasi untuk blogger pemula kembali lagi tertanam di dalam pikiran dan hati saya dimana membuat saya termotivasi untuk belajar lebih giat lagi tentang dunia blogging. Tanpa guru dan bermodalkan buku yang saya beli di toko buku saya mulai belajar lebih dalam lagi secara otodidak sambil mempraktekan di blog saya yang ber-situs-kan di https://cadgorontalo.blogspot.com . Saking giatnya dan keasyikan belajar sendiri saya sudah tidak menyadari bahwa sayapun sudah mulai mengerti mengenai bahasa dan desain pemograman web mulai dari belajar html, css, php dan javascript saya coba mempraktekan langsung di blog saya beberapa kode scipt manual untuk menambah fungsional dan mempercantik tampilan blog saya. Selain itu saya juga belajar mengenai SEO agar isi blog saya muncul di hasil pencarian.

6. Ide membuat website/blog perpusteknik.com

Entah apa yang ada dibenak saya pada saat itu, karena semakin lama saya membuat blog, saya merasa blog yang saya kelola memiliki keterbatasan fungsionalitas. Saya ingin membuat blog yang bisa memiliki fungsi yang lebih banyak dari segi tema, fungsionalitas, fleksibilitas dan SEO. Saya pun mulai berfikir tentang membuat website/blog baru yang lebih powerfull dengan 1 nama domain yang mudah di ingat, menampung banyak ilmu pengetahuan, dan memiliki tampilan yang unik dan beda dari website/blog lainnya.

Baca juga :   Wow!! ini 5 Manfaat mengupdate blog yang jarang diketahui

Setelah beberapa lama saya berfikir, saya menemukan satu nama domain yang membuat saya kagum. Ya, domain itu bernama perpusteknik.com, situs yang anda kunjungi saat ini. Pola pikir saya membuat domain perpusteknik.com karena domain tersebut memiliki 2 arti yaitu “perpus dan teknik” kata “perpus” merupakan singkatan dari perpustakaan dan kata “teknik” merupakan jurusan ilmu yang saya pelajari selama kuliah. Dengan memiliki situs perpusteknik.com saya berharap seperti memiliki perpustakaan online dibidang keteknikan.

7. Kendala yang menerjang

Ada-ada saja kendala yang kadang muncul disaat saya mengharapkan semua baik-baik saja seperti kurangnya biaya untuk menyewa hosting dan domain. Hal ini membuat saya harus bersabar mengumpulkan duit hasil bekerja di proyek konstruksi untuk membeli hosting dan domain, saya mengingat pada saat itu saya terpaksa melakukan promo besar besaran kepada salah satu perusahaan untuk menggambar desain 8 gedung yang ditawari dengan nilai 3 juta rupiah yang saya selesaikan dalam jangka kurang lebih 2 minggu.

Harga ini memang tak sebanding dengan apa yang saya kerjakan, tetapi mau apa lagi, saya sangat ingin memiliki website dengan situs perpusteknik.com sebelum nama domain tersebut di ambil oleh orang lain. Tak sabar ingin membangun website dengan cepat saya pun langsung membeli domain ke salah satu provider yang menjadi referensi terbaik. Dan ternyata, setelah hosting dan domain sudah saya miliki, kendala berikutnya adalah gapteknya saya mengenai CMS wordpress karena sebelumnya saya hanya terbiasa menulis dan mengedit script Blog di blogger.com.

Dengan modal ilmu pengetahuan yang minim saya pun mencoba untuk menulis ataupun menyesuaikan dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh wordpress.org. Alhasil setelah beberapa hari menggunakan wordpress, saya menemukan bahwa website saya sudah tidak bisa dibuka dan mengalami berbagai kendala teknis yang fatal yang sudah tidak bisa diperbaiki lagi walaupun meminta bantuan ke customer service karena saya sering lupa melakukan backup data.

8. Belajar lagi, lagi dan lagi

Hampir patah semangat lagi dan sudah mulai merasa jenuh lagi saya di dunia blog karena mengalami berbagai kendala teknis di luar dugaan. Tetapi, motivasi untuk blogger pemula dari bloggernya linda ikeji membuat saya harus belajar lagi untuk sukses dan tak ingin gagal kedua kalinya. Rezeki nomplok kadang tak disangka sangka, kala itu om dan tante saya memberikan saya uang senilai 200,000 pada saat saya ulang tahun tahun dibulan januari 2019 dan tak lama kemudian saya wisuda pada bulan febdruari 2019.

Uang tersebut saya pakai untuk membeli buku tentang panduan blog dan menyewa wifi untuk melihat berbagai tutorial blog di youtube dan sisanya saya pakai untuk membeli snack untuk mengerjakan blog hingga larut malam. Alhasil, setelah beberapa hari kemudian saya sudah mulai menguasai fitur-fitur yang berada pada CMS wordpress yang dipadukan dengan ilmu yang saya miliki di dunia desain website dan program website.

9. Bangkit lagi dengan kesiapan yang lebih matang

Tak lama kemudian, saya mencoba menginstal kembali wordpress yang entah sudah keberapa kalinya saya melakukan instalasi. Saya menganggap kemarin-kemarin digunakan sebagai pengalaman untuk menuju pada kesiapan yang lebih matang. Singkat cerita, beberapa hari kemudian tanpa saya sadari saya sudah merasa mudah mengurus website perpusteknik.com walaupun beberapa kendala teknis sering saya jumpai, bahkan saya mencoba bereksplorasi dengan membuat tampilan yang kompleks pada beberapa bagian postingan dan bereksplorasi dengan menjadikan perpusteknik.com menjadi website/blog yang multifungsi. itu semua karena apa? karena saya sudah melewati yang namanya “belajar lagi, lagi dan lagi”. Disini saya mengambil hikmah ketika kita tidak tau sesuatu, belajarlah sampai paham kelak itu akan memudahkan langkah yang selanjutnya.

Baca juga :   Ingin menjadi Blogger? Tentukan Tujuannya !!
10. Akhirnya diterima dalam program adsense

Motivasi untuk blogger pemula yang sudah saya terapkan selama ini ternyata berhasil. dengan mengubah persepsi “jangan membuat blog hanya karna uang” dan berikanlah yang terbaik untuk pengunjung. Uang memang penting, tetapi yang lebih penting adalah kepuasan pengunjung saat mengunjungi blog kita. Saat mendaftar kembali situs saya di adsense, saya butuh waktu hampir 5 bulan lamanya agar disetujui untuk menjadi penayang di adsense. Waktu yang cukup untuk memusnahkan seseorang yang tak sabar dalam menjalani proses, tetapi hal tersebut sudah saya lalui.

11. Perkembangan website

Seiring berjalannya waktu, dengan tekad dan kuat serta terus berusaha mengembangkan blog perpusteknik.com selama berhari hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan akan mencapai tahun demi tahun. Perkembangan website perpusteknik.com selalu saya kontrol melalui 3 platform google yaitu : Google Search Console, Google analytics dan Google adsense yang perkembangan waktu demi waktu dapat di lihat pada gambar-gambar dibawah ini :

Motivasi untuk blogger pemula
Data google analytics diambil pada tanggal 23/02/2020
Motivasi untuk blogger pemula
Data google search console diambil pada tanggal 23/02/2020
Motivasi untuk blogger pemula
Data google adsense diambil pada tanggal 23/02/2020

Dari grafik yang anda lihat, terlihat bahwa diagram garisnya naik turun. itu artinya pengunjung dan pendapatan dari website perpusteknik.com kadang naik dan kadang turun dan hal tersebut bukan menjadi hal yang mematahkan semangat saya dalam menciptakan konten-konten yang berkualitas di perpusteknik.com. Ingat… kejar kualitasnya, bukan uangnya !! dan tetap teguh pada pendirian bahwa hal utama yang harus dicapai adalah menyebarkan ilmu jariyah. Disisi lain tetap syukuri apapun keadaannya, soal popularitas dan rezeki sudah ada yang ngatur, tugas kita hanya berusaha.

12. Penutup

Berawal dari kisah yang panjang, Semoga kisah ini bisa menjadi salah satu motivasi untuk blogger pemula agar selalu bisa menciptakan konten yang berkualitas bagi pengunjung serta membantu pengunjung dengan menemukan apa yang mereka cari melalui konten anda. Pesan saya :

  1. Jangan mengejar uangnya, tapi kejarlah kualitas blognya.
  2. Jangan melihat keatas tapi lihatlah kebawah agar anda selalu bersyukur dengan posisi anda saat ini.
  3. Usaha berbanding lurus hasil yang akan di dapatkan. Untuk itu, jangan menganggap usaha anda yang gagal hanyalah sia-sia, jadikan itu pengalaman berharga untuk melangkah ke langkah yang selanjutnya
  4. Belajar itu butuh proses, hargailah proses, karena dengan menghargai proses akan membuat anda menjadi lebih profesional
  5. Tidak ada yang instan di dunia ini harus ada pengorbanan waktu untuk menebusnya.
Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020