Mempelajari Bauran Pemasaran yang Wajib Digunakan Para Pelaku Usaha

Mempelajari Bauran Pemasaran yang Wajib Digunakan Para Pelaku Usaha

Posted on

Dalam melaksanakan sebuah badan usaha, setiap orang membutuhkan berbagai aspek yang dapat membantu lancarnya proses usaha. Salah satu dari aspek-aspek tersebut adalah pemasaran, yaitu sistem dari seluruh kegiatan-kegiatan suatu usaha agar produk dapat diminati dan digunakan oleh khalayak pasar. Pada aspek pemasaran tersebut, terdapat sebuah teori yang dicetuskan pertama kali oleh Kotler yaitu marketing mix atau bauran pemasaran.

Bauran pemasaran adalah alat pemasaran yang terdiri dari beberapa variabel-variabel untuk mempengaruhi konsumen sesuai dengan segmentasi pasar yang sesuai dengan suatu usaha. Teori ini populer dikenal dengan empat variabel yang akhirnya terkenal dengan sebutan 4P. Apakah 4P itu? Simak penjelasannya di sini ya!

  1. Product (Produk)

Produk adalah kekuatan utama dari sebuah usaha baik secara barang, jasa, ataupun ide, ini dikarenakan produk merupakan hal yang ditawarkan kepada khalayak pasar hingga akhirnya sampai pada proses pemakaian. Oleh karena itu, jika produk suatu usaha tidak memiliki unique selling proposition atau keunikan tersendiri yang membedakan produk tersebut dengan produk lainnya, maka sebagus apapun kegiatan-kegiatan pemasaran lainnya akan sia-sia.

Aspek-aspek dalam variabel produk itu sendiri antara lain adalah kualitas, desain, bentuk, ukuran, fungsi, dan sebagainya.

  1. Price (Harga)

Semua orang pasti mempertimbangkan harga sebelum akhirnya memutuskan kegiatan pembelian. Dari sisi internal suatu usaha, harga juga penting karena akan memengaruhi tingkat penjualan dan keuntungan yang didapat.

Leave a Reply